Buah dan Sayur yang Penyimpanannya Tak Boleh Digabung, Biar Tak Cepat Busuk

Culinary | Rabu, 28 September 2022 08:12

Reporter : Mutia Nugraheni

Ada beberapa yang mengandung etilen, suatu gas yang dapat merusakan buah dan sayuran lain di sekitarnya.

Dream - Menyimpan bahan makanan dengan benar sangat penting untuk diketahui agar tahan lama dan tak mubazir. Banyak orang menyimpan makanan segar seperti buah dan sayuran langsung ke dalam satu tempat.

Tahukah Sahabat Dream bahwa tidak semua makanan dapat disimpan bersama? Saat bahan makanan terutama sayur dan buah disimpan dalam satu tempat, malah akan mempercepat pembusukan makanan.

Hal ini disebabkan kandungan yang terdapat dalam beberapa makanan yaitu etilen, suatu gas yang dapat merusakan buah dan sayuran lain di sekitarnya. Untuk mencegahnya, kamu perlu tahu bahan makananyang mengandung etilen dan bagaimana menyimpannya dengan benar. Berikut panduannya.

Jauhkan Bawang dari Apel dan Kentang

 Manfaat Kentang bagi Kesehatan, Jadi Sumber Karbohidrat yang Tinggi© MEN

Menyimpan bawang berbarengan dengan apel dan kentang akan membuatnya beraroma bawang. Menyimpan bawang dengan kentang secara bersamaan juga dapat mempercepat pematangan kentang, akan memicu tumbuhnya tunas dan akar. Sebaiknya menyimpan apel tidak dibarengi buah-buah lain, karena apel mengeluarkan banyak gas etilen dan akan mempercepat kematangan buah di sekitarnya.

 

Buah dan Sayur yang Penyimpanannya Tak Boleh Digabung, Biar Tak Cepat Busuk
Buah Dan Sayur
2 dari 5 halaman

Simpan Melon Sendiri

 Lagi Ngehits, Harga Melon Ini Sentuh Ratusan Ribu per Kg© MEN

Melon juga mengandung gas etilen yang dapat dapat mempercepat proses pematangan makanan di sekitarnya. Sebaiknya, letakan melon di meja sampai matang atau simpan dalam kemasan tertutup agar melindungi buah itu sendiri dan sekitarnya di lemari es.

 

3 dari 5 halaman

Jauhkan Kembang Kol dari Apel, Kiwi, dan Bawang

 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan© Unsplash.com

Kembang kol adalah makanan yang sangat sensitif terhadap etilen. Hindari kembang kol dengan makanan mengandung etilen seperti apel, kiwi, melon, dan bawang. Kembang kol membutuhkan udara agar tetap segar. Maka dari itu, simpan kembang kol di tempat yang sedikit terbuka. Kamu bisa menggunakan plastik yang dibolongi dan simpan di kulkas bersama sayuran lainnya. Selain kembang kol, sayuran seperti brokoli, kubis sensitif terhadap etilen.

4 dari 5 halaman

Jauhkan Jamur dari Makanan Beraroma Tajam

 Cara Tepat Bersihkan Jamur Kancing, Tak Perlu Dikupas© MEN

Jamur rentan menyerap bau dari sekitar, maka dari itu perlu berhati-hati dalam menyimpannya di lemari es. Sebaiknya, simpan jamur di dalam kantong kertas. Cara tersebut akan membiarkan jamur untuk bernapas, mencegah kontaminasi, dan mencegah kelembapan berlebih. Jika kantong terasa basah, ganti dan pastikan kantong yang lembap tidak menyentuh makanan lain.

5 dari 5 halaman

Pisahkan Makanan Penghasil Etilen

 Sayuran Hijau© Pexels

Memisahkan penghasil etilen dan yang tidak akan mencegah kerusakan pada makanan. Makanan penghasil etilen antara lain alpukat, apel, pisang matang, buah tin, anggur, melon, pir, persik, paprika, kentang, dan tomat.Sedangkan makanan yang sensitif terhadap etilen antara lain pisang, brokoli, kubis, wortel, kembang kol, mentimun, sayuran hijau, selada, bawang, dan labu.

 

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: MarthaStewart

Terkait
Join Dream.co.id