Ini 14 Manfaat Cabai Hijau untuk Kesehatan, Tak Banyak yang Tahu

Culinary | Selasa, 24 September 2019 06:42
Ini 14 Manfaat Cabai Hijau untuk Kesehatan, Tak Banyak yang Tahu

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Siapa bilang makan cabai hijau tak ada manfaatnya? Ada banyak manfaat cabai hijau untuk kesehatan yang jarang diketahui orang. Berikut ini daftarnya.

Dream - Tanaman cabai sudah tak asing lagi, karena hampir setiap negara memiliki tanaman yang terkenal dengan rasa pedasnya ini.

Jenis cabai juga sangat beragam. Mulai dari cabai yang berukuran kecil seperti cabai rawit, hingga yang berbentuk unik seperti Cherry Bomb.

Di Indonesia, cabai sering digunakan sebagai bahan utama masakan, seperti sambal, balado, dan masih banyak lagi.

Dari berbagai jenis cabai, cabai hijau memiliki tempat tersendiri bagi para pecinta cabai dan masakan pedas.

Banyak orang yang mengira kalau makan cabai hanya akan membuat perut sakit saja. Jangan salah, Sahabat Dream, mengonsumsi cabai dengan porsi yang pas justru akan memberi manfaat bagi kesehatan tubuh.

Begitu pula dengan cabai hijau, ia menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari kesehatan penglihatan hingga kesehatan rambut. Tidak percaya? Simak dulu manfaat cabai hijau berikut ini: 

2 dari 6 halaman

Kandungan Cabai Hijau yang Baik untuk Kesehatan

1. Kaya Nutrisi

Cabai hijau mengandung banyak nutrisi seperti magnesium, iron, potassium, berbagai vitamin dari A, B, C, E dan P, dan serat yang sehat.

Kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, cabai hijau juga mengandung kapsaisin, stimulant yang bisa berperan sebagai anti kanker, anti peradangan dan anti epileptik.

 Manfaat Cabai Hijau


2. Kaya Kalsium

Dari sekian banyak nutrisi yang terkandung dalam cabai hijau, kandungan kalsium di dalamnya tidak boleh dianggap remeh. Kalsium di dalam cabai hijau mampu meningkatkan produksi sel darah baru. Kemampuan ini tentu akan menunjang kesehatan tubuh.

3. Sumber Antioksidan

Vitamin A, B kompleks dan C membuat cabai hijau menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan ini mampu memperbaiki kerusakan jaringan tubuh yang disebabkan oleh bakteri, dan membantu tubuh untuk mencegah pembekuan darah yang berlebihan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Cabai Hijau bagi Kesehatan Tubuh

4. Mengurangi Peradangan

Kandungan antioksidan dalam cabai hijau dipercaya ampuh meredakan rasa sakit dan bengkak di tulang yang diakibatkan oleh peradangan, seperti penyakit rematik, asteoarthritis dan asrthritis.

Konsumsi cabai hijau bisa dengan menambahkannya ke dalam makanan dengan jumlah secukupnya untuk mencegah sakit perut.

 Manfaat Cabai Hijau


5. Mencegah Infeksi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cabai hijau mampu berperan sebagai anti peradangan dan anti bakteri. Kemampuan ini membuat cabai hijau bermanfaat untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri, seperti infeksi usus besar dan herpes zoster.

6. Meningkatkan Imunitas

Kandungan berbagai vitamin dalam cabai hijau menyimpan sejuta manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya untuk kekebalan tubuh dan imunitas. Vitamin C dan B6 berperan penting dalam peningkatan imunitas tubuh sehingga tubuh lebih kebal terhadap berbagai penyakit.

4 dari 6 halaman

Manfaat Cabai Hijau untuk Menjaga Kesehatan

7. Menjaga Kesehatan Pernapasan

Selain mengandung vitamin yang berperan sebagai antioksidan, cabai hijau juga mengandung phytonutrient. Kandungan ini mampu memberikan efek relaksasi pada sistem pernapasan dan melindungi paru-paru dari berbagai macam penyakit seperti kanker paru-paru, atau dari gangguan pernapasan seperti batuk dan asma.

8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium jadi salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi. Untuk memperoleh nutrisi tersebut, kita bisa mengonsumsi cabai hijau karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Selain itu, kandungan kalsium dalam cabai merah juga baik untuk meningkatkan produksi sel darah baru.

9. Menjaga Kesehatan Mata dan Penglihatan

 Manfaat Cabai Hijau


Selain vitamin B kompleks dan C, kandungan vitamin A dalam cabai juga tak boleh diragukan. Vitamin A ini mampu meningkatkan kemampuan penglihatan dan mengurangi risiko penyakit katarak dan penurunan kemampuan mata seiring bertambahnya usia.

5 dari 6 halaman

Manfaat Cabai Hijau untuk Pencernaan dan Berat Badan

10. Memperlancar Pencernaan

 Manfaat Cabai Hijau


Serat yang dikandung oleh cabai merah mungkin memang tak sebanyak makanan berserat tinggi lain. Tapi kandungan ini mampu membantu tubuh membersihkan usus besar dari sisa-sisa makanan dan meningkatkan kinerja sistem pencernaan, sehingga membuat pencernaan menjadi lancar.

Dengan mengonsumsi cabai dalam porsi yang cukup, mampu mencegah berbagai penyakit pencernaan, salah satunya sembelit dan infeksi pada saluran pencernaan.

11. Menurunkan Berat Badan

Dengan kemampuan memperlancar pencernaan, membuat cabai hijau juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan yang lancar akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga kemampuan membakar lemak dalam tubuh juga akan meningkat.

Lemak jahat yang terbakar, membuat berat badan akan mengalami penurunan. Oleh karena itu, cabai hijau sangat cocok ditambahkan dalam menu diet sehat.

6 dari 6 halaman

Manfaat Cabai Hijau untuk Kesehatan Lainnya

 Manfaat Cabai Hijau

12. Menenangkan Perasaan

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, cabai hijau juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Kandungan kapsanin di dalamnya mampu memberikan efek anti depresan pada otak dan memberikan efek endorphin yang baik untuk menjaga perasan dan emosi tetap positif.

13. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan tidak saja baik untuk kesehatan organ tubuh, tapi juga baik untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit. Kandungan phytonutrient juga mampu untuk meredakan masalah di kulit wajah seperti masalah jerawat dan keriput.

14. Baik untuk Kesehatan Rambut

Manfaat cabai hijau tidak berhenti di situ saja, kandungan silikon alaminya mampu meningkatkan sirkulasi darah yang ada di folikel rambut. Ditambah lagi kandungan vitamin C yang menyalurkan oksigen ke rambut, sehingga membuat rambut lebih sehat, kuat dan tidak mudah bercabang.

(ism, Sumber: Health Benefits Times)

Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie
Join Dream.co.id