Chef Ungkap Alasan Minyak Goreng Tak Boleh Digunakan Lebih dari 3 Kali

Culinary | Senin, 27 Juni 2022 07:35

Reporter : Mutia Nugraheni

Bila minyak dipakai berulang kali, maka kandungan lemak jenuhnya pun akan semakin tinggi.

Dream - Harga minyak goreng sempat meroket tinggi dan hal tersebut membuat minyak dipakai berulang kali. Warna minyak bahkan sampai menghitam dan beraroma pekat.

Kebiasaan tersebut sebenarnya sangat membahayakan bagi kesehatan. Chef Ken, juara 3 Master Chef Indonesia, lewat akun Instagramnya @thebiggerchef, memaparkan beberapa alasan jangan menggunakan minyak goreng lebih dari tiga kali.

" Minyak yang berkali-kali digunakan akan menyebabkan munculnya oksidasi dan terbentuknya polimer seperti akrilamida yang bersifat karsinogenik atau pencetus kanker," ungkapnya.

Ia juga mengingatkan bila minyak dipakai berulang kali, maka kandungan lemak jenuhnya pun akan semakin tinggi. Efeknya adalah menghasilkan sel-sel penyakit degeneratif.

 

Chef Ungkap Alasan Minyak Goreng Tak Boleh Digunakan Lebih dari 3 Kali
Minyak Goreng/ Foto: Shutterstock
2 dari 4 halaman

Maksimal 3 Kali Pemakaian Berulang

" Oleh sebab itu, jangan gunakan minyak yang telah mengandung asam lemak bebas lebih dari 2% atau dianjurkan cukup 3 kali pemakaian," tulisnya.

 Siap-Siap Nasi Padang Lebih Mahal Jika Harga Minyak Goreng Curah Naik© © MEN

Chef Ken memberika trik untuk mengenali tanda saat minyak goreng sudah tak layak pakai. Antara lain warnanya sudah semakin gelap, teksturnya juga mengental dan aromanya jadi sangat menyengat.

" Meski begitu jika sekali pemakaian sudah terlihat tak layak, maka sebaiknya minyak tetap diganti dengan yang baru, ya," pesannya.

3 dari 4 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

4 dari 4 halaman

Disuruh Istri Beli 2 Liter, Suami Malah Bawa Minyak Goreng 'Segede Gaban'

Dream - Kelangkaan minyak goreng di pasaran cukup membuat masyarakat kesusahan mencarinya. Berbagai cara dilakukan mulai dari membeli secara online, hingga mengantre berjam-jam dilakoni demi mendapatkan minyak goreng.

Bahkan ada juga yang tertipu karena tergiur harga murah. Namun kali ini ada aksi seorang suami yang justru membuat netizen memujinya karena membeli minyak goreng taks esuai dengan permintaan sang istri.

Dalam video yang diunggah akun instagram @viralkak, pria tersebut membawa satu dus berisi satu kantong minyak goreng dalam ukuran besar.

Ternyata minyak tersebut bukan berisi 2 liter malinkan 18 linter.

 minyak© instagram


" Disuruh beli 2 liter malah beli 18 liter," begitu yang tertera dalam video tersebut.

Hal ini mengundang beragam reaksi netizen, ada yang memuji sikap dari sang suami ada juga yang salfok melihat warna dari minyak tak bermerek itu.

" Ini nama nya suami yang peka," kata akun muhammad_abdillah_arif.

" DEFINISI DIKASIH JANTUNG MALAH MINTA HATI," ujar akun rusdi_zidan.

" palsu gk itu?gk ada merknya," sahut akun budeh.tami.

" Minyak oplosan solar yg kaya di tv, ati2 tuh ga ada merk nya," tulis akun laurensliany.

Join Dream.co.id