Ingatkan Cara Sopan Makan Nasi, Pakar Etika Inggris Dihujani Kritikan

Culinary | Senin, 8 Maret 2021 19:12
Ingatkan Cara Sopan Makan Nasi, Pakar Etika Inggris Dihujani Kritikan

Reporter : Mutia Nugraheni

Komentar pedas sebagian besar datang dari warga Asia.

Dream - Grant William Veitch Harrold seorang pakar etika Inggris dan pernah menjadi Kepala Rumah Tangga di istana Pangeran Charles, dikenal sebagai sosok yang kerap mengajarkan tata krama di Kerajaan.

Melalui akun Twitter resminya @TheRoyalButler, pada 6 Maret 2021 lalu, Grant mengingatkan cara sopan saat makan nasi terutama kita berada dalam jamuan. Menurutnya, makan nasih hanya boleh dilakukan dengan pisau, garpu atau sumpit, bukan menggunakan tangan.

" Para wanita dan pria yang terhormat, selalu ingat kalau kita menggunakan pisau dan garpu atau sumpit untuk makan nasi! Kita tidak menggunakan jari atau tangan!!!" tulis Harrold.

 Twitter Royale Butler
© Twitter Royale Butler

Pernyataannya tersebut memancing reaksi warganet. Terutama orang Asia yang kerap makan nasi pakai tangan. Komentar dan kritikan pedas pun bermunculan. Ada yang menganggap komentar Harrold bernada rasis.

Seperti akun @HdinHafizuddin yang menulis " tak usah mengajari kita, orang Barat selalu punya mindset kolonisasi" . Ada juga yang membandingkan dengan kebiasaan orang Barat yang membersihkan kotoran dengan tisu, bukan dengan air mengalir.

Akun @HanaChan3000 yang berkomentar " opinimu tak valid, cuci dulu area intimmu dengan air, baru kita bicara," tulisnya. Kritikan pedas, terutama dari warga Asia terus bermunculan. Maklum, orang Barat tak tahu kenikmatan makan nasi pakai tangan.

2 dari 5 halaman

Ada Nasi Biryani Versi Sultan Bertabur Emas, Berapa Harganya?

Dream - Nasi biryani dikenal dengan aroma rempahnya yang begitu kuat. Warnanya kuning keemasan dan disajikan dengan daging kambing atau domba yang dipanggang atau digoreng. Biasanya jadi menu andalan di restoran yang menyajikan menu khas Timur Tengah atau India.

Rupanya ada sajian biryani yang begitu mewah di Dubai, Uni Emirat Arab. Restoran bernama Bombay Borough berlokasi Dubai International Financial Centre (DIFC), mennyediakan menu Biryani ala Sultan dengan bertabur emas.

Menu tersebut diberi nama Royal Gold Biryani yang disajikan dalam piring emas raksasa berdesain mewah. Nasi Sultan ini ada tiga varian, yaitu nasi biryani ayam, nasi keema, dan nasi putih saffron yang lengkap dengan potongan baby potato dan telur rebus di atasnya.

 Nasi Biryani berlapis emas
© Instagram Bombay Borough

Dengan merogoh kocek sebesar 1.000 Dirham UAE atau setara dengan Rp3,8 juta, pembeli bisa menyantap Royal Gold Biryani yang beratnya mencapai 3 kg. Di dalamnya bukan hanya daging domba tapi juga ayam.

Seperti ayam panggang Malai, Rajputana Murgh Sula, dan bakso ayam. Serta daging domba dan Lamb Seekh Kebab yang dihiasi dengan daun mint, kacang mete panggang, delima, dan bawang goreng.

Sajian besar ini juga akan dilengkapi dengan lauk pauk, seperti Nihari Salan, Jodhpuri Salan, saus Badami dengan almond dan Raita Delima yang piringnya dihiasi dengan emas 23 karat.

 

Laporan Silmi Safriyanyini/ Sumber: Times of India

3 dari 5 halaman

Syekh Ali Jaber Pernah Bagikan Resep Nasi Mandi Favoritnya

Dream - Syekh Ali Jaber dikenal sebagai sosok yang begitu hangat. Beliau juga kerap membagikan aktivitasnya saat berada di ruman lewat YouTube channelnya. Rupanya, pendakwah yang dikenal dengan kelembutannya dalam berceramah, juga suka memasak.

Salah satu hidangan yang suka dibuatnya Mandi Laham atau Nasi Mandi. Mengenakan sarung, ia memperlihatkan bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat Nasi Mandi, yaitu potongan paha kambing, bumbu kering dan bumbu lainnya yang cukup banyak.

 Syekh Ali Jaber masak Nasi Mandi
© Youtube Syekh Ali

Satu hal yang juga disiapkan dan begitu khas adalah arang. Rupanya lemak kambing ditaruh di atas arang yang telah dipanaskan untuk mengeluarkan aroma pembangkit selera.

" Lumuri daging dengan bumbu, pewarna, lada garam. Panggang daging 1,5 jam, maksimal sekali 3 jam," ungkap Syekh Ali dalam YouTube Channelnya.

 Nasi Mandi buatan Syekh Ali
© Youtube Syekh Ali

Arang dengan lemak kambing rupanya ditaruh di pemanggang listrik dan juga di atas nasi Mandi. Siapa sangka ulama tersohor ini juga sangat andal memask.

 

4 dari 5 halaman

Lihat Video Syekh Ali memasak

5 dari 5 halaman

Dikira Abon dan Dituang di Nasi, Ternyata...

Dream – Melihat makanan dalam wadah, jangan langsung dituang di piring yang berisi nasi. Lihat dulu isi di dalamnya. Jangan sampai insiden yang diunggah di akun Facebook Tukang Sate Depan Komplek terjadi.

Dalam akun tersebut tampak sebuah unggahan seorang pria yang menundukkan kepalanya di meja makan. Pria tersebut menuang banyak sekali lauk yang dikiranya abon. Saat dilihat lagi ternyata lauk tersebut adalah tembakau kering yang disimpan dalam toples.

Sekilas, isi toples tersebut memang tampak seperti abon. Berwarna cokelat, tampak seperti irisan daging kering. Dalam unggahan tersebut tertulis “ saya kira itu abon dan bukan tembakau”.

 Nasi tembakau
© Facebook Tukang Sate Depan Komplek

Komentar kocak pun bermunculan menanggapi unggahan tersebut. Seperti " mungkin penciuman dan perasanya hilang" , ada juga komentar " udah sikat aja terlanjur sudah di nasi" .

Wah, tak terbayang rasa nasi campur sembako.

Laporan Josephine Widya

Terkait
Join Dream.co.id