Cerita Tempura yang Ternyata Bukan Asli dari Jepang

Culinary | Senin, 22 April 2019 14:00
Cerita Tempura yang Ternyata Bukan Asli dari Jepang

Reporter :

Penasaran dari mana tempura?

Dream - Bagi Sahabat Dream yang suka makan di restoran Jepang, pasti akrab dengan menu tempura. Berupa gorengan udang, ikan atau sayuran yang berlumur tepung garing kaya bumbu.

Mungkin kamu mengira kalau menu gorengan ini berasal dari Jepang. Tapi kenyataannya tak demikian.

Tempura ternyata berasal dari Portugis yang telah diadopsi dan dipopulerkan masyarakat Jepang.

Dikutip dari NDTV, tempura' berasal dari kata Latin " tempora" yang berarti 'The Ember Days' yaitu ketika umat Katolik menahan diri untuk tidak mengonsumsi daging. Sebagian besar warga Portugis adalah penganut Katolik.

Warga mengolah gorengan tempora agar menghasilkan lauk yang nikmat meski tak mengonsumsi daging. Rupanya menu ini menyebar ke Jepang dan menjadi sangat populer dengan sebutan tempura.

Jenis tempura yang paling disukai di Jepang adalah udang tempura. Ikan, cumi-cumi serta sayuran seperti paprika, brokoli, wortel, dan jamur juga bisa dijadikan olahan tempuran lezat. Bagi vegetarian biasanya hanya mengonsumsi tempura sayur atau Yasai tempura.

Kunci dari kelezatan tempura adalah adonan tepung dan ketepatan saat menggorengnya. Suhu minyak juga menjadi faktor penting untuk mendapatkan hasil gorengan yang garing sempurna.

Banyak yang menganggap tempura adalah gorengan sederhana. Padahal, dalam mengolahnya dibutuhkan pengetahuan memasak dan keterampilan khusus.

(Sah, Laporan Tri Yuniwati)

Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida
Join Dream.co.id