Cara Tepat Menyimpan Es Krim Demi Pertahankan Tekstur dan Rasa

Culinary | Kamis, 25 Juni 2020 10:12
Cara Tepat Menyimpan Es Krim Demi Pertahankan Tekstur dan Rasa

Reporter : Mutia Nugraheni

Bukan hanya sekadar ditaruh di freezer, ada beberapa hal yang sebaiknya kita hindari dan lakukan.

Dream - Sahabat Dream penyuka es krim? Jika iya mungkin selalu menyetok beberapa kotak es krim rumah agar bisa dinikmati kapan pun. Es krim memang camilan yang disukai banyak orang dan bisa jadi 'teman' untuk menenangkan diri.

Penting untuk menyimpan es krim dengan tepat. Bukan hanya sekadar ditaruh di freezer, ada beberapa hal yang sebaiknya kita hindari dan lakukan jika ingin mempertahankan tekstur dan rasa es krim lebih lama.

Bagaimana caranya?

- Selalu belanja es krim paling akhir
Saat belanja dan kamu juga membeli kebutuhan lain, jangan masukkan es krim pertama dalam keranjang belanja. Belilah dulu produk lain dan selalu beli es krim paling akhir. Meskipun ada dry ice yang bisa menjaga suhunya, tapi jika terlalu lama di suhu ruang akan merusak teksturnya.

 

2 dari 6 halaman

Jangan taruh es krim di pintu freezer

 Bikin Sajian Es Krim Lebih Sehat dan Unik, Yuk!© MEN

Rak di pintu freezer memang paling mudah diakses dan seringkali es krim ditaruh di bagian ini. Sebaiknya, es krim ditaruh di freezer bagian dalam dan bukan dipintu. Pasalnya saat dibuka, suhu langsung menurun drastis dan akan merusak tekstur bahkan rasa. Pintu pun cenderung dibuka berkali-kali. Hal ini lama-kelamaan membuat es krim kehilangan kesegarannya.

 

3 dari 6 halaman

Menaruh dekat makanan/ minuman beraroma menyengat

 Yuk Bikin Es Krim Mangga Hanya Pakai 3 Bahan, Sluurp!© MEN

Jangan taruh es krim di dekat makanan dan minuman yang aromanya menyengat. Aroma tersebut akan 'menular' dan membuat es krim jadi memiliki rasa serta aroma yang tak seharusnya. Jadi pastikan jauhkan es krim dan taruh dalam wadah yang tertutup rapat.

 

4 dari 6 halaman

Wadah tak ditutup rapat

Kemasan es krim memiliki tutup yang keras dan sulit dibuka, bukan tanpa alasan. Tutup tersebut agar es krim di dalamnya tak mudah leleh dan rasanya tak berubah. Setelah makan es krim, pastikan juga menutupnya dengan rapat. Tutup yang tidak rapat akan membuat es krim ditumbuhi bunga es berlebihan yang akan merusak rasanya.

Sumber: Food Insider

5 dari 6 halaman

Uniknya Sajian Es Krim Jamu Sehat dan Memanjakan Lidah

Dream - Apa yang ada di pikiran Sahabat Dream jika mendengar kata jamu? Mungkin minuman tradisional dengan cita rasa pahit, tidak enak dan minuman orangtua. Selama ini jamu memang dipandang sebelah mata.

 Uniknya Sajian Es Krim Jamu Sehat dan Memanjakan Lidah© Dream

Jamu memang kalah pamor dengan minuman kekinian seperti boba atau kopi susu. Faktanya saat pandemi, jamu justru paling dicari. Khasiat jamu dipercaya bisa menjaga vitalitas dan imunitas tubuh agar tak mudah terserang virus seperti Covid-19.

Sebenarnya jamu bisa dikreasikan jadi minuman kekinian yang bisa memanjakan lidah. Tengok saja sajian jamu di Acaraki, sebuah kedai jamu kekinian yang mengemas jamu dengan sangat modern.

 Acaraki© Instagram

(Foto: Instagram Acaraki)

" Kami di Acaraki memang ingin membuat jamu lebih ke arah gaya hidup atau lifestyle. Jamu diracik di depan pelanggan yang datang agar bisa melihatnya langsung dan mencium aromanya. Seperti di kedai kopi," kata Jony Yuwono, pemilik Acaraki, dalam acara Live Instagram bersama Dream, Selasa 9 Juni 2020.

 

6 dari 6 halaman

Jamu Kekinian

Ada beragam jamu khas Indonesia di kafe yang memiliki cabang di Kemang dan Kota Tua ini. Salah satu menu yang cukup unik adalah Bereskrim, perpaduan es krim dengan jamu beras kencur. Sangat cocok bagi kamu penyuka es krim dan ingin camilan yang sehat di siang hari.

" Ada juga Golden Sparkling, campuran jamu serbuk kunyit dan jahe yang sudah digerus. Lalu ditambahkan soda dan simple syrup. Minuman ini paling banyak disukai," kata Jony.

 Jamu acaraki© Instagram

Menu utama di Acaraki antara lain Kunyit Asam, Beras Kencur dan Jahe. Nah, Sahabat Dream bisa menemukan jamu-jamu tersebut dengan sajian yang tak biasa. Bukan hanya menyehatkan tapi juga memanjakan lidah dan mata.

Kamu juga bisa melihat aksi para barista mengolah jamu dengan modern langsung di depan mata. Kedai Acaraki kini sudah buka dan menerapkan protokol kesehatan. Jika penasaran ingin minum jamu kekinian, datang saja langsung!

 

Terkait
Join Dream.co.id