Cara Diet Cepat, Alami, Sehat dan Tanpa Olahraga

Culinary | Senin, 4 November 2019 13:40
Cara Diet Cepat, Alami, Sehat dan Tanpa Olahraga

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Ada berbagai macam cara diet cepat yang populer sekarang ini. Mulai dari diet yang mudah, sampai diet yang sulit. Berikut adalah beberapa cara diet cepat, alami dan tanpa olahraga yang bisa Kamu coba.

Dream- Apakah saat ini Kamu sedang dalam kondisi kelebihan berat badan atau bahkan obesitas? Atau mungkin Kamu tipe orang yang sangat ketat dalam menjaga berat badan agar tetap ideal? Kalau iya, diet adalah cara terbaik untuk menurunkan dan mengendalikan berat badan Kamu. Lalu, adakah cara diet cepat yang efektif, namun tetap alami, sehat dan tanpa berolahraga? 

Ada berbagai macam cara diet cepat yang populer sekarang ini. Mulai dari diet yang mudah, sampai diet yang sulit dan bahkan membutuhkan rekomendasi dokter atau ahli gizi.

Berikut adalah beberapa cara diet cepat, alami, sehat dan tanpa perlu berolahraga yang bisa segera kamu praktekan di rumah. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi tubuh dan rekomendasi dokter saat Kamu mulai merancang program tertentu. 

2 dari 4 halaman

Cara Diet Alami dan Cepat Tanpa Olahraga

Berat badan bisa diturunkan atau dikendalikan apabila Kamu mengetahui cara mengatur asupan nutrisi dan makanan dalam tubuh Kamu. 

Berikut adalah beberapa tips beserta cara diet alami dan cepat tanpa olahraga yang harus Kamu mengerti dan pahami.

Menentukan Target

 Diet Karbohidrat atau Lemak, Pilih Mana?Diet Karbohidrat atau Lemak, Pilih Mana? © © MEN

Tentukan target yang realistis sebelum memulai menerapkan cara diet alami dan cepat tanpa olahraga ini. Kamu bisa mulai dengan target kecil, misalnya satu kilogram seminggu sudah cukup.

Tetapkan pula target-target kecil seperti, tidak makan gorengan, tidak memakan makanan cepat saji, dan lainnya.

Mengganti Beras

 Beras Merah dan CoklatBeras Merah dan Coklat © © MEN

Salah satu cara diet alami dan cepat tanpa olaharaga adalah dengan mengganti beras putih Kamu dengan beras merah atau bahan-bahan lain yang rendah gula.

Kandungan gula dalam beras atau nasi putih yang tinggi akan mengakibatkan penumpukan lemak yang hanya akan membuat Kamu gendut.

Perbanyak Minum Air Mineral

 6 Alasan Tak Boleh Lupa Minum Air Putih6 Alasan Tak Boleh Lupa Minum Air Putih © © MEN

Air mineral sangat penting bagi tubuh. Air mineral membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk dalam tubuh, membuat kulit tampak lembut dan cerah, dan membantu meningkatkan kinerja otak.

Selain itu, air mineral juga dapat menjadi cara diet cepat dan alami dalam menurunkan berat badan Kamu. Beberapa trik yang bisa Kamu lakukan misalnya, sebelum makan minumlah satu gelas air mineral supaya perut menjadi kenyang dan porsi makanmu akan berkurang.

Perbanyak Frekuensi Makan dan Kurangi Porsinya

 porsi makanporsi makan © Pro Sehat

Banyak orang berpikir bahwa mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari akan efektif mengurangi berat badan. Pada kenyataanya, tidak seperti itu. Orang dengan porsi makan besar namun dengan frekuensi kecil, tidak akan sukses dengan cara diet seperti itu.

Kebiasaan itu malah akan menambah masalah baru. Solusinya adalah cukup mengurangi porsi makan Kamu namun tetaplah pada frekuensi yang sama atau lebih sering. Mengurangi porsi makan ini bisa menjadi salah satu opsi terbaik sebagai cara diet alami.

Konsumsi Makanan Kaya Serat

 seratserat © Hello Sehat

Cara diet alami dan cepat tanpa olahraga berikutnya adalah dengan memperbanyak makanan kaya serat. Makanan yang mengandung banyak serat adalah kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.

3 dari 4 halaman

Cara Diet Super Cepat

Kamu ingin cara diet lain yang lebih cepat? Berikut ini adalah cara diet super cepat yang pastinya akan menarik perhatian Kamu.

Diet Puasa (Intermittent Fasting)

 diet puasa © Dream

Diet puasa atau biasa dikenal intermittent fasting ini adalah cara diet super cepat yang menitik beratkan ke arah menjaga pola makan. Secara sederhana, diet ini tidak berfokus pada apa yang Kamu makan tapi terhadap pembagian waktunya.

Ada banyak cara untuk melakukan cara diet cepat yang satu ini. Contohnya seperti the 16/8 method. Artinya Kamu punya 16 jam waktu berpuasa dan 8 jam mengonsumsi makanan.

Misalnya, Kamu makan dari 13.00 hingga 21.00, maka Kamu harus berpuasa 16 jam ke depan. Selama waktu berpuasa, Kamu tetap bisa mengonsumsi air mineral saat lapar.

