Ditemukan, Teknik Olah Cokelat Tak Perlu Tambahan Gula

Culinary | Jumat, 19 Juli 2019 06:35
Ditemukan, Teknik Olah Cokelat Tak Perlu Tambahan Gula

Reporter : Mutia Nugraheni

Diklaim akan menjadikan produk cokelat jadi lebih sehat karena minim gula.

Dream - Cokelat batangan yang banyak dijual di pasaran rasanya memang sangat nikmat.

Perpaduan antara rasa pahit, manis dan legitnya susu. Produk tersebut biasanya mengandung kadar gula yang sangat tinggi.

Saat ini sedang dikembangkan produk cokelat tanpa gula tambahan. Produk tersebut, seperti dikutip dari CNN, dikembangkan oleh Nestle.

Yaitu dengan mengandalkan bahan sisa dari tanaman kakao untuk pemanis karena konsumen kini banyak mencari pemanis alami dan sehat.

2 dari 6 halaman

Teknik Olah Cokelat: Gunakan Teknik Khusus

Perusahaan makanan ini menggunakan teknik yang dipatenkan untuk mengubah lapisan putih atau pulp yang menutupi biji kakao menjadi bubuk. Secara alami, lapisan tersebut sudah mengandung pemanis.

 Cokelat© Pixabay

Musim gugur ini di Jepang, Nestle akan mulai menjual KitKat bar dengan 70% dark chocolate dengan resep baru yang tanpa menggunakan gula tambahan.

Hingga saat ini, pulp tersebut belum pernah digunakan sebagai pemanis untuk cokelat dan biasanya selalu dibuang dalam proses produksi.

3 dari 6 halaman

Teknik Olah Cokelat: Lebih Sehat

Pengembangan ini dilakukan karena konsumen kini semakin kritis dengan apa yang dikonsumsi. Kesadaran akan kesehatan semakin tinggi. Konsumsi gula yang tinggi jadi salah satu pemicu penyakit berbahaya.

 Sweet And Salty: Cokelat Lokal Resep Belgia© MEN

" Kini konsumen lebih menaruh perhatian pada karakteristik kesehatan pada makanan yang dikonsumsi, termasuk pada lingkungan dan sosial," kata Gustavo Setrini dari New York University's Steinhardt School of Culture, Education and Human Development.

Nestle mengklaim, cokelat yang mereka produksi tanpa gula tambahan ini rasanya akan sama nikmat dengan produk cokelat dengan gula pada umumnya. Penasaran mencicipinya, Sahabat Dream?

4 dari 6 halaman

Toko Unik, Bikin Cokelat Kemasan 'Naik Kelas'

Dream - Mengonsumsi cokelat dipercaya bisa membuat seseorang menjadi senang dan bahagia. Apalagi jika cokelat yang dimakan bisa dibuat sesuai selera.

Sebuah toko cokelat unik di Osaka, Jepang baru saja dibuka Oktober 2018. Toko ini bakal memanjakan para pecinta cokelat.

 Toko Ini Bikin Cokelat Kemasan Jadi 'Naik Kelas'© MEN

Toko tersebut yaitu KitKat Chocolatory. Ya, toko ini memang diperuntukkan bagi mereka penggila KitKat.

Pengunjung bukan hanya bisa menikmati beragam rasa KitKat yang unik tapi juga dengan berbagai topping atau taburan.

5 dari 6 halaman

Layar Sentuh

Untuk memudahkan pengunjung, pengelola toko menyiapkan sebuah layar sentuh yang bisa dipakai untuk memesan cokelat sesuai dengan keinginan. Pengunjung tinggal memilih dari lima jenis cokelat sebagai dasarnya, seperti cokelat susu, matcha atau cokelat putih rasa stroberi.

 Cokelat Kitkat Termahal, Sebatangnya Rp 331 Ribu© MEN

Tak hanya itu, ada sembilan topping yang bisa dipilih seperti marshmallow, nanas, cranberry, mangga, kismis hijau, almond, jambu mete, macadamia dan kelapa parut.

Bingung untuk memilih? Cobalah pilihan koki, di mana chocolatier menunjukkan topping yang sempurna untuk dipasangkan dengan cokelat pilihan kamu.

6 dari 6 halaman

Banyak Topping

Misalnya, jika suka cokelat matcha, koki mungkin merekomendasikan marshmallow, cranberry dan kelapa sebagai topping. Bahkan ada versi ultra-luxe " all topping"  di mana pengunjung dapat mencoba semua sembilan topping yang ditawarkan dengan harga US $18 atau sekitar Rp267 ribu.

KitKat Chocolatier juga menyediakan es krim dengan nitrogen cair yang diberi nama " flash-freeze" . Pengunjung tidak hanya bisa menikmati cokelat KitKat di toko, namun bisa juga membungkusnya sebagai souvenir.

(Laporan Mega Rasmiyati/ Sumber: CNN)

Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna
Join Dream.co.id