Buat Sendiri Fruit Sando, Sandwich Buah Jepang yang Estetik

Culinary | Selasa, 4 Oktober 2022 19:46

Reporter : Mutia Nugraheni

Bisa untuk menu sarapan atau camilan.

Dream - Roti isi buah dengan whipped cream lembut sedang sangat tren di Jepang. Hidangan ini dikenal dengan sebuatan Fruit Sando, biasnaya dijual di kedai khusus atau cafe-cafe kecil.

Buah yang digunakan merupakan buah berkualitas dengan citarasa manis alami, berpadu dengan whipped cream yang lembut dan tak terlalu manis. Sebenarnya hidangan ini bisa Sahabat Dream buat sendiri di rumah.

Bisa untuk menu sarapan atau camilan. Berikut resep simpelnya.

Bahan:
- 4 lembar roti tawar, potong pinggirnya atau bisa langsung pakai roti tawar kupas
- Whipped cream bubuk (nantinya jadi sekitar 10 sdm whipped cream)
- Air dingin atau air es secukupnya
- 5 buah stroberi
- 5 iris jeruk
- 1/2 potong kiwi

 

Buat Sendiri Fruit Sando, Sandwich Buah Jepang yang Estetik
Fruit Sando/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Cara membuat:

 Fruit Sando© Shutterstock

- Campur whipped cream bubuk dengan air dingin atau air es secukupnya. Aduk rata sampai mengental. Sisihkan
- Ambil roti tawar. Oleskan lebih kurang 1 sendok makan whipped cream di atas masing-masing roti tawar. Ratakan. Sisihkan
- Pada 1 lembar roti tawar, tata stroberi secara diagonal atau miring
- Lapisi stroberi dengan kira-kira 2-3 sendok makan whipped cream. Pastikan buah terlapisi sempurna. Tutup dengan 1 lembar roti tawar
- Ambil 1 lembar roti tawar lain yang sudah diolesi whipped cream
- Letakkan kiwi pada bagian tengah roti, tata jeruk di sekitarnya secara diagonal. Olesi whipped cream, tutup dengan roti tawar
- Tutup masing-masing sandwich buah dengan plastic wrap supaya bentuknya lebih padat. Simpan dalam kulkas selama sekitar 2 jam
- Keluarkan roti dari kulkas. Taruh di atas talenan. Potong diagonal. Hasilnya, sandwich buah jepang ini terlihat cantik

Sumber: Diadona

3 dari 5 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 5 halaman

Anggur Termahal di Dunia, Harganya Rp596 Ribu Per Buah

Dream - Jepang terkenal dengan buah-buahan berkualitas premium dengan harga yang sangat tinggi. Hal tersebut karena proses penanamannya rumit, juga proses panennya yang berstandar tinggi.

Di supermarket dan kedai buah di Jepang, tak akan ditemui buah yang cacat. Seluruh buah dikemas dengan rapi, cantik dan tanpa cacat. Kita tidak akan menemukan bentuk buah yang bentuknya beda, ternoda atau hal yang lain yang membuat tampilan buah jadi rusak.

Salah satu buah mewah dari Jepang uang sangat terkenal karena harganya yang tinggi adalah Anggur Ruby Roman. Harganya pada 2020, dijual sekitar US $ 12.000 atau Rp178 juta per ikat dan per buah harganya mencapai US $400 atau Rp596 ribu.

 Anggur Termahal di Dunia, Harganya Rp596 Ribu Per Buah© MEN

Anggur diklasifikasikan berdasarkan grade, Superior, Special Superior, dan Premium. Untuk memenuhi syarat sebagai Premium, buah anggur harus benar-benar sempurna. Menurut Business Insider, saat hanya dua tandan anggur yang memenuhi kualifikasi kelas Premium pada 2021, dan tidak ada yang memenuhi syarat dalam dua tahun sebelumnya.

Kelangkaan dan praktik pertanian yang begitu premium membuat harga anggur ini sangat mahal. Penasaran seperti apa aroma dan rasanya? Anggur Ruby Roman dideskripsikan memiliki aroma harum dan manis yang begitu elegan.

5 dari 5 halaman

Punya Standar Spesifik

Anggur ini hanya tumbuh di Prefektur Ishikawa (produksi Ishikawa Food). Lahan pertanian untuk menanam anggur ini dijaga sangat ketat. Tak sembarang orang bisa mendekati pepohonannya.

Kondisi lingkungannya juga sangat dikontrol seperti tingkat cahaya dan suhu. Dalam standar tampilan luar, Anggur Ruby Roman punya kriteria yang sangat spesifik. Setiap buah diukur berdasarkan berat, ukuran, warna, dan kandungan gula untuk memastikan keseragaman.

 Anggur Ruby© Shutterstock

Standar minimumnya, setiap anggur harus memiliki berat setidaknya 20 gram dan berdiameter 30 milimeter. Sebuah alat digunakan untuk mendeteksi kandungan gula dari setiap buah anggur, yang diperkirakan lebih dari 18%.

Tak selesai sampai di situ, setiap anggur juga harus memiliki warna yang tepat. Jika ada anggur yang menunjukkan sedikit kerusakan, akan langsung dipotong dari cabangnya.


Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: TastingTable

Join Dream.co.id