Yuk Kenali Jenis Keju yang Baik untuk Kesehatan

Culinary | Jumat, 5 Juni 2020 21:39
Yuk Kenali Jenis Keju yang Baik untuk Kesehatan

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Keju segar memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk menjaga imunitas.

Dream - Keju merupakan salah satu makanan tertua di dunia. Arkeolog memprediksi keju pertama kali dibuat sekitar 8000 SM setelah adanya domestikasi hewan.

Keju tersebar di berbagai belahan dunia mulai dari Polandia, Mesir hingga China. Dengan berternak, masyarakat mulai mengenal segala kegunaan susu termasuk cara mengolahnya menjadi keju.

Beberapa ahli sejarah juga mengatakan bahwa keju awalnya dibuat dengan tidak sengaja. Yakni ketika para gembala sapi menyimpan susu di dalam perut hewan.

Enzim di perut hewan membuat susu jadi kental dan terpisah antara dadih dan whey. Hingga saat ini, pembuatan keju telah berkembang pesat dan terdapat sekitar 1.400 macam keju di dunia.

2 dari 4 halaman

Jenis Keju Terbaik

 Aneka Jenis Keju© Foto: Shutterstock

Keju terbagi ke dalam dua jenis, yakni keju segar dan keju olahan. Keju segar yang sepenuhnya terbuat dari susu sapi dan tidak memakai bahan kimia merupakan pilihan yang paling baik.

Sementara itu, keju olahan sering kali hanya menggunakan beberapa persen keju dan ditambah dengan perasa, pewarna dan bahan pengawet yang membuatnya tahan lama.

3 dari 4 halaman

Manfaat Keju Segar

 Hidangan Keju© Foto: Shutterstock

Tak hanya lebih lezat, keju segar juga mengandung berbagai manfaat susu untuk tubuh. Diantaranya mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan gigi dan membantu menurunkan tekanan darah.

Keju juga kaya akan vitamin B12 yang membantu produksi sel darah merah dan baik untuk kesehatan mental dan saraf. Selain itu, keju yang diperkaya probiotik dapat memperkuat imun tubuh.

4 dari 4 halaman

Hari Keju Sedunia

Hari ini, 4 Juni diperingati sebagai Hari Keju Sedunia. Sejumlah negara seperti Amerika dan Italia merayakan hari tersebut dengan sangat meriah.

Berbagai acara bertema keju digelar untuk merayakan Hari Keju Sedunia. Seperti lomba masak hingga menyantap sajian sedap bersama keluarga.

Sahabat Dream juga bisa membuat hidangan lezat dari keju. Greenfields menyediakan 4 varian keju yaitu mozarella, ricotta, camembert dan bocconcini yang terbuat dari susu sapi segar.

 Keju Greenfields© Foto: Greenfields

Ketika membeli keju segar, pastikan untuk selalu melihat tanggal kadaluarsa dan simpan keju di dalam kulkas dengan temperatur 1-4 derajat.

Terkait
Join Dream.co.id