Hati-hati! Santap Sayuran Ini Bisa Bikin Gemuk

Culinary | Sabtu, 26 September 2015 16:03
Hati-hati! Santap Sayuran Ini Bisa Bikin Gemuk

Reporter : Puri Yuanita

Tampaknya, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis sayuran jika tak ingin menjadi gemuk.

Dream - Selama ini kita tahu sayuran sangat efektif untuk membantu peluruhan lemak atau proses penurunan berat badan, lantaran memiliki kandungan serat yang tinggi. Namun tampaknya Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis sayuran jika tak ingin menjadi gemuk.

Pasalnya, menurut penelitian ada beberapa jenis sayuran yang justru berpotensi menggemukkan badan jika dikonsumsi. Seperti dilansir dari Dailymail, tidak semua sayuran baik untuk menjaga 'lebar pinggang' Anda.

Beberapa sayuran seperti jagung manis, kacang polong, kentang dan seledri justru harus dihindari karena berisiko meningkatkan berat badan.

Kentang menjadi salah satu jenis sayuran sebagai sumber karbohidrat paling menggemukkan. Para peneliti menganjurkan untuk mengganti konsumsi kentang dengan nasi merah atau roti gandum.

Rebecca Lawton dari British Dietetic Association mengatakan, kentang sebenarnya memiliki banyak kandungan positif. " Kentang mengandung vitamin C yang tinggi, kalium, dan serat yang dapat mengenyangkan," terangnya.

Hanya saja, kadar pati dan air yang tinggi pada kentang membuatnya lebih tinggi kalori daripada kebanyakan sayuran. Karena itulah, para ahli gizi cenderung mengelompokkan jenis sayuran yang satu ini bersama dengan roti, nasi, dan pasta.

Rebecca menambahkan, untuk menurunkan atau menjaga berat badan sesuai dengan target yang diinginkan sebaiknya mengonsumsi banyak buah seperti blueberry dan plum. Sementara untuk sayurnya pilihlah kembang kol dan brokoli.

Blueberry, plum, kembang kol, dan brokoli memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol dapat memperlancar proses metabolisme dan pengolahan gula darah dalam tubuh sehingga dapat menjaga atau menurunkan berat badan. (Ism) 

 

 

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id