Heboh Kedai Ramen Populer di Jepang Tak Terima Youtuber

Culinary | Jumat, 15 Oktober 2021 09:36

Reporter : Mutia Nugraheni

Penasaran alasannya?

Dream - Saat ini menjadi Youtuber menjadi impian bagi anak-anak dibanding profesi lainnya. Dengan basis penggemar yang cukup besar, vlogging bisa menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan.

Youtube dapat menghasilkan uang dengan subscriber, viewers, iklan bahkan sponsor perusahaan. Jika seorang YouTuber mencapai 1.000 subscribers dan 4.000 jam tonton dalam setahun, mereka dapat mulai memonetisasi akun mereka dengan iklan.

Jepang memiliki hubungan yang 'kompleks' dengan YouTuber. Terutama di negara di mana masyarakat lebih suka berkendara dalam keheningan bahkan di kereta api.

Melihat ada orang yang merekam diri mereka sendiri untuk diposting di internet dipandang sebagai hal yang egois dan menjengkelkan. Hal ini pun berimbas pada kebijakan sebuah kedai ramen popule di Kyoto, Ginjo Ramen Kubota.

Kedai tersebut membuat aturan yang melarang masuk para Youtuber atau mereka yang ingin membuat video. Hal ini demi ketenangan pelanggan lain yang ingin makan dengan nyaman dan privasinya tetap terlindungi.

 Aturan Makan Ramen yang Benar Menurut Pakar Kuliner Jepang© MEN

“ Mengenai YouTuber yang Datang ke Toko Kami. Sebuah Pemberitahuan: Baru-baru ini, orang-orang datang ke toko kami dan berkata, “ Saya seorang YouTuber. Saya akan mengambil beberapa video. Tapi mulai sekarang, kami melarang mereka datang ke toko kami. Terus terang, agak mengganggu dan tidak nyaman untuk masuk selama jam sibuk dan mulai merekam video, dan itu juga mengganggu pelanggan lain. Kami tidak akan mengizinkan mereka masuk mulai sekarang," ungkap pernyataan resmi Ginjo Ramen Kubota yang diunggah di akun Twitter mereka.

 

Heboh Kedai Ramen Populer di Jepang Tak Terima Youtuber
Kedai Ramen/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Kedai ramen ini tidak membahas lebih detail dari cuitan mereka tersebut. Para pelanggan kedai tersebut memberi respons. Sebagian besar setuju dengan kebijakan yang tegas tersebut.

 Kisah Kenikmatan Ramen yang Bikin Perut Lapar© MEN

Ada yang mengungkap sangat tidak nyaman, saat ingin makan dengan tenang tiba-tiba ada sejumlah orang datang dengan banyak kamera bahkan lampu tambahan. Belum lagi saat kedai sangat ramai.

Alasan lainnya adalah bukan tidak mungkin wajah pelanggan lainnya masuk ke dalam video. Tentunya ini termasuk pelanggaran privasi jika tanpa persetujuan.

Bagaimana menurut, Sahabat Dream?

Laporan Syifa Putri Naomi/ Sumber: Soranews24

3 dari 5 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

© Dream
4 dari 5 halaman

Ramen Buket, Semangkuk Mi Jepang Mirip Rangkaian Bunga

Dream - Buket bunga biasanya ditata dengan perpaduan berbagai jenis bunga dengan warna yang berbeda serta tanaman lain. Tentunya agar bisa memanjakan mata dan menarik hati.

Pernah terbayang kalau sajian ramen dalam cup bisa juga ditata apik seperti buket bunga? Kedai My Ramen Glass Noodle Shop di Shibuya Ward Tokyo membuat terobosan menu unik yaitu Ramen buket.

 Glass Noodle© Soranews24.com

Menu ini merupakan ramen, mi khas Jepang tapi diolah hanya dengan bahan sayuran atau vegan. Tak hanya itu, untuk melengkapi sajian ditaruh berbagai sayuran segar warna-warni sehingga tampilannya begitu cantik.

 

5 dari 5 halaman

Menu Ramen Buket dilengkapi sekitar 10 jenis sayuran. Seperti brokoli, kembang kol, asparagus, dan zucchini, jamur dan masih banyak lagi. Ramen ini memang berbeda dari yang biasa karena tidak menggunakan ayam atau telur untuk kaldunya.

 Ramen buket© Soranews24.com

Untuk kaldu hanya menggunakan perpaduan Shoyu (Kecap), Kombu Shio (Garam Rumput Laut) atau kaldu Miso. Dalam satu cup, di bagian bawah terdapat ramen dan kuahnya. Sebelum menyantap mi, sebaiknya habiskan dulu sayuran segar di atasnya.

Pasalnya, irisan sayur cukup besar. Akan sulit untuk menyantapnya berbarengan dengan mi ramen dan kuah. Menu ini juga dikenal sebagai ramen paling sehat se-Jepang. Mau coba?

Sumber: Soranews24

© Dream
Join Dream.co.id