Curhat Pemilik Resto Indonesia di AS, Menunya Dianggap Tak Layak Mahal

Culinary | Sabtu, 18 September 2021 16:00

Reporter : Mutia Nugraheni

"Saya tahu nilai makanan Indonesia, bahan-bahannya, kelangkaannya dan karena itu kami tidak akan meremehkan makanan tradisional kami".

Dream – Hidangan Indonesia dikenal di mancanegara karena kekayaan rempah otentiknya. Banyak sekali ragam bumbu dan teknik memasak khas Tanah Air, yang membuat rasa masakan Indonesia begitu kaya.

Merupakan kebanggaan tersendiri jika masakan Indonesia diterima dengan baik oleh lidah warga negara lain. Sayangnya, oleh beberapa orang keotentikan hidangan Indonesia tersebut kurang dihargai.

Seperti pengalaman salah satu restoran Indonesia di Amerika Serikat, Hardena Philly yang berlokasi di Philadelphia.Tempat makan ini juga dikenal dengan sebutan Waroeng Surabaya.

Rupanya beberapa waktu lalu ada insiden yang kurang menyenangkan di restoran tersebut. Salah satu pengunjung yang datang rupanya komplain karena harga makanan di restoran tersebut terlalu mahal.

 Hardena Philly© Hardena Philly

" Kami berada di situasi yang sangat mengecewakan kemarin dengan seorang pelanggan yang bertengkar dengan kami tentang harga, dan saya menjelaskan bahwa kami mengimpor banyak bahan kami dari Indonesia dan belum lagi semuanya sejak pandemi naik harga, ditambah protein halal tidak murah," tulis keterangan di Instagram @hardenaphilly.

 

Curhat Pemilik Resto Indonesia di AS, Menunya Dianggap Tak Layak Mahal
Instagram @hardenaphilly
2 dari 3 halaman

Selama ini, di Amerika Serikat, hidangan atau jajanan dari Asia memang identik dengan harga yang murah. Hal ini membuat banyak orang menganggap semua makanan dari Asia juga harus murah.

" Menganggap bahwa semua makanan Asia " murah" dan tidak layak untuk dibayar mahal dan jujur itu menghina. Saya tahu nilai makanan Indonesia, bahan-bahannya, kelangkaannya dan karena itu kami tidak akan meremehkan makanan tradisional kami karena dalam banyak aspek itu jauh lebih berharga daripada yang dipikirkan orang luar," ungkap @hardenaphilly.

 

3 dari 3 halaman

Komentar Bermunculan

Dalam unggahannya @hardenaphilly juga menunjukkan bahan masakan yang dikirim langsung dari Indonesia demi menjaga kualitas rasa. Bahan tersebut berupa jengkol, dan jeruk limau yang tak ada di Amerika Serikat.

Komentar pun bermunculan memberi dukungan pada @hardenaphilly. Seperti komentar salah satu warganet “ Apa?! Harga anda bagus untuk kualitas yang ditawarkan. Bekerja di industri restoran selama cukup berat. Kamu melakukannya dengan baik" .

Lalu warganet lainnya menulis “ Saya tidak percaya itu. Orang-orang telah kehilangan akal. Makanan anda luar biasa dan murah! Sebagai orang kulit putih yang mencoba meniru masakan tersebut di rumah, tidak murah untuk membeli bahan-bahan tersebut, serta ada banyak tenaga yang membuat hidangan itu" .

Laporan: Elyzabeth Yulivia


Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Join Dream.co.id