Cara Menyimpan Beras Biar Tak Berkutu, Perhatikan Suhunya

Culinary | Senin, 20 Juni 2022 06:00

Reporter : Mutia Nugraheni

Telur kutu pada dasarnya sudah ada ketika beras masih berupa padi.

Dream - Beras pastinya selalu kita stok di rumah karena merupakan makanan pokok. Biasanya, jumlah beras yang kita simpan, jumlahnya cukup banyak apalagi jika anggota keluarga cukup banyak.

Satu hal yang paling menyebalkan dalam penyimpanan beras, muncul banyak kutu. Awalnya saat dibeli, beras tampak bersih, tapi setelah disimpan selama beberapa waktu muncul kukut-kutu yang menganggu.

Rupanya, cara penyimpanan beras yang keliru bisa menyebabkan bahan pangan ini dihinggapi kutu. Dikutip dari KlikDokter, menurut Singapore Food Agency, telur kutu pada dasarnya sudah ada ketika beras masih berupa padi.

Hanya saja, keberadaan kutu semakin jelas ketika padi sudah diolah menjadi beras. Meski tidak berbahaya bagi kesehatan, kutu bisa menyebabkan beras berlubang dan lembap.

Menurut studi yang dimuat Journal Environmental Entomology, beras yang lembap berpotensi ditumbuhi oleh jamur. Mikroorganisme ini bisa menghasilkan racun yang membahayakan kesehatan, seperti meningkatkan risiko kanker hati.

 

Cara Menyimpan Beras Biar Tak Berkutu, Perhatikan Suhunya
Beras/ Foto: Shutterstock
2 dari 4 halaman

Untuk itu, penting bagi Sahabat Dream mengetahui cara menyimpan beras dengan tepat agar bebas dari kutu. Perhatikan hal-hal berikut ini.

 Beras© Shutterstock

1. Simpan dalam Wadah yang Bersih

Beras bisa bertahan hingga dua tahun lamanya. Asalkan, beras disimpan dengan baik di dalam wadah khusus. Beras sebaiknya disimpan di dalam wadah yang tertutup rapat. Wadah bisa berbahan logam, kaca, ataupun plastik tebal dan berat.

Sebelum memasukkan beras ke dalam wadah, pastikan setiap sudut wadah sudah benar-benar bersih dari kutu atau serangga. Bila perlu, cuci wadah penyimpanan beras terlebih dahulu agar tingkat kebersihannya semakin terjaga. Wadah juga perlu dicuci dan dikeringkan ketika beras sudah habis. Hal ini dilakukan sebelum wadah diisi kembali dengan beras.

2. Pastikan Kebersihan di Sekitar Wadah
Cara menyimpan beras supaya bebas kutu berikutnya adalah dengan menjaga kebersihan secara menyeluruh. Artinya, tidak hanya kebersihan wadah beras saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga kebersihan area di sekitarnya.

Jika kamu meletakkan wadah beras berdekatan dengan wadah makanan kering lainnya, pastikan tempat penyimpanan tersebut bersih. Hal lain yang perlu kamu bersihkan adalah celah dan sudut lemari. Pastikan area di sekitar wadah beras bersih dari kotoran. Soalnya, area yang kotor bisa mengundang kehadiran kutu beras.

 

3 dari 4 halaman

3. Simpan Beras Secukupnya
Menyimpan beras dalam jumlah banyak sah-sah saja. Perlu dicatat, bila tidak yakin sanggup menjaga kebersihan beras dalam waktu lama, lebih baik simpan beras secukupnya sesuai kebutuhan.

Menurut Singapore Food Agency, cara menyimpan beras dalam karung agar tidak berkutu adalah dengan membukanya hanya ketika digunakan. Jika membeli lima karung beras, buka satu karung terlebih dahulu hingga beras habis digunakan. Setelah karung pertama habis, barulah buka karung berikutnya. Hindari membuka lima karung dalam waktu bersamaan, karena berpotensi dihinggapi kutu.

 Beras© Shutterstock

4. Simpan pada Suhu yang Tepat
Untuk membuat beras agar awet dan tidak berkutu adalah dengan menyimpannya pada suhu yang tepat. Berdasarkan penelitian Utah State University, suhu yang tepat untuk menyimpan beras adalah 4 derajat celcius atau kurang. Bahkan, beras dengan wadah kedap udara dan disimpan dalam suhu lebih dingin bisa bertahan hingga 30 tahun lamanya. Karena itu, beras sebaiknya disimpan di dalam kulkas atau ruangan bersuhu dingin.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

4 dari 4 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

Join Dream.co.id