Berbagai Cara Memasak Sayur Pare Agar Tidak Pahit dan Getir, Mudah & Anti Gagal

Culinary | Kamis, 5 September 2019 11:48
Berbagai Cara Memasak Sayur Pare Agar Tidak Pahit dan Getir, Mudah & Anti Gagal

Reporter : Sugiono

Berikut ini adalah berbagai cara memasak sayur pare agar tidak pahit dan getir, lebih mudah dan anti gagal.

Dream - Pare adalah salah satu tumbuhan merambat yang mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia.

Namun, meski melimpah di Indonesia, pare kurang diminati masyarakat untuk dimasak jadi sayur yang enak.

Masalahnya, sebagian besar orang mungkin akan menghindari makan sayur pare karena rasanya yang pahit.

Padahal, sayur pare merupakan sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik.

Di dalam sayur pare juga terkandung mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan seng.

Salah satu khasiat dari sayur pare bahkan bisa mengobati diabetes dan melancarkan saluran pencernaan.

Melihat khasiatnya tersebut, maka sayang jika tidak memasak sayur pare hanya karena rasanya yang pahit dan getir.

Sebenarnya, ada berbagai cara memasak sayur pare agar tidak pahit dan getir, lebih mudah dan anti gagal.

Dengan cara tertentu, Sahabat Dream bahkan bisa memasak sayur pare dengan mudah tanpa takut pahit dan getir saat disantap.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah berbagai cara memasak sayur pare agar tidak pahit dan getir, lebih mudah dan anti gagal.

Berbagai Cara Memasak Sayur Pare Agar Tidak Pahit dan Getir, Lebih Mudah dan Anti Gagal

1. Memilih pare

Sebagai langkah awal dari cara memasak sayur pare yang benar adalah memilih pare itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menerapkan tips berikut saat memilih pare untuk dimasak:

Pilih pare yang berukuran sedang

Perlu diketahui bahwa semakin besar ukuran pare, semakin pahit dan getir rasanya. Karena itu, kamu sebaiknya memilih pare yang berukuran sedang atau kecil.

Pilih pare yang berwarna hijau tua

Selain ukurannya, warna pare juga memengaruhi rasa pahit dan getirnya sayur pare saat dimasak. Untuk itu, pilih pare dengan permukaan kulit yang memiliki warna hijau tua. Pare yang warnanya cenderung muda sudah hampir matang atau tua. Pare yang matang justru rasanya pahit dan getir.

2 dari 8 halaman

2. Meremas pare bersama garam

Langkah selanjutnya dari cara memasak sayur pare adalah meremas-remasnya dengan garam. Teknik ini adalah salah satu cara memasak sayur pare agar tidak pahit. Caranya mudah, belah pare menjadi dua bagian, kemudian buang bijinya berikut selaput putih yang menempel pada daging buahnya.

Setelah itu, iris-iris tipis daging buah pare, kemudian taburi garam. Remas-remas irisan daging buah pare bersama garam sampai layu. Setelah dibilas dengan air mengalir dan ditiriskan, kamu bisa memasak sayur pare sesuai selera.

3 dari 8 halaman

3. Meremas pare bersama gula pasir

Cara memasak sayur pare agar tidak pahit selanjutnya adalah meremas-remasnya dengan gula pasir. Tekniknya sama dengan garam. Gula pasir berguna untuk menetralisir rasa pahit dan getir pada pare.

Remas-remas pare yang sudah dibuang biji dan selaputnya. Kemudian iris tipis dan remas-remas dengan gula pasir. Setelah diremas-remas hingga layu, pare dibilas dengan air mengalir sampai sisa gula hilang. Tiriskan, kemudian masak pare sesuai keinginan.

4 dari 8 halaman

4. Merebus pare bersama daun jambu biji

Cara menghilangkan rasa pahit pare berikutnya adalah merebusnya dengan daun jambu biji. Cara memasak sayur pare ini bahkan bisa menyamarkan rasa pahit pada pare. Karena sepatnya daun jambu akan menetralisir getir pare.

Rebus pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya dengan beberapa lembar daun jambu biji selama 5 menit. Setelah selesai, tiriskan pare dari air rebusan, kemudian bilas dengan air mengalir, dan tiriskan lagi.

5 dari 8 halaman

5. Merebus pare dengan tanah liat

Teknik ini sebenarnya sering dipakai untuk menghilangkan rasa pahit pada pepaya. Namun cara memasak sayur pare agar tidak pahit juga bisa menggunakan teknik ini.

Untuk mendapatkan tanah liat untuk memasak sayur pare, kamu bisa beli di pasar tradisional. Ambil sedikit saja, kemudian rebus bersama pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya.

Setelah 3 menit, tiriskan pare. Kemudian cuci dengan air mengalir dan tiriskan kembali. Pare pun siap diolah menjadi aneka masakan sayur yang enak dan lezat.

6 dari 8 halaman

6. Merebus pare bersama cuka, garam, dan gula

Merebus seperti membuat acar juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa pahit dari pare. Caranya, siapkan satu cangkir cuka putih yang diberi 2 sendok makan garam dan 2 sendok makan gula pasir.

Setelah itu, masukkan irisan pare yang sudah bersih dari biji dan selaput putihnya. Kemudian rebus selama 2 menit saja. Tiriskan pare dari air rebusan, kemudian cuci di air mengalir. Setelah dingin, kamu bisa memasak pare sesuai selera.

7 dari 8 halaman

7. Memasak sayur pare dengan bahan makanan asin

Salah satu cara memasak sayur pare agar tidak pahit adalah mencampurnya dengan bahan makanan yang cenderung memiliki rasa asin yang kuat. Misalnya kecap asin, ikan, atau kacang kalengan yang direndam dalam air garam.

8 dari 8 halaman

8. Memasak tumis pare dengan telur kocok

Memasak tumis pare dengan telur kocok akan menghasilkan rasa yang tidak pahit dan getir. Telur memiliki fungsi untuk menetralkan rasa yang terlalu tajam. Sangat cocok jika dipadukan dengan pare yang pahit dan getir.

Nah, demikian tadi cara memasak sayur pare agar tidak pahit dan getir yang bisa dicoba di rumah, lebih mudah dan anti gagal. Selamat mencoba.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Join Dream.co.id