Ingin Jadi Master Kopi? Kampus Ini Menawarkan Program S2

Culinary | Selasa, 28 September 2021 10:48

Reporter : Mutia Nugraheni

Cocok untuk kamu yang tertarik dengan bisnis kopi.

Dream – Rasanya pahit, tapi kopi termasuk minuman paling favorit di dunia. Bagi Sahabat Dream yang sangat terobsesi dengan kopi, mungkin kerap mengincar beragam biji kopi dari bermacam daerah yang memiliki ciri khas rasa dan aroma.

Saat ini banyak tempat menawarkan program pembelajaran kopi baik secara non-formal maupun formal termasuk Universitas Florence. Kampus di Firenze, Italia ini bahkan menyediakan program master degree atau S2 kopi yang akan dimulai pada Januari 2022 mendatang.

 Kopi© Dream

Menurut dekan Departemen Pertanian Universitas tersebut, pembelajaran akan mencakup semua aspek bisnis termasuk asal-usul kopi serta cara penyajiannya. Dilansir dari Food.ndtv, para mahasiswa akan belajar tentang sejarah, kimia, teknologi, dan ekonomi kopi.

 

 

Ingin Jadi Master Kopi? Kampus Ini Menawarkan Program S2
Ilustrasi
2 dari 2 halaman

Mereka juga akan dikirim untuk magang sehingga mendapatkan pengalaman praktis dengan perusahaan sektor terkait. Untuk gelombang pertama akan diadakan kelas S2 dalam bahasa Italia dengan 24 mahasiswa.

 Kopi© Dream

Universitas Florence juga berencana untuk membuka kelas dengan bahasa Inggris bila peminatnya cukup banyak. Orang Italia memang termasuk penggila kopi, mereka selalu mengawali hari dengans ecangkir espresso pekat.

Menurut Mordor Intelligence, pasar kopi Italia bernilai USD3,16 miliar pada 2020 dan diperkirakan akan semakin meningkat di tahun berikutnya. Sahabat Dream apakah tertarik melanjutkan S2 Kopi di Universitas Florence?

Laporan Elyzabeth Yulivia

Terkait
Join Dream.co.id