Cara Masak Tempe Goreng Renyah Pakai Air Fryer

Culinary | Rabu, 20 Oktober 2021 13:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Demi hidup lebih sehat.

Dream – Seperti namanya, air fryer merupakan penggoreng udara yang dirancang untuk menggoreng makanan tanpa menggunakan minyak. Air fryer memiliki sistem kipas pengedar udara panas dengan kecepatan tinggi untuk menghasilkan lapisan renyah.

Selain diklaim lebih sehat karena tidak memerlukan minyak, alat ini semakin populer sebab sangat praktis untuk digunakan. Air fryer bisa digunakan untuk menggoreng apa saja mulai seperti daging ayam, ikan, tahu, atau tempe.

Bagi Sahabat Dream yang ingin mencoba menggunakan air fryer untuk menggoreng tempe, bisa meniru trik dari dr. Audy, yang aktif di media sosial, memberi edukasi kesehatan.

Dalam unggahan video di Instagram miliknya @abigailaudity, tempe harus direndam terlebih dahulu dengan bumbu rendaman. Bumbu ini merupakan campuran bawang putih, ketumbar, dan garam yang dihaluskan dan diberi air.

 Tempe© Instagram @abigailaudity

Jika terlalu malas untuk menghaluskannya, Sahabat Dream bisa membeli bumbu tempe goreng instan yang mudah ditemukan di warung, pasar, atau supermarket. Rendam beberapa saat hingga bumbu tersebut menyerap dengan baik.

 

Cara Masak Tempe Goreng Renyah Pakai Air Fryer
Tempe / Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Setelahnya, masukan tempe tersebut ke dalam air fryer. Pastikan setiap tempe diberi jarak agar matangnya merata. Kemudian, pilih mode fried snack yang diatur selama lima menit.

Tunggu di menit ke lima, dan balik tempenya agar kedua sisi matang dengan sempurna. Sisi berikutnya juga membutuhkan waktu lima menit di mode yang sama. Tempe pun bisa dinikmati, dijamin renyah tanpa minyak.

Jika masih belum garing, Sahabat Dream bisa menambahkan durasi memasaknya. Pastikan untuk memperhatikan durasi waktu memasak. Sebab, makanan yang dimasak dengan suhu tinggi mudah hangus bila kelebihan beberapa detik atau menit.

Untuk lebih jelas, lihat videonya.

      View this post on Instagram

A post shared by Audy Antawidjaja (@abigailaudity)

 

3 dari 5 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com! Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

© Dream
4 dari 5 halaman

Keunikan Tempe 'Unicorn' Warna-warni Bikin Penasaran

Dream – Tempe termasuk hidangan favorit masyarakat Indonesia. Makanan yang jadi salah satu sumber protein nabati ini banyak dikreasikan jadi sajian lezat. Seperti sate tempe, steak hingga keripik.

Warna tempe sangat tergantung dari bahan utamanya yaitu kedelai. Pernahkah Sahabat Dream melihat tempe warna-warni? Akun Instagram @tempehgrenada memperlihatkan keindahan tempe dalam warna yang begitu beragam.

Akun tersebut dikelola oleh Putri, orang Indonesia yang tinggal di Grenada, Karibia. Ia menyebut @tempehgrenada sebagai tempe artisan. Beragam tempe dibuatnya dengan mengandalkan bahan-bahan alami yang ada di Grenada.

Salah satu tempe yang mencuri perhatian adalah Tempe Unicorn. Merupakan tempe yang dibuat dari dengan kedelai yang diwarnai dengan bahan alami.

 Tempe Unicorn© Instagram @tempehgrenada

Warna hijau diperoleh dari daun pandan yang digunakan untuk mewarnai hijau pada kedelai. Lalu warna ungu, didapatkan dari bunga Butterfly Pea. Untuk warna kuning didapatkannya dari kuning. Warna tersebut di-infused pada kedelai untuk kemudian dibuat tempe.

Hasilnya tampak seperti tempe pelangi yang memiliki empat warna dalam satu papan. Sangat cantik!

 Tempe Grenada© Instagram @tempehgrenada

“ Warna tidak hanya indah tetapi juga membuat kita semua bahagia. Dan setiap kali kamu merasa bahagia, kamu menghasilkan endorfin yang membuat dirimu merasa positif. -Grenada Karibia,” tulis @tempehgrenada.

 

5 dari 5 halaman

Ada juga tempe yang terbuat dari campuran kedelai dan labu. Hasilnya sangat tak diduga begitu dipotong, jadi perpaduan warna yang apik. Jika kamu penasaran apakah tempe ini bisa dimakan?

 Tempe Labu© Instagram @tempehgrenada

Tentu saja bisa dimakan karena berasal dari bahan alami. Bisa ditumis, digoreng, dijadikan lasagna atau dimasak sesuai selera.

 


Laporan: Angela Irena Mihardja

© Dream
Join Dream.co.id