Sprite Ubah Kemasan Ikoniknya

Culinary | Jumat, 19 Februari 2021 09:00
Sprite Ubah Kemasan Ikoniknya

Reporter : Dwi Ratih

Seperti apa?

Dream - Turut memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh tiap 21 Februari, produk minuman Sprite yang dikenal dengan kemasan hijau sejak 1971, kini mengubah tampilan botolnya dengan menggunakan PET transparan yang mudah didaur ulang.

" Kami ingin mempermudah proses daur ulang. Fakta di lapangan adalah nilai dari botol transparan di tingkat pemulung itu jauh lebih tinggi dibanding botol berwarna. Selain itu kegunaannya juga lebih banyak," ujar Triyono Prijosoesilo selaku Direktur Public Affairs, Communicatios and Suistanability PT Coca-Cola Indonesia pada konferensi pers virtual, Kamis 18 Februari 2021.

Ia menjelaskan perubahan kemasan ini merupakan upaya membantu menyelesaikan permasalahan sampah Indonesia yang kini jadi permasalahan serius terlebih semenjak pandemi.

 Triyono Prijosoesilo© Sprite Indonesia

Dengan menggunakan material yang gampang dibentuk, ringan dan mudah didaur ulang ini, nantinya diharapkan kemasan Sprite terbaru ini dapat diolah kembali jadi produk yang bermanfaat dan meningkatkan nilai ekonomis.

2 dari 5 halaman

Hasilnya disumbangkan untuk yang membutuhkan

Seperti kegiatan kolaborasi sprite #LihatDenganJernih yang mengajak masyarakat untuk mendaur ulang sampah menjadi produk bermanfaat seperti kacamata, yang bahkan nantinya bisa disumbangkan.

" Jadi kita berkolaborasi dengan Waste4Change sebagai mitra yang mengumpulkan. Kemudian juga ada PlusTik yang akan membuat barang yang bermanfaat bagi masyarakat,"  jelas Fitriana Adhisti selaku Senior Brand Manager PT Coca-Cola Indonesia di kesempatan yang sama.

" Kemudian kita akan mendonasikan item yang bermanfaat ini kepada Yayasan Sejuta Kacamata Untuk Indonesia," tambahnya.

Gerakan tersebut akan mulai pada Maret hingga April dengan menargetkan dua kota besar seperti Jakarta dan Bali.

 Fitriana Adhisti© Sprite Indonesia

3 dari 5 halaman

Yuk ikutan!

 Sprite© Sprite Indonesia

Buat Sahabat Dream yang ikut berkontribusi dalam gerakan ini, caranya dengan mengirimkan sampah kemasan botol sprite PET ke bank sampah yang bermitra dengan Waste4Change.

Lalu botol tersebut didaur ulang PlustTik hingga menjadikannya sebuah kacamata, dan nantinya akan dibagikan kepada Yayasan Sejuta Kacamata untuk membantu mereka yang memiliki kekurangan pengelihatan.

Pastikan juga kamu mulai membiasakan memilah sampah yang bisa didaur ulang serta membuang sampah pada tempatnya untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, ya.

Reporter: Yuni Puspita Dewi

4 dari 5 halaman

Indofood Kuasai Saham IFL, Snack Cheetos, Doritos, dan Lays, Bakal `Menghilang`

Dream - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk membeli semua saham PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) yang dimiliki oleh Fritolay Netherlands Holding B. V., sebanyak 49 persen. Nilai transaksinya mencapai Rp49 miliar.

Dikutip dari keterbukaan perseroan di Bursa Efek Indonesia, Kamis 18 Februari 2021, IFL akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo setelah menyelesaikan semua proses persiapan penghentian produksi dan penjualan dengan merek milik PepsiCo.

Jika dihitung sejak transaksi pembelian saham, yaitu Februari, perjanjian lisensi dengan PepsiCo akan berakhir pada Agustus 2021. IFL adalah afiliasi PepsiCo Inc.

" Fritolay, PepsiCo, dan afiliasi lainnya tak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan, atau mendistribusikan produk makanan ringan apa pun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama tiga tahun sejak berakhirnya masa transisi," kata Corporate Secretary Indofood CBP Sukses Makmur, Gideon A. Putro, di Jakarta.

 

5 dari 5 halaman

Gideon mengatakan transaksi itu bukan merupakan transaksi material yang diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 17/POJK.04/2020 tanggal 20 April tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha.

" Transaksi ini juga bukan merupakan transaksi afiliasi yang diatur dalam Peraturan OJK Nomor 42/POJK.04/2020 mengenai Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan," kata dia.

Sekadar informasi, di Indonesia, ada beberapa produk PepsiCo yang dijual, seperti Lays, Cheetos, dan Doritos. Dengan transaksi itu, pemasaran produk-produk itu akan dihentikan sementara.

Join Dream.co.id