Deretan Makanan Pedas Korea Menantang Lidah, Sudah Coba?

Culinary | Kamis, 22 Juli 2021 19:36

Reporter : Mutia Nugraheni

Cocok untuk Sahabat Dream penggila makanan makanan pedas.

Dream – Beberapa hidangan khas Korea Selatan memiliki cita rasa yang pedas. Hal inilah yang membuat makanan asal negeri ginseng itu cukup disukai di lidah Indonesia, karena sama-sama penyuka pedas.

Bagi Sahabat Dream yang suka menantang lidah dengan menu-menu Korea yang pedas, harus mencoba hidangan berikut ini. Saat pandemi, kita memang tak bisa langsung ke Korea untuk mencicipinya.

Tak perlu khawatir, di dalam negeri banyak resto dan kedai yang menyajikan beragam hidangan Korea. Menu berikut bisa jadi pilihan utama jika kamu termasuk penggila makanan pedas.

1. Buldak

 Buldak
© Shutterstock

Merupakan ayam goreng tepung khas Korea dengan saos barbekyu gurih lalu dilumuri saus cabai super pedas di atasnya. Biasanya jadi santapan camilan saat berkumpul bersama teman atau kerabat. Buldak sering dikombinasikan dengan minuman dingin. Kombinasi keduanya memiliki sebutan tersendiri di Korea, yaitu Chimaek.

2. Tteokbokki
Camilan ini sudah cukup poupuler di Indonesia. Terbuat dari tepung beras, dan dimasak dengan bumbu gochujang, bumbu yang menyatukan rasa manis dan pedas. Perpaduan pedas manis ini yang bakal bikin kamu ketagihan.

 

 

Deretan Makanan Pedas Korea Menantang Lidah, Sudah Coba?
Nakji Bokkeum/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

3. Abiko Curry

 Abiko Curry
© Shutterstock

Menu satu ini merupakan 'perkawinan' Korea dan Jepang. Berupa mi tebal dengan kuah kari yang bisa membuat lidah membara tapi sangat nikmat.

4. Nakji Bokkeum
Berupa olahan gurita goreng yang ditumis dengan cabai merah, juga cocok untuk kamu pecinta pedas. Nakji biasanya disajikan dengan nasi dan minyak wijen yang bisa meredakan pedas.

 

3 dari 6 halaman

5. Jjamppong

 Resep Jjampong, Mi Kuah Pedas Seafood ala Korea
© MEN


Menu ini berupa mi dengan saus cokelat kaya bumbu yang direbus kaldu. Perpaduan kaldu Korea, Cina, Vietnam, dan India. Citarasanya sangat pedas.

6. Maeun Galbijjim

 Resep Semur Iga 'Galbi Jjim' Khas Korea, Bikin Nagih!
© MEN


Merupakan olahan iga sapi yang disajikan dengan saus manis dan gurih. Ada juga restoran yang menyajikan iga dengan saus pedas. Saking pedasnya, satu gigitan saja mampu membuat lidah terbakar.


Laporan : Delfina Rahmadhani/ Sumber Lotteplaza

4 dari 6 halaman

5 Banchan Populer, Makanan Pendamping Khas Korea Selatan

Dream - Bagi Sahabat Dream penyuka hidangan Korea, mungkin sudah familiar dengan banchan. Merupakan makanan pendamping yang biasanya disajikan di samping makanan utama dan nasi.

Banchan ini jenisnya cukup banyak dan disajikan dalam piring kecil. Untuk variannya, tergantung dari kebiasaan dan kultur daerah yang menyajikan. Biasanya, tiap daerah di Korea Selatan memiliki hidangan banchan yang khas.

Ada lima banchan yang cukup umum. Mungkin bisa jadi panduan saat kamu menikmati hidangan Korea yang lengkap.

Kimchi

 Ini 10 Manfaat Kimchi bagi Kesehatan
© MEN

Merupakan sayuran yang difermentasi, biasanya berupa daun selada, kol, sawi atau sayuran berdaun hijau lainnya. Sayuran dicampur dengan bubuk cabai merah, bawang putih, dan ikan asin

Didiamkan selama beberapa hari hingga terjadi fermentasi. Dalam penyajiannya, banchan kimchi akan disajikan dalam piring kecil.

 

5 dari 6 halaman

Sukju Namul (Tauge Bumbu)

 Sukju Namul
© Shutterstock

Tauge adalah salah satu banchan yang menyegarkan. Tauge panjang dan agak berserabut jadi favorit saat musim panas di Korsel. Tauge segar, dicampur dengan bawang putih yang dihaluskan, kecap asin, minyak wijen dan bubuk cabai Korea serta garam.

Yeongeun jorim (Akar Teratai)

 Yeongeun jorim
© Yeongeun jorim

Merupakan akar teratai yang dipotong tipis kemudian direbus. Diolah dengan jahe lalu ditumis dengan paprika dan jamur, dengan sedikit gula. Rasanya merupakan perpaduan gurih dan manis. Untuk memperkaya rasa biasanya ditaburi dengan biji wijen. Orang Korea kerap memakannya dengan nasi putih hangat.

 

6 dari 6 halaman

Mu Saengchae (Salad Lobak Pedas)

 Mu Saengchae
© Shutterstock

Lobak Korea umumnya akan muncul di meja dalam beberapa bentuk. Ada yang dipotong dadu, diparut, diiris tipis atau seperti mi yang sikenal dengan Mu Saengchae. Variasi ini sekaligus renyah namun tetap mengenyangkan meski tidak melalui proses fermentasi seperti kimchi tradisional. Banchan ini paling cocok dengan hidangan daging atau bibimbap

Myulchi Bokkeum (Teri Tumis)

 Myulchi Bokkeum
© Myulchi Bokkeum

Aromanya agak sedikit amis, teksturnya renyah, dan perpaduan rasanya asin dengan sedikit manis. Merupakan ikan teri yang diolah dengan bumbu khas. Teri kering digoreng dengan kecap, sirup beras, dan minyak wijen, dengan tambahan kacang untuk menambah kerenyahan. Bisa dimakan dengan nasi atau dijadikan camilan sebelum menu utama dihidangkan.

Sumber: Kimchimari

Join Dream.co.id