Deretan Kedai Sushi di Jakarta yang Harganya Terjangkau

Culinary | Senin, 19 Agustus 2019 08:36
Deretan Kedai Sushi di Jakarta yang Harganya Terjangkau

Reporter :

Meski dibanderol dengan harga yang tergolong murah, namun deretan sushi di Jakarta ini mempunyai cita rasa juara.

Dream - Mau makan sushi di saat tanggal tua? Tak masalah! Sushi tak selalu identik dengan harga yang mahal. Kini mulai banyak bermunculan kedai yang menyajikan menu sushi dengan harga yang sangat terjangkau.

Meski dibanderol dengan harga yang tergolong murah, namun deretan sushi di Jakarta ini mempunyai cita rasa, kesegaran dan kualitas sushi yang terjaga. Patut diacungi jempol dan bahkan mampu bersaing dengan sushi mewah lainnya.

Untuk dapat menikmati aneka sushi murah di Jakarta ini, kamu bisa coba mampir ke beberapa restoran Jepang yang berada di kawasan seperti Pantai Indah Kapuk, Tebet dan Thamrin. Tengok saja rekomendasi kedai sushi murah di Jakarta, rekomendasi dari PergiKuliner berikut.

2 dari 7 halaman

Sushi Mentai

 Sushi Mentai

Lokasinya ada di Metro PIK Ruko Galery, Jl. Pantai Indah Utara II, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara. Harga sushi mulai dari Rp10 ribu saja. Ada salmon mentai dengan salmon yang sangat segar. Pilihan lainnya ada Unagi dan Ebi Mentai yang bahannya juga sangat terjaga kualitasnya.

3 dari 7 halaman

Sushi Phe

 Sushi Phe

Kedainya ada di Ruko Elang Laut, Blok D No. 63, Jl. Pantai Indah Selatan I, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara. Salmon sashimi dijual per slice seharga Rp10 ribu. Murah, kan? Ada juga menu Enoki Tempura dan sushi roll dengan beragam isian.

4 dari 7 halaman

Sushi Ya

 Sushi Ya

Lokasinya di TIS Square Jl. MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan. Harganya sangat terjangkau dengan banyak pilihan. Ada menu yang wajib dicoba antara lain Godzilla, yang merupakan kombinasi salmon dan spicy mayo. Ada juga sushi Kyoto dan Geisha.

Lihat rekomendasi tempat makan lainnya di sini.

5 dari 7 halaman

Kimbap dan Sushi, Serupa tapi Tak Sama

Dream - Sekilas hindangan kimbap ala Korea dan sushi ala Jepang terlihat sangat mirip. Makanan ini berupa nasi pulen yang digulung dengan isian beragam lalu dibalut dengan rumput laut kering atau nori.

Meski penampakannya sama, tapi dua menu ini memiliki rasa yang sangat berbeda. Dikutip dari NDTV, Kimbap atau Gimbap adalah makanan khas Korea. 'Gim' sendiri berarti adalah lembaran rumput laut dan 'bap' mengacu pada nasi yang dimasak.

 Kimbap dan Sushi, Serupa Tapi Tak Sama  Dream - Dilihat sekilas, kimbap ala Kor

Hidangan ini sering dinikmati sebagai makan siang ringan bersama dengan danmuji (lobak acar kuning) dan Kimchi dan merupakan makanan yang populer di Korea.

 

 

6 dari 7 halaman

Perbedaan Sushi dan Kimbap

Kimbap dan Sushi berbeda dalam hal penggunaan beras dan isinya. Pada sushi Jepang, nasi dibumbui dengan cuka sedangkan dalam Kimbap dicampur dengan minyak wijen dan rasanya sedikit lebih manis.

 Amankah Konsumsi Sushi?

Untuk isian, sushi biasanya menggunakan ikan mentah. Sementara Kimbap, isinya berupa makanan yang dimasak atau diawetkan.

" Isi untuk Kimbap bisa berupa keju, cumi-cumi, danmuji (lobak acar kuning), daging ham dan kepiting hingga potongan telur, bayam, wortel, akar burdock , mentimun dan tuna kalengan," kata chef Manoj Rawat, sous Chef di hotel Le Meridien.

7 dari 7 halaman

Beras Pada Kimbap Lebih Variatif

Beras yang digunakan dalam Kimbap juga bervariasi. Bukan hanya beras putih, Kimbap juga bisa berasal dari beras merah atau beras hitam.

Dalam membuat kimbap rumput laut terlebih dulu dipanggang di atas api kecil. Sayurannya, bisa berupa tumisan yang dibumbui dengan garam. Untuk menggulungnya, tidak jauh berbeda dengan sushi, yaitu menggunakan gulungan khusus.

 Kimbap

Untuk ukuran, Kimbap cenderung lebih besar daripada sushi. Isiannya juga lebih banyak. Menu ini merupakan sajian favorit warga Korea jika melakukan perjalanan dan ingin mengonsumsi makanan praktis dan sehat.

(Sah, Laporan: Tri Yuniwati)

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id