Hati-hati! Makanan-makanan Ini Picu Batu Ginjal

Culinary | Minggu, 27 Desember 2015 07:30
Hati-hati! Makanan-makanan Ini Picu Batu Ginjal

Reporter : Puri Yuanita

Ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu penyakit batu ginjal.

Dream - Batu ginjal terbentuk dari sisa-sisa zat limbah dalam darah yang dipisahkan ginjal, yang mengendap dan mengkristal seiring waktu. Gejala batu ginjal tak akan terasa jika batu tersebut masih berukuran sangat kecil.

Gejalanya baru akan terasa sangat menyakitkan jika batu telah berukuran besar dan bergesekan dengan lapisan dinding ureter yang menyebabkan iritasi bahkan luka. Tak heran jika penderitanya bisa mengalami urin berdarah.

Perlu diketahui, ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu penyakit batu ginjal. Agar Anda terhindar, perhatikan ulasan berikut.

1. Makanan tinggi protein hewani dan tinggi purin
Contoh makanan yang kaya purin adalah jeroan daging (bagian hati, jantung, dan ginjal), ikan teri, ikan sarden, ikan kembung, ikan kod, ikan haring, kerang, udang, dan daging sapi muda.

Purin yang terdapat pada makanan bisa berubah menjadi batu ginjal. Kalau memang Anda ingin mengonsumsi makanan-makanan tersebut, boleh saja asal dibatasi. Paling banyak boleh makan makanan tersebut hanya 6 ons atau 170 gram per hari.

2. Makanan tinggi sodium
Contoh makanannya adalah fast food, sup kaleng, makanan yang dibekukan, dan snack. Makanan-makanan tinggi sodium ini bisa meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal dalam tubuh. Terlalu banyak makan garam juga meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

3. Makanan tinggi oksalat
Contoh makanan tinggi oksalat adalah bayam, bit, rhubarb, kacang-kacangan, dan cokelat. Oksalat pada makanan tersebut bisa membuat kandungan oksalat pada urin meningkat. Kalau oksalat ini bergabung dengan kalsium, perlu waspada akan terbentuknya batu ginjal.

4. Makanan dengan vitamin C berlebihan
Dosis vitamin C atau asam askorbat berlebihan (lebih besar dari 2000 mg) bisa membuat mereka yang sudah berisiko terkena batu ginjal akan lebih mudah lagi terkena penyakit ini.

5. Kafein
Kafein pada kopi, teh, minuman bersoda, atau makanan lain bisa membuat " stres" ginjal Anda. Karena sifat kafein sebagai stimulan, maka aliran darah, tekanan darah, serta fungsi ginjal bisa terforsir. Kafein yang dikonsumsi dalam waktu lama juga bisa menjadi sebab terbentuknya batu ginjal.

(Sumber: Annida Online)

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id