Bukan Cuma dari Luwak, Ada Juga Kopi Mahal dari Kotoran Burung

Culinary | Selasa, 16 Februari 2021 09:48
Bukan Cuma dari Luwak, Ada Juga Kopi Mahal dari Kotoran Burung

Reporter : Mutia Nugraheni

Tingkat keistimewaannya sama dengan kopi Luwak.

Dream - Kopi luwak begitu populer di Indonesia, bahkan dikenal di dunia sebagai salah satu kopi termahal. Rasa kopi ini disebut-sebut sangat istimewa dan terbaik. Kopi tersebut memiliki rasa yang tak biasa karena mengalami proses fermentasi dalam pencernaan luwak dan keluar lewat kotorannya.

Rupanya, bukan hanya luwak yang pencernaan dan kotorannya dimanfaatkan untuk membuat biji kopi jadi spesial. Ada juga burung yang mengonsumsi biji kopi, lalu biji dari pencernaannya diolah jadi minuman kopi mahal nan spesial, yaitu burung Jacu.

Kopi Jacu atau Kopi Burung Jacu merupakan salah satu varietas kopi langka dan termahal di dunia. Sama halnya dengan kopi luwak, kopi Jacu dibuat dari buah kopi yang sudah dimakan, dicerna, dan dikeluarkan lewat kotoran dari burung Jacu.

Proses fermentasi alaminya inilah yang menjadikan kopi Jacu jadi salah satu kopi eksotis di dunia selain kopi Luwak. Melansir dari Oddity Central, sebuah perkebunan kopi bernama Camocim Estate yang punya luas 50 hektare ini menjadi pusat pengolahan Kopi Burung Jacu.

Henrique Sloper de Araujo melihat banyak burung Jacu yang singgah di kebun kopi miliknya. Petani kopi ini pun juga tahu jika burung Jacu merupakan burung yang langka dan dilindungi di Brasil. Karena sering memakan biji kopi di perkebunannya, Henrique mengusir-burung-burung ini.

 

2 dari 5 halaman

Ia sampai menelepon polisi lingkungan setempat untuk meminta bantuan. Sayangnya, burung ini tetap singgah di kebun kopinya. Siapa yang menyangka jika kedatangan burung Jacu ini justru membawa rejeki bagi Henrique.

Terlintas di pikirannya tentang kopi luwak. Ia akhirnya terinspirasi dan mencoba mengolah biji kopi yang sebelumnya sudah dimakan burung Jacu.

 Burung Jacu© Shutterstock

" Saya menyadari jika saya bisa mencoba sesuatu yang serupa dengan kopi luwak. Tantangannya adalah meyakinkan para pemetik kopi bahwa alih-alih mencari buah kopi, mereka justru harus berburu kotoran burung," kata Sloper.

Biji kopi dari kotoran Burung Jacu ini kemudian mengalami proses panjang. Biji kopinya harus dikeluarkan dan dibersihkan terlebih dahulu dari kotorannya. Menurut Henrique, Kopi Burung Jacu punya rasa yang luar biasa karena burung ini hanya makan buah kopi terbaik dan yang paling matang.

Selengkapnya baca di Diadona.id

3 dari 5 halaman

Bekukan Kopi Jadi Es Batu, Sajikan dengan Berbeda

Dream - Kopi dingin memang jadi minuman yang paling pas untuk menemani waktu bekerja saat di rumah. Terutama saat cuaca panas, dan kita harus tetap fokus menyelesaikan pekerjaan.

Jika selama ini Sahabat Dream biasanya membuat kopi dingin yang dicampur susu seperti biasa, bagaimana kalau menyajikannya dalam bentuk es batu. Kopi hitam yang dibentuk es batu lalu dimasukkan ke dalam susu, rasanya akan sangat berbeda.

Cocok bagi kamu yang ingin minuman ala kafe di rumah. Untuk membuatnya sangat mudah. Bikin saja kopi hitam seperti biasa, bisa ditambah gula, perisa karamel, hazelnut, vanila atau hanya kopi saja, tergantung selera.

 Kopi es batu© Shutterstock

Setelah kopi dingin, masukkan dalam cetakan es batu. Lebih baik membuatnya dalam jumlah banyak. Masukkan dalam 2 atau 4 cetakan. Keesokan harinya, tinggal menikmati es kopi tersebut.

Caranya, dengan menuang susu lebih dulu. Akan lebih baik susu tawar atau plain, baru kemudian masukkan 3-4 es batu dari kopi. Bisa juga tambahkan bubuk cokelat atau karamel untuk menambah rasa.

Mudah, bukan? Sajian kopi jadi lebih segar dan terasa karena sensasi dinginnya berasal dari kopi yang dibekukan.

4 dari 5 halaman

Charcoal Latte, Versi Cantik dari Kopi Joss

Dream - Bagi Sahabat Dream yang suka makan di angkringan, pasti sudah tak asing lagi dengan minuman Kopi Joss. Kopi hitam yang dicampur dengan arang membara. Rasa kopinya memang jadi sangat berbeda.

Ada smokey flavor yang unik dan memperkaya rasa asli kopi. Ada juga nih, versi cantik dari Kopi Joss yaitu Charcoal Latte. Jadi tren di Inggris beberapa tahun lalu, Charcoal Latte merupakan minuman yang merupakan campuran dari espresso, arang, milk foam dan sedikit gula.

 Charcoal Latte, Versi Cantik dari Kopi Joss© MEN

Warnanya hitam pekat dengan aroma asap yang kuat. Minuman ini terlihat apik dengan hiasan dari foam berbentuk bunga di atasnya. Rasanya cukup unik, ada rasa kopi, smokey dari arang dan sentuhan creamy dari milk foam.

Charcoal Latte rupanya mencuri perhatian karena dianggap bisa memiliki manfaat bagi kesehatan. 

5 dari 5 halaman

Diklaim Lebih Sehat

Mengapa? Arang aktif yang telah dipanaskan dengan gas akan membentuk pori-pori.

 Charcoal Latte© Unsplash

Pori-pori inilah yang digunakan untuk menjebak bahan kimia berbahaya, itulah sebabnya arang aktif dipercaya memiliki manfaat kesehatan jika dicampur dengan minuman. Untuk rasanya sebenarnya cenderung hambar.

Aromanya justru yang sangat menonjol dan warnanya hitam pekat, berbeda dari hitamnya kopi. Beberapa kedai kopi di Indonesia juga menyediakan Charcoal Latte, tak ada salahnya untuk mencoba.

Kira-kira, menurut Sahabat Dream lebih enak Kopi Joss atau Charcoal Latte?

Sumber: PopSugar

Join Dream.co.id