Hidangan Khas Idul Adha di 5 Negara, Duh Nikmatnya!

Culinary | Sabtu, 10 Agustus 2019 06:04
Hidangan Khas Idul Adha di 5 Negara, Duh Nikmatnya!

Reporter :

Mungkin bisa jadi inspirasi bagi Sahabat Dream untuk membuat menu di rumah.

Dream - Perayaan Idul Adha identik dengan menu makanan nikmat serba daging. Bisa berupa daging kambing, sapi atau domba. Untuk di Indonesia sendiri, menu sate kambing, gulai, sop buntut sapi biasanya jadi favorit.

Ketupat atau lontong tak boleh ketinggalan. Begitu pun sayur santan baik dari pepaya muda atau labu. Nah, bagaimana dengan negara-negara lain yang juga merayakan Idul Adha?

Intip menu-menu nikmat dari Maroko, Turki, India, Lebanon dan Pakistan. Mungkin bisa jadi inspirasi bagi Sahabat Dream untuk membuat menu di rumah.

2 dari 6 halaman

Tagine dari Maroko

Sajian Idul Adha khas Maroko ini namanya sama dengan tempat memasaknya, yaitu Tagine. Terbuat dari tanah liat yang dipoles halus.

 Tagine

Masakannya berupa campur sayuran seperti wortel dan dedaunan hijau, rempah-rempah serta daging sapi, kambing atau ikan. Campuran tersebut kemudian dimasak cukup lama dengan apil kecil hingga bumbunya meresap dan tekstur dagingnya empuk.

3 dari 6 halaman

Oruk dari Turki

Dikenal sebagai Kurban Bayramı di Turki, Idul Adha dirayakan dengan penuh semangat suka cita di Turki. Keluarga akan berkumpul dan makan-makanan super lezat.

 Oruk

Salah satunya adalah Oruk. Berupa bakso panggang, terbuat dari adonan bulgur dan semolina yang diisi dengan daging giling seperti daging sapi, kacang kenari, bawang dan berbagai macam rempah seperti lada hitam, jintan, lada merah dan garam. Enak, bukan?

4 dari 6 halaman

Nalli Nihari dari India

Hidangan yang super nikmat ini pertama kali ditemukan di dapur keluarga kerajaan Moghul. Nalli Nihari, kemudian terkenal seantero India.

 Nalli Nihari

Merupakan sajian daging sapi atau domba yang dicampur dengan potongan tulang berisi sumsum. Diolah dengan bumbu rempah yang pekat dan kental dan ditambah sayuran segar seperti daun ketumbar.

5 dari 6 halaman

Maamoul dari Lebanon

 Maamoul

Kue tradisional Lebanon yang meleleh di mulut, Maamoul. Idul Adha di Lebanon bukan hanya disajikan dengan makanan serba daging, tapi juga kue-kue nikmat. Biasanya baru dikeluarkan setelah hidangan utama dengan secangkir teh atau kopi panas.

6 dari 6 halaman

Sheer Khurma dari Pakistan

 Sheer Kurma

Sheer kurma jadi makanan penutup Idul Adha di Asia Tengah. Terbuat dari vermicelli susu, gula, kurma, dan buah-buahan kering. Vermicelli dimasak dalam susu sampai melunak dan campurannya mengental, kemudian ditutup dengan segenggam buah kering goreng.


Sumber: Holidayme

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id