Deretan Sajian Kuliner Khas Kota Solo, Murah dan Lezat!

Culinary | Selasa, 20 Agustus 2019 06:13
Deretan Sajian Kuliner Khas Kota Solo, Murah dan Lezat!

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Salah satu kota pariwisata yang kental akan budaya Jawa adalah Kota Solo. Yuk cari tahu deretan sajian kuliner khas Kota Solo berkut ini.

Dream – Solo dikenal sebagai salah satu kota pariwisata yang kental akan budaya Jawa.

Bagaimana tidak? Di kota ini, terdapat keluarga kerajaan tanah Jawa yang masih berdiri hingga saat ini. Kerajaraan itu meliputi Kasunanan dan Mangkunegara.

Selain dikenal sebagai kota dengan budaya Jawa yang kental, Kota Solo juga dikenal sebagai salah satu kota yang tenang dan damai. Tidak hanya itu saja, Kota Solo juga dikenal dengan kain batik serta kuliner yang murah namun sangat lezat.

Kota Solo atau Surakarta merupakan salah satu wilayah otonom dengan status kota yang di bawah Provinsi Jawa Tengah.

Tahukah kalian? Kota Solo menjadi kota terbesar ketiga di Pulau Jawa bagian selatan, setelah sebelumnya ditempati oleh Kota Bandung dan Malang. Hal ini berdasarkan dengan jumlah penduduk yang menempati kota tersebut.

Banyaknya destinasi wisata baik itu yang bersejarah maupun yang modern, serta berbagai macam sajian kuliner yang murah meriah membuat kota ini sering kali dikunjungi oleh para wisatawan.

Bahkan, tidak jarang kalian akan menemukan wisatawan asing yang berada di Kota Solo. Meskipun demikian, jika berkunjung ke Solo tidak lengkap rasanya jika belum mencoba beberapa sajian kuliner khas berikut ini.’

2 dari 5 halaman

Selat Solo Mbak Lies

 Deretan Sajian Kuliner Khas Kota Solo, Murah dan Lezat!

(Foto: Instagram @ayusarwotoz)

 

Salah satu sajian kuliner khas Kota Solo adalah selat solo mbak Lies. Jika kalian sedang berada di Kota Solo wajib hukumnya untuk mencicipi sajian ini.

Berlokasi di Gang Il No 42, Serengan, Solo ini kalian akan menemukan warung makan yang berdekorasi unik dengan banyaknya ornament keramik di dalamnya.

Walaupun tempat ini tergolong agak tersembunyi, namun perjuangan kalian akan langsung terbayar ketika kalian mencicipi kelezatan dan kesegaran dari selat solo mbak Lies ini.

Harga yang ditawarkannya pun terbilang cukup untuk kantong para pekerja. Dengan memesan 1 porsi selat solo mbak Lies ini, kalian akan dikenakan biaya sekitar Rp 28.000.

Eits tunggu dulu, harga ini sepadan loh dengan apa yang akan kamu dapatkan nantinya.

Dalam satu porsi selat solo ini kalian akan mendapatkan potongan daging sapi yang telah dimasak bumbu semur, telur rebus, galantine, kentang goreng, buncir rebus, wortel rebus, daun selada acar mentimun serta irisan bawang merah.

Tidak sampai disitu saja, kalian jug akan mendapatkan kuah segar dengan mustard yang etrbuat dari cuka serta campuran kuning telur.

3 dari 5 halaman

Timlo Sastro

 Deretan Sajian Kuliner Khas Kota Solo, Murah dan Lezat!

(Foto: Instagram @waosansurakarta)

 

Apakah kalian tahu dengan masakan timlo? Jika belum, timlo merupakan salah satu masakan sejenis dengan sup berkaldu bening yang disajikan dengan suwiran daging ayam.

Tidak hanya berisi suwiran daging ayam saja, timlo juga berisikan hati ampela, sosis solo serta potongan telur pindang. Di Kota Solo sendiri sebenarnya ada cukup banyak penjual timlo yang bisa kalian temukan.

Meskipun begitu, terdapat satu tempat makan yang menjual timlo yang sangat populer yaitu Timlo Sastro.

Timlo Sastro berada di Jalan Kapten Mulyadi No.8, belakang Pasar Gedhe, Solo. Pada umumnya, warga Kota Solo sendiri censerung menyebut Timlo Sastro sebagai Timlo Mbalong.

Lokasi Pasar Gedhe itu sendiri berada di Kampung Balong. Untuk satu porsinya, kalian cukup emmbayarnya sebesar Rp 20.000 dan kalian sudah bisa mencicipi satu porsi timlo komplit.

Timlo Sastro ini buka mulai pukul 06.00 hingga pukul 15.30 sore. Bagi kalian yang akan kesini, bersiap untuk mengantri ya sebab setiap harinya tempat makan ini akan diburu oleh masyarakat.

4 dari 5 halaman

Pecel Solo

 Deretan Sajian Kuliner Khas Kota Solo, Murah dan Lezat!

(Foto: Instagram @zavirza)

 

Salah satu tujuan utama pada saat berkunjung ke Kota Solo adalah untuk bisa mencicipi nikmatnya pecel solo ini. Sesuai dengan namanya, menu andalan dari warung pecel ini adalah Pecel Ndeso.

Dalam satu porsi Pecel Ndeso, kalian akan menikmati perpaduan antara nasi merah, daun pepaya, daun bayam, jantung pisang, daun kenikir, kembang turi dengan disiram oleh bumbu kacang yang sangat khas.

Bumbu kacang ini sendiri memiliki cita rasa yang asin, manis, gurih serta pedas.

Warung Pecel ini berlokasi di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen, Solo. Untuk satu porsinya, kalian hanya harus membayar sekitar Rp 10..000 hingga Rp 20.000 saja.

Perbedaan harga tersebut tergantung dengan pilihan lauk yang kalian pilih nantinya. Warung Pecel ini buka dalam 2 kali sehari yaitu pukul 08.00 – 16.00 serta pukul 18.00 – 22.00.

Tidak perlu khawatir mengenai minumannya, Warung Pecel ini juga menyediakan berbagai minuman tradisional yang pas untuk disandingkan dengan sajian utama Pecel Ndeso.  

5 dari 5 halaman

Serabi Notosuman

 Deretan Sajian Kuliner Khas Kota Solo, Murah dan Lezat!

(Foto: Instagram @webee)

 

Telah berdiri sejak tahun 1923, Serabi Notosuman telah dikenal sebagai salah satu sajian kuliner khas Kota Solo yang legendaris.

Walaupun telah ada sejak puluhan tahun yang lalu, keberadaan Serabi Notosuman ini cukup populer loh dikalangan para wisatawan. Bahkan, tidak jarang kalian akan mendapati kedai Serabi Notosuman ini penuh dengan para pengunjung.

Serabi Notosuman ini memiliki dua varian rasa yaitu polos dan rasa coklat. Terbuat dari adonan tepung beras dan santan membuat cita rasa dari Serabi Notosuman ini tidak bisa untuk dikalahkan.

Serabi Notosuman berlokasi di Jalan Mohammad Yamin No. 28, Solo. Untuk satu kotak yang terdiri dari 10 buah serabi, kalian akan membayar sebesar Rp 20.000 untuk varian rasa polos dan Rp 25.000 untuk varian rasa coklat.
  
 
(ism, Sumber: Traveloka dan Liputan6)

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id