Cantiknya Pasta Pelangi Dibuat dari Pewarna Alami

Culinary | Rabu, 24 Juni 2020 08:12
Cantiknya Pasta Pelangi Dibuat dari Pewarna Alami

Reporter : Mutia Nugraheni

Fiona memadukan berbagai warna dan pola untuk membuat pastanya jadi sangat berbeda.

Dream - Sahabat Dream mungkin sudah familiar dengan hidangan pasta. Mulai dari spageti, makaroni, fetucini, ravioli dan masih banyak lagi. Hal yang membedakan dari tiap jenis pasta adalah bentuknya dan juga kekhasan pengolahannya.

Warna pasta cenderung sama yaitu kuning pucat karena tersebut dari tepung, telur dan mentega/ minyak, dan garam. Fiona Ashfar, seorang chef, sangat terobsesi dengan pasta.

Dengan kreativitasnya, Fiona membuat pasta tak lagi terlihat membosankan. Ia membuatnya seperti kerajinan tangan dan karya seni.

Fiona memadukan berbagai warna dan pola untuk membuat pastanya jadi sangat berbeda.

 Spageti warna warni© Instagram

(Spageti/ Foto: Instagram @cookingwithfiona)

" Keajaiban terjadi kita aku membentuk pasta dan memadukan warna. Kita dapat membuat bentuk sesuai dengan selera," kata Fiona, seperti dikutip dari Food Insider.

 

2 dari 7 halaman

Terinspirasi dari Warna Sayuran

Awalnya, ia membuat pasta sendiri dengan bahan dasar, setelah itu ia mencoba eksprimen dengan menambahkan warna. " Aku pergi ke toko sayuran dekat rumah dan mendapat ide. Warna hijau sangat mudah didapat, dari daun bayam, kale atau parsley," ungkapnya.

 Fusili© Instagram

(Fusili/ Foto: Instagram @cookingwithfiona)

Memanfaatkan sayur dan bahan alami, Ashfar membuat pastanya seperti pelangi, beragam warna! Untuk warna merah misalnya, ia menggunakan buah beet atau paprika merah.

 

3 dari 7 halaman

Rasa Pasta Lebih Kaya

" Bukan hanya ingin mendapatkan warna, sayuran juga memunculkan rasa dalam pasta agar tak membosankan. Aku panggang dulu sayuran baru kemudian mencampurnya sengan telur, bawang putih dan bahan pasta lainnya," katanya.

 Ravioli© Instagram

(Ravioli/ Foto: Instagram @cookingwithfiona)

Pasta-pasta yang dibuat Fiona memang sangat berbeda. Warnanya begitu mencolok dengan pola yang apik seperti hiasan. Ia bahkan membuat pola sendiri satu persatu, seperti bunga, pita, dan masih banyak lagi.

Selama ini, Fiona hanya membuat untuk dikonsumsi sendiri. Ada juga yang dikeringkannya untuk kemudian diberikan kepada kerabat dekat.

" Sangat senang melihat mereka tersenyum ketika aku memberikan pasta ini," ungkapnya.

4 dari 7 halaman

Video Fiona membuat pasta pelangi

Fiona juga memiliki YouTube channel dan kerap memberikan trik-trik untuk membuat pasta pelangi. Mungkin kamu ingin membuatnya sendiri di rumah.

 

5 dari 7 halaman

Jangan Buang Air Rebusan Pasta, Bisa Jadi Penambah Rasa

Dream - Setiap kali kita merebus pasta, air sisa rebusannya cenderung langsung dibuang. Kita mengira dengan warna air rebusan yang keruh itu tidak baik digunakan. Ternyata, air tersebut merupakan kunci agar pasta terasa nikmat.

Sedikit air sisa rebusan benar-benar dapat meningkatkan hidangan pasta. Air tersebut berfungsi sebagai pengikat dan pengental rasa. Lalu kapan menggunakannya?

 Jangan Buang Air Rebusan Pasta, Bisa Jadi Penambah Rasa© MEN

Air rebusan pasta akan sangat baik jika ditambahkan pada saus yang masih diolah di wajan. Bisa jadi campuran saus marinara atau bolognese.

Bila membuat saus terlalu kental, atau tidak cukup menempel pada pasta, alih-alih menambahkan lebih banyak minyak, gunakan sedikit air pasta untuk mengencerkannya. Lakukan di awal, sisihkan satu atau dua cangkir air rebusan, lalu campur dalam olahan saus.

Bisa juga ambil pasta yang sudah dimasak dengan langsung memasukkannya ke wajan tanpa disaring. Untuk menyiapkan metode mirip restoran ini, ikuti langkah-langkahnya.

 

6 dari 7 halaman

Lapisan Rasa

 Kunci Kenikmatan Rasa Menu Spaghetti© MEN

- Saat air pasta mendidih, buat saus dalam wajan besar. Lelehkan mentega atau panaskan minyak zaitun, dan masak bawang merah, bawang putih, atau bumbu lainnya. 
- Masukkan daging cincang atau bahan lainnya untuk saus
- Buat lapisan rasa lain dengan menambahkan sayuran

 

7 dari 7 halaman

Al Dente adalah kunci

Saat pasta sudah kenyal atau al-dente tambahkan ke dalam wajan dengan sayuran. Bisa juga masukkan secangkir air rebusan pasta. Aduk semuanya sampai tercampur rata.

 Teknik Agar Olahan Pasta Menjadi Lebih Nikmat© MEN

 Tambahkan lebih banyak air rebusan sesuai kebutuhan, hingga sekitar dua cangkir untuk setiap 500 gram pasta, sampai semuanya terlapis dan saus mulai kental. Pasta akan menyerap rasa dan menciptakan saus yang gurih.

Join Dream.co.id