Diet Keto

 diet keto © Dream

Cara diet super cepat selanjutnya adalah dengan diet keto. Metode atau cara diet cepat keto ini adalah dengan menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Misalnya saat Kamu minum kopi hitam, tidak diperkenankan menambah gula, krimer, pemanis, atau susu.

Kalau pengin manis, Kamu bisa tambahkan bubuk jahe, kayu manis, atau sejenisnya. Contoh menu tadi mengandung 84 persen lemak, 12 persen protein, dan 2 persen karbo. Kamu bisa terapkan cara diet cepat keto ini pada setiap menu makanan Kamu.

Diet Mayo

 diet mayo © Dream

Cara diet super cepat ini dikembangkan oleh The Mayo Clinic Diet di Amerika Serikat. Diet mayo mengharuskan Kamu untuk membatasi asupan garam dan karbohidrat.

Pada dasarnya diet mayo dilakukan dalam jangka pendek, hanya berkisar 12-14 hari saja. Meskipun demikian, cara diet cepat yang satu ini memiliki hasil yang maksimal, karena menu makannya yang diatur.

Diet Garam

 diet garam © Dream

Serupa dengan diet mayo, cara diet cepat ini hanya membatasi asupan garam dalam setiap makanannya saja. Mengurangi garam terbukti efektif untuk menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, cara diet super cepat ini bisa membantumu terhindar dari risiko hipertensi dan masalah jantung lainnya. Maka dari itu, diet garam ini kemungkinan bisa menjadi pilihan diet Kamu.

Diet Thonon

 diet thonon © Dream

Cara diet super cepat yang satu ini, cukup menyiksa jika Kamu belum terbiasa dengan kebiasaan diet. Cara ini mengharuskan Kamu mengurangi asupan kalori dari 1.200 per hari menjadi 600-800.Tak sekadar mengurangi porsi makan, Kamu juga harus mengatur menunya.

Contoh pengaplikasian diet thonon ini:

  • Sarapan: minum secangkir kopi atau teh tanpa pemanis. Kadang, bisa diselingi dengan susu dan sepotong kecil roti gandum.
  • Makan siang sepiring lauk tinggi protein. Misalnya, dua telur rebus dengan tambahan sayuran atau ikan yang direbus dengan tambahan kombinasi sayuran.
  • Makan malam tak beda jauh saat siang. Misalnya daging steak 200 gram dengan tambahan sayuran sesuai selera.

Setelah 14 hari melakukan diet ketat, selanjutnya adalah tahap stabilisasi. Tahap ini berguna untuk menjaga kestabilan berat badan agar tidak kembali seperti semula. Fase ini akan berlangsung selama sepekan untuk setiap penurunan satu kilogram.

4 dari 4 halaman

Cara Diet Sehat dan Cepat

Bagaimana, apakah cara diet super cepat di atas sudah cocok untuk Kamu? atau malah terasa begitu berat? jika terlalu berat, kami sarankan Kamu mencoba cara diet sehat dan cepat berikut ini.

Diet Pegan

 diet pegan © Dream

Cara diet sehat dan cepat yang pertama adalah diet pegan. Metode ini mengombinasikan dua jenis diet, yakni paleo (diet bebas gluten) dan vegan (diet bebas produk hewani). Diet ini mengharuskanmu mengatur pola makan per harinya.

Misalnya lima cangkir atau lebih sayuran, empat porsi makanan kaya karbohidrat, tiga porsi makanan kaya protein, dua porsi makanan dengan lemak sehat, dan seporsi makanan pengganti susu. Aturan pengelompokan makanan harus kita rencanakan dalam tiga kali waktu makan, sisanya untuk dua kali camilan.

Mindful Eating

 mindfullyeating © Dream

Mindful eating adalah salah satu cara untuk menikmati sebuah makanan. Cara diet cepat ini, menginginkan Kamu benar-benar memerhatikan sepenuhnya apa saja yang Kamu makan, berapa banyak, emosi, dan sebagainya.

Kamu harus benar-benar sadar dalam menikmati setiap suapan makanan ke dalam mulut. Kamu harus makan secara perlahan, sehingga tidak melewatkan perasaan kenyang.

Cukup rumit sih, tapi sudah banyak ahli yang membuktikan bahwa mindful eating dapat membantu dalam menurunkan berat badan. 

Minum Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan manfaat baik bagi kesehatan. Dengan meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat selama masa diet Kamu, dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini akan bekerja menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga berat badan turun.

Hindari Snack dan Kebiasaan Ngemil

Snack dan makanan kemasan lainnya, secara umum memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Hindarilah mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Bacalah tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack yang akan Kamu makan atau minum.

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi secara berlebih, memiliki banyak risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya. Hindari pula minuman bersoda karena dalam minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi.

 snack © Dream

Demikian beberapa cara diet cepat yang bisa Kamu praktekan di rumah. Semua cara diet cepat di atas, tidak akan membawa efek samping kesehatan pada Kamu yang bijak dalam mengaplikasinnya.

Selain itu, pemilihan metode alami dan sehat akan semakin menambah dampak atau hasil dari diet ini. Selamat Mencoba!

(David/Sumber:Liputa6, Fimela dan sumber-sumber lainnya)

Terkait
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna
Join Dream.co.id