Dipuji Enak, Inilah Sosok di Balik Kelezatan Makanan Asian Games 2018

Culinary | Selasa, 4 September 2018 14:01
Dipuji Enak, Inilah Sosok di Balik Kelezatan Makanan Asian Games 2018

Reporter : Idho Rahaldi

Tahukah kamu siapa orang yang berperan dibalik kelezatan makanan di Asian Games 2018?

Dream - Gegap gempita kemeriahan ajang olahraga Asian Games 2018 yang berakhir dua hari lalu masih membuat masyarakat Indonesia susah move on.

Tak hanya menyuguhkan pertandingan penuh gengsi dan sarat persaingan, gelaran Asian Games 2018 semakin menarik karena kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah yang baik dan menghibur.

Ya, ajang olahraga terbesar se-Asia ini terbilang sukses karena banyak faktor pendukung di belakangnya. Selain momen pembukaan dan penutupan yang spektakuler,  salah satunya yang luput dari perhatian adalah asupan nutri untuk para atlet yang bertanding.

Menyiapkan makanan untuk para atlet bukan perkara yang mudah. Banyak hal harus diperhatikan mulai dari nilai gizi hingga nutrisi.

Namun tahukah kamu siapa orang yang berperan dibalik kelezatan makanan di Asian Games 2018?

2 dari 3 halaman

Suami Seorang Artis

PT Gobel Dharma Sarana Karya (GDSK) dipercaya sebagai pemegang hak katering utama Asian Games 2018.

Perusahaan itu ternyata milik dari suami presenter dan artis, Ayu Dewi, Regi Datau yang menjadi Direktur Utama GDSK.

 

Ini adalah foto dua atlet Yang kiri cabang olahraga : Melata Melatakan hati ini cuma untukmyu🤪 Yang kanan cabang olahraga : Bertapa Bertapa kucinta padamu😘ya kan yaang *anggep aja dia ngangguk #AyuDewiStory

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mrsayudewi (@mrsayudewi) pada

Regi mengaku menyiapkan 49 ribu porsi makanan tiap hari dari sarapan hingga makan malam untuk 13 ribu atlet.

Tantangan pertama dan yang terpenting adalah tentang keamanan pangan yang dinilainya sedikit rendah.

"Untuk itu, wajib ada sistem keamanan pangan terjamin. Sejak persiapan, kami melakukan screening ketat, supplier makanan selalu dievaluasi. Kendaraan pengangkut pun harus standar keamanan pangan," ujarnya seperti dikutip dream dari planetmerdeka.com.

Persiapan yang mepet tak jadi penghalangnya untuk menyediakan berbagai pilihan menu. Regi menyebutkan kalau pihaknya bekerja sama dengan koki India dan negara lain untuk menyesuaikan selera makan para atlet dari masing-masing kontingen.

Demi menyukseskan Asian Games 2018, Ia menuturkan sudah merekrut sebanyak 1,000 karyawan baru untuk Jakarta dan Palembang. Jumlah tersebut belum termasuk volunteer yang disiapkan oleh INASGOC.

3 dari 3 halaman

Dipuji India

Menurut Chef de Mission kontingen negara India, Brij Bhushan Sharan Singh, para atlet dan ofisial merasa cocok dengan makanan yang disajikan.

Singh mengatakan para atlet asuhannya senang dengan menu yang disajikan karena rasanya mirip dengan yang hidangan di negara asal mereka.

" Para atlet kami senang sekali. Mereka senang karena makanan yang mereka santap rasanya sama dengan di India," demikian kata Singh dikutip dari India Today.

" Nyaris tidak ada keluhan. Satupun tidak ada yang mengeluh. Makanannya enak. Ada Dal, masakan Indian Selatan, paneer, dan juga ayam," lanjut Singh menyebut beberapa makanan asli India yang menggoyang lidah para atletnya.

Dengan membawa tim yang cukup banyak (sebanyak 710 atlet) untuk berpartisipasi dalam 34 cabang olahraga, tentu memenuhi selera lidah dan perut mereka tidak mudah.

Untunglah panita penyelenggara Asian Games di Jakarta, khususnya para juru masak, melakukan tugas yang sangat baik, dan bisa bernapas lega dengan banjir pujian itu.

(Planetmerdeka.com)

Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis
Join Dream.co.id