Halal Restaurant Berusia 81 Tahun di London Terancam Tutup

Culinary | Rabu, 12 Agustus 2020 10:48
Halal Restaurant Berusia 81 Tahun di London Terancam Tutup

Reporter : Mutia Nugraheni

Restoran halal ini merupakan tempat makan kari pertama di London dan dibuka pada 1939.

Dream - Mencari restoran halal di Inggris memang tak mudah. Salah satu restoran halal yang cukup ternama di London adalah Halal Restaurant yang menyajikan hidangan India.

Sayangnya, restoran India tertua di East End, London, terancam tutup setelah 81 tahun beroperasi. Dikutip dari lama My London, restoran halal ini merupakan tempat makan kari pertama di sana yang dibuka pada 1939.

East End of London adalah salah satu tujuan makanan Asia Selatan di Inggris. Sebelum pandemi, restoran tersebut selalu ramai dikunjungi pembeli. Namun, setelah melayani warga London selama lebih dari 80 tahun, restoran menghadapi persoalan.

Terletak di perbatasan Kota London dan Tower Hamlets, restoran itu bertekuk lutut menghadapi virus corona. Kehadiran Internet juga sangat mempengaruhi kondisi restoran tersebut. 

 

 

2 dari 5 halaman

Banyak orang yang melakukan interaksi sosial mereka bergeser dari yang biasanya datang ke restoran, saat ini mereka bisa lewat online.

Halal Restaurant© Halal Restaurant

Foto: Spital Fields Life

Mehnaz, putri pemilik restoran itu men-tweet foto kakeknya yang diambil pada 1970-an dan ayahnya yang diambil baru-baru ini. Mereka duduk di posisi yang sama di ruang makan sederhana restoran sambil menyampaikan pesan bahwa restoran halal itu mungkin harus ditutup.

 

3 dari 5 halaman

Restoran Robot Jadi Solusi Selama Pandemi?

Dream - Interaksi dan kedekatan fisik antar manusia saat ini bisa jadi 'mematikan', apalagi kalau bukan karena Covid-19. Restoran dan tempat makan, yang biasanya jadi tempat sosialisasi, kini mulai menerapkan protokol kesehatan.

Pengunjung yang datang tak boleh terlalu banyak dan harus menjaga jarak. Hal ini tampaknya memunculkan tren restoran dengan root. Seperti restoran yang baru dibuka pada 22 Juni 2020 di Tiongkok.

Restoran Robot Jadi Solusi Selama Pandemi?© MEN

Merupakan restoran pertama yang dilayani robot yang dikembangkan oleh Qianxi Robot Catering Group (Qianxi Group), anak usaha Country Garden. Restoran ini dibuka di Shunde, sebuah kota di provinsi Guangdong, Tiongkok.

Dengan sederet teknologi termutakhir, restoran tersebut memiliki beberapa bagian terpisah yang menyajikan makanan ala Tiongkok, hot pot, dan makanan cepat saji (fast food). Ada berbagai jenis hidangan yang ditawarkan, dan setiap makanan dikirimkan ke pelanggan dalam hitungan detik.

 

4 dari 5 halaman

Ada 20 Robot yang Siap Melayani

Di restoran modern seluas 2.000 meter persegi ini, ada lebih dari 20 robot untuk beragam gaya restoran (makanan khas Tiongkok, clay-pot rice, dan mi). Robot-robot tersebut siap melayani pelanggan sesuai dengan tugasnya masing-masing, baik menyajikan dan memasak makanan.

Qianxi Robot Catering Group© Qianxi Robot Catering Group

Ruang restoran, dipenuhi warna latar merah muda dengan teknologi metalik, bisa menampung hampir 600 pelanggan sekaligus. Di samping itu, menu restoran terdiri atas 200 jenis hidangan, dan setiap hidangan bisa tersedia dalam 20 detik.

 

5 dari 5 halaman

Tren Masa Depan

Di tengah epidemi saat ini, restoran yang dilayani robot dapat mengurangi interaksi antarmanusia. Jenis restoran baru tersebut sejalan dengan kondisi yang tengah terjadi dan tren di masa depan.

Qianxi Robot Catering Group© Qianxi Robot Catering Group

" Restoran robot Qianxi secara inovatif menyatukan perangkat lunak-keras, serta kerja sama manusia-mesin. Restoran ini beroperasi dengan lancar melalui penggunaan robot," jelas Zhao Chunsheng, Mechanical Engineering Specialist, dan Ilmuwan di Chinese Academy of Sciences, dikutip dari rilis yang diterima Dream.

Tiongkok resmi merilis spesifikasi teknis untuk aspek keamanan robot di sektor makanan pada 22 Juni. Spesifikasi teknis ini, dirumuskan bersama oleh National Robot Testing and Accreditation Center (NRTAC) serta anak usaha Qianxi Group di sektor teknologi Zhiyuan, menjadi yang pertama dan satu-satunya di Tiongkok.

Robot-robot generasi kedua buatan Qianxi Group, termasuk yang dilatih untuk memasak clay-pot rice dan sebagian lagi bisa membuat es krim kecil, telah menerima sertifikasi " China Robot" (CR) dari NRTAC.

 

Join Dream.co.id