Cemilan Khas Selandia Baru, Coba Bikin Sendiri Yuk!

Culinary | Jumat, 22 Oktober 2021 10:35

Reporter :

Segera manjakan lidah dengan resep berikut.

Dream - Masa pandemi menyadarkan banyak orang untuk hidup yang lebih sehat. Kesehatan pun jadi prioritas utama kita dalam kondisi pandemi.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi asupan kaya gizi dan berkualitas. Sahabat Dream yang sangat mementingkan gizi mungkin bisa melirik produk pangan dari Selandia Baru. 

“ Kampanye Made with Care (Dengan Sepenuh Hati) ini menggaris bawahi komitmen para produsen makanan di Selandia Baru dalam mengolah dan menghasilkan makanan yang aman, lezat, bermutu premium, bernutrisi tinggi, serta etis untuk lingkungan,” ujar Diana Permana, Trade Commissioner for New Zealand Trade and Enterprise, di Jakarta, 21 Oktober 2021. 

Produk pangan dari Selandia Baru, antara lain madu manuka, kiwi, keju dan masih banyak lagi. Untuk mengolahnya pun bisa dibuat versi Indonesia. Jika ingin membuat camilan khas Selandia Baru juga bisa mengintip resep berikut.

 

Cemilan Khas Selandia Baru, Coba Bikin Sendiri Yuk!
Creamy Kiwi Lamington/ Foto: Shania Suha Marwan
2 dari 3 halaman

Creamy Kiwi Lamington

Bahan-bahan:

- Unsalted Anchor butter Sugar 400 gr

- 1 sdm bubuk vanila

- 1 kg telur

- 1 kg terigu

- Baking powder

- 1 liter susu UHT

- 100 gramBubuk coklat

- Selai kiwi

- 6 kiwi

- 1 liter Tatua mascarpone cheese

 

Cara membuat:

* Sponge cake

- Preheat oven hingga 180°C

- Saringan tepung dan baking powder bersamaan

- Oleskan Loyang berukuran 20 x 30 cm, lapisi dengan baking/parchment paper, pastikan ada sisaan agar mudah diangkat nantinya

- Campurkan butter, gula, dan vanilla menggunakan mixer dengan kecepatan medium hingga enteng dan mengembang sekitar 1,5 hingga 2 menit

- Masukkan telur satu per satu, kocok hingga adonan halus dan tidak menggumpal

- Tambahkan setengah tepung dan dengan perlahan aduk, lalu masukkan setengah susunya. Ulang lagi dengan sisa tepung dan susu.

- Tuang adonan ke dalam Loyang dan panggang selama 25 menit, lalu coba colok dengan tusukan kayu hingga tusukannya bersih yang artinya sudah matang. Diamkan selama 5 menit lalu angkat sisi kertasnya untuk mengangkat seluruh kue, letakkan di atas jarring kawat hingga benar-benar dingin.

- Potong kotak-kotak sesuai selera, lalu bekukan selama 1 hingga 1,5 jam Belah menjadi dua bagian

 

3 dari 3 halaman

* Icing

-  Oleskan selai kiwi di sisi dalam kue yang telah dibelah dua Tambahkan irisan kiwi sesuai selera

* Coating

- Taruh kelapa parut di dalam mangkuk cetek atau piring dengan permukaan luas Letakkan sepotong kue ke dalam ganache coklat dan gulingkan menggunakan 2 garpu, lalu gulingkan ke dalam wadah kelapa

- Tutup bagian atas dengan Tatua mascarpone sesuai selera

- Diamkan selama 1 hingga 2 jam, lalu hidangkan dengan teh atau kopi!

Join Dream.co.id