Es Krim Pedas Khas Hirata, Siap Menantang Para Turis

Culinary | Senin, 20 Juni 2022 06:48

Reporter : Mutia Nugraheni

Bertabur bubuk pedas yang levelnya bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Dream - Sensasi dingin, menyegarkan dan manis, selalu kita cari saat menyantap es krim. Bagaimana kalau ada es krim yang rasanya justru sangat pedas, mau mencobanya?

Hirata, sebuah desa kecil di Prefektur Fukushima Jepang, menjadi terkenal karena menantang wisatawan untuk mencoba es krim Habanero. Es krim ini memiliki citarasa yang sangat pedas.

Berupa es krim vanila yang ditaburi dengan bubuk lada Habanero. Porsi bubuk lada tersebut tergantung pada toleransi rasa pedas bagi yang ingin mencobanya. Faktanya, rasa lada ini sangat pedas sehingga orang yang ingin mencoba harus tanda tangan surat pernyataan kalau tak akan menuntut bila terjadi sesuatu.

Es krim Habanero Hirata yang sekarang terkenal berawal dari bencana Fukushima pada 2011. Sebelum tsunami melanda wilayah tersebut dan ketakutan akan dampak radiasi mulai mencengkeram, wilayah ini dikenal sebagai penghasil sayuran.

 

 

Es Krim Pedas Khas Hirata, Siap Menantang Para Turis
Es Krim Habanero Hirata/ Foto: Oddity Central
2 dari 6 halaman

Setelah insiden hancurnya pusat nuklir Fukushima karena tsunami dan gempa, masyarakat sekitar harus mencari cara lain untuk mencari nafkah. Awalnya, tiga petani tertarik untuk menenam cabai Habanero kecil yang bentuknya lucu tanpa terlalu memikirkan fakta bahwa cabai itu terlalu pedas untuk sebagian besar konsumen Jepang.

 Es Krim© Oddity Central

Mereka tidak dapat menemukan pasar untuk cabai pedas tersebut. Pada 2015, para petani memiliki ide untuk mengolah Habanero sebagai bahan es krim lembut. Ide tersebut berhasil membuat banyak orang penasaran dan mendatangnya banyak turis.

Rasanya memang sangat pedas, tapi levelnya bisa disesuaikan. Berani mencobnya?

Sumber: Oddity Central

3 dari 6 halaman

Es Krim dan Gelato, Sudah Tahu Bedanya?

Dream – Lembut, dingin, dan manis merupakan kesan pertama ketika menikmati es krim ataupun gelato. Keduanya sangat cocok untuk dinikmati ketika cuaca panas ataupun saat suasana hati kurang baik.

Sekilas es krim dan gelato terlihat sama saja. Tetapi, apakah keduanya memiliki perbedaan atau hanya penyebutannya saja yang berbeda? Berikut penjelasan mengenai es krim dan gelato yang dilansir dari Thekitchn.com.

Es krim

 Makan Es Krim© Shutterstock

Pada dasarnya, es krim terbuat dari susu, krim, dan gula. Beberapa orang menambahkan kuning telur pada es krim agar rasanya lebih kaya dan lembut.

Es krim yang mengandung kuning telur mudah ditemukan di Prancis. Kini semakin banyak es krim yang mengandung kuning telur untuk memperkaya rasa.

Pembuatan es krim tidak begitu sulit. Hanya perlu mencampur semua bahan utamanya untuk dimasak hingga mengental. Setelah didinginkan, campurannya diaduk dengan kecepatan tinggi untuk menggabungkan udara dan membuat es krim menjadi lebih padat.

4 dari 6 halaman

Gelato

Sebenarnya, gelato merupakan bahasa Italia dari es krim. Namun, cara membuat gelato sedikit berbeda dari es krim biasa. Gelato mengandung susu yang lebih banyak dan krim yang lebih sedikit.

Es krim Italia itu juga tidak mengandung telur dan diaduk dengan kecepatan lebih lambat. Sehingga, gelato memiliki tekstur yang lebih lembut daripada es krim.

 Perbedaan Besar Gelato dan Es Krim, Sudah Tahu?© MEN

Saat disajikan, gelato memiliki suhu yang lebih hangat. Teksturnya juga lebih lembut dan halus. Bertolak belakang dengan es krim, gelato mengandung lemak yang lebih sedikit dan rasanya pun lebih menonjol.

Jadi, Sahabat Dream lebih memilih es krim atau gelato?

Laporan: Anzila Riskia Putri

 

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

5 dari 6 halaman

Santap Udon dalam Bentuk Es Krim Bertabur Daun Bawang

Dream - Es krim identik dengan rasa manis, asam dan menyegarkan. Biasanya jadi camilan yang dicari untuk pencuci mulut atau membantu meredakan stres. Sahabat Dream sudah pernah mencoba es krim rasa cokelat, vanila, stroberi atau jeruk.

Pernahkah mencoba es krim rasa udon? Ada varian es krim yang unik dan hanya ada di prefektur Kagawa, Jepang. Es krim sekilas mirip varian vanilla cone tapi rasanya jauh dari itu.

 Santap Udon dalam Bentuk Es Krim Bertabur Daun Bawang© MEN

Pasalnya, es krim disiram dengan saus yang bisasanya digunakan untuk membuat udon bercita rasa gurih. Sebagai pelengkap, terdapat juga irisan daun bawang di atasnya. Es krim unik ini dijual seharga 350 yen atau setara dengan Rp46 ribu saja.

Kamu bisa merasakan mie udon yang biasanya hangat tapi dalam versi dingin. Kecap asin pada es krim, dikutip dari Mothership.sg, ternyata meninggalkan rasa seperti saat kita menyantap sushi yang dicelup ke soya sauce.

 

6 dari 6 halaman

Ingin membeli es krim udon saat ke Jepang? Kamu bisa datang ke toko Konpiran Shoyu Mame Honpo Omotesando. Ini adalah toko cendera mata yang menjual makanan ringan dan produk makanan lainnya dari prefektur Kagawa.

 Es krim udon© Motherdhip

Prefektur Kagawa memang dikenal dengan sajian udonnya yang nikmat. Cukup banyak kedai udon legendaris di tempat ini yang selalu dikunjungi warga lokal maupun turis.

Beberapa pelanggan yang telah mencicipi es krim rasa udon, mengungkap merasa terkejut dengan rasanya yang enak. Namun, ada juga yang memilih tidak membeli lagi karena menganggap rasanya yang aneh.

Laporan: Angela Irena Mihardja

Terkait
Join Dream.co.id