Es Krim Marmut Jadi Sajian Favorit di Ekuador, Mau Coba?

Culinary | Senin, 14 Oktober 2019 06:15
Es Krim Marmut Jadi Sajian Favorit di Ekuador, Mau Coba?

Reporter :

Negara-negara Amerika Selatan biasa mengolah marmut menjadi hidangan.

Dream - Biasanya, rasa es krim berupa sesuatu yang manis seperti cokelat, stroberi, atau vanila. Namun seorang wanita asal Ekuador mengeksekusi sebuah ide nyeleneh. Ia membuat es krim yang sangat tak biasa namun sangat populer, guinea pig.

Di Indonesia, hewan pengerat ini biasa disebut dengan marmut tetapi ukurannya lebih besar. Guinea pig berasal dari wilayah pegunungan Andes di Amerika Selatan. Hewan ini sering dijadikan hewan peliharaan di rumah yang menyenangkan.

Di negara-negara Amerika Selatan seperti Ekuador, Peru, atau Bolivia, orang memasak guinea pig dengan garam dan menyajikannya dengan kentang dan saus kacang.

Namun, di negara-negara itu pula minat warga pada es krim rasa guinea pig kian meningkat, seperti dikutip dari Oddity Central. Maria del Carmen Pilapana, wanita asal Quito telah menjual ratusan es krim guinea pig per hari selama beberapa bulan terakhir.

2 dari 7 halaman

Dari mulut ke mulut

Ketika berita tentang kelezatan es krim marmut menyebar dari mulut ke mulu, permintaan es krim itu makin meroket. Ide membuat es krim marmut datang sekitar setahun yang lalu, setelah ia tak lagi bekerja di restoran.

Usai kehilangan pekerjaan gara-gara perusahaan tempatnya bekerja bangkrut, Maria lalu mendedikasikan diri untuk memasak. Ia mengikuti lokakarya dan pameran untuk mengambil sebanyak mungkin informasi.

 Marmut

Di salah satu pekan raya, seperti Guinea Pig Fair tahunan, dia memutuskan untuk mencoba marmut sebagai cita rasa es krim buatannya. Ia sudah menyajikan es krim buah sebelumnya, tapi seseorang menantangnya untuk mencoba sesuatu yang lebih unik, dan itu tak lebih dari sekadar kelinci percobaan.

 

3 dari 7 halaman

Eksperimen satu bulan

Butuh waktu sebulan untuk mendapatkan formula es krim rasa marmut yang pas. Awalnya, María mencoba menggunakan dendeng guinea pig yang dihancurkan, tapi tak membuahkan hasil. Ia kemudian mencoba daging marmut panggang, tapi ternyata bermasalah juga.

 7 Fakta Unik Seputar Es Krim

Ia akhirnya menemukan sesuatu ketika mencoba merebus daging selama dua jam untuk mendapatkan kaldu yang benar-benar terkonsentrasi. Ia lalu mencairkan daging juga dan dicampur dengan kaldu untuk membuat pate guinea pig. Setelah itu, ia mengolahnya jadi es krim.

 

4 dari 7 halaman

Dicampur susu

Pate daging dicampur dengan puree buah, seperti markisa atau naranjilla, lalu whipped cream dan susu kental. Setelah dibekukan selama sehari, es krim marmut siap disajikan. Maria menaburkannya dengan kacang yang dihancurkan dan menjualnya seharga 1 dolar per kerucut atau 12 dolar per liter.

 Buat Es Krim Vanila dari 3 Bahan

" Keluarga saya dan suami saya mengira saya gila. Mereka tak mengira ada orang yang mau es krim ini, tapi sekarang es krim ini adalah produk utama kami," kata María.

 

5 dari 7 halaman

Ingin kembangkan varian rasa lainnya

Ia menjual es krim marmutnya dari sebuah kios di sebelah jalan raya yang menghubungkan ibu kota Ekuador, Quito, dengan Kota Sangolqui.

 Es krim

Maria biasanya menyiapkan sekitar 150 es krim marmut per minggu, tapi sekarang setelah lebih banyak orang mengetahuinya, permintaan pasti akan meningkat. Maria kini mencoba membuat varian rasa es krim unik lainnya, seperti rasa kepiting atau ayam.

 

6 dari 7 halaman

Makan Es Krim Ini Harus Tanda Tangan Surat Perjanjian

Dream - Campuran susu, krim dan gula disajikan dengan sangat dingin, membuat es krim selalu jadi andalan mereka yang mencari kesegaran. Makan es krim memang seharusnya bikin senang dan segar, bukan malah bikin tegang.

Namun jika Sahabat Dream makan es krim Respiro del Diavolo di Aldwych Cafe and Ice Cream Parlor di Glasgow, Skotlandia, rasa tegang dijamin akan muncul. Tak hanya itu saja, lidah pun dipastikan bakal 'terbakar'.

Es krim Respiro del Diavolo disebut-sebut merupakan es krim terpedas di dunia. Nama Respiro del Diavolo sendiri memiliki arti napas setan, yang setelah memakannya mulut dan pernapasan bakal terbakar saking pedasnya.

7 dari 7 halaman

Terbuat dari Carolina Reaper

Respiro del Diavolo dibuat dari banyak bumbu pedas, salah satunya Carolina Reaper, dengan tingkat kepedasan mencapai 1.569.300 SHU. Carolina Reaper diketahui memiliki rasa 500 kali lebih pedas dari Tabasco, termasuk seratus kali lebih panas daripada jalapeno.

Bumbu super pedas ini rupanya diolah secara kreatif menjadi es krim. Untuk bisa mencicipi es krim ini, tak bisa sembarangan. Ada syarat khusus yang harus dipenuhi.

Sebelum makan es krim, pengunjung yang datang harus berusia minimal 18 tahun. Tak hanya itu, pelanggan juga harus tanda tangan surat perjanjian. Surat tersebut berisi bahwa jika terjadi sesuatu yang menimbulkan masalah kesehatan maka cafe tersebut tak bertanggung jawab.

 Surat perjanjian es krim

Pasalnya, makan es krim super pedas tersebut bisa menimbulkan masalah pencernaan serius bahkan mungkin kematian. Berani mencicipinya, Sahabat Dream?

 

Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan
Join Dream.co.id