Menjelajah dan Menelusuri Fakta Soal MSG di Ajinomoto Vision Center Lewat Virtual Reality

Culinary | Jumat, 5 Agustus 2022 19:36

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Awal berdirinya Ajinomoto Visitor Center hingga sekarang, tak semulus yang dibayangkan

Dream - Sahabat Dream perah mendengar penyedap rasa dengan nama Ajinomoto? Perusahaan yang memulai bisnis di Tanah Air sejak 1969 ini memiliki pabrik pertamanya di daerah  Mojokerto, Timur pada 1970.

Lebih dari 50 tahun beroperasi di Indonesia, Ajinomoto mendirikan sebuah Gedung yang diberi nama Ajinomoto Visitor Center (AVC) sekitar empat tahun lalu. Gedung itu dibangun untuk membuka pintu lebar-lebar bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam rahasia pembuatan produk-produk penyedap rasa ini.

Tak hanya itu, AVC juga menghadirkan berbagai aplikasi menu rendah garam namun tetap lezat bergizi dari Dapur Umami.

Namun perjalanan dari awal berdirinya Ajinomoto Visitor Center hingga menginjak usia 3 tahun, tak semulus yang dibayangkan.

 Istimewa© Istimewa

“ Pada beberapa bulan sejak diresmikannya, antusiasme masyarakat untuk mengunjungi sangat tinggi. Namun, ternyata pandemi Covid-19 sampai di Indonesia,” jelas Grant Senjaya, Head of Public Relations, PT Ajinomoto Indonesia pada keterangan tertulis yang diterima Dream.

Menjelajah dan Menelusuri Fakta Soal MSG di Ajinomoto Vision Center Lewat Virtual Reality
Shuttestock
2 dari 7 halaman

Bisa Kunjungan Virtual

Menghindari kunjungan langsung masyarakat yang sedang berada dalam situasi pandemi kala itu, perusahaan menghadirkan inovasi baru lewat Ajinomoto Virtual Factory Tour.

Melalui website Ajinomoto, masyarakat akan dibawa menggunakan teknologi kamera 360 derajat untuk menjelajahi semua fasilitas layaknya virtual reality. 

Tim AVC juga membuka sesi Live Virtual Factory Tour melalui platform yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berinteraksi dengan karyawan di Visitor Center yang akan memandu sesi Live Virtual Factory Tour.

3 dari 7 halaman

Segudang Informasi Soal MSG

Dream berkesempatan mencoba fitur AVC ini dan banyak sekali informasi yang bisa didapatkan khususnya di ruang teater Umami. Dream bisa mengakses banyak informasi mulai dari fakta MSG, jenis makanan yang mengandung umami hingga ide resep makanan yang bijak garam.

 Istimewa© Istimewa

“ Saat platform dan fitur ini kami luncurkan hingga sekarang, AVC dikunjungi 7.748 visitor yang berasal dari berbagai lapisan elemen masyarakat Indonesia melalui sesi Live Virtual Factory Tour. Kemudian, dari awal diresmikan hingga sekarang ini, AVC telah dikunjungi oleh 11.349 visitor,” tambah Grant.

4 dari 7 halaman

Waspada Asupan Garam Berlebih Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, Bijak Garam Ganti dengan Rasa Umami

Dream - Salah satu kunci hidup sehat adalah menjaga asupan gizi seimbang dengan memerhatikan takaran gula, garam, dan lemak pada setiap masakan.

Faktanya, garam tidak hanya memegang peranan penting dalam memberikan rasa lezat pada makanan. Garam dalam jumlah yang cukup, memiliki berbagai manfaat bagi tubuh.

Manfaat garam atau sodium adalah menjaga keseimbangan cairan di tubuh dan berperan dalam menjaga fungsi saraf serta otot. Kandungan garam yang tinggi cenderung membuat orang makan berlebih sehingga mengarah pada obesitas dan penyakit lainnya seperti hipertensi.

 Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Garam juga berperan penting dalam sistem saraf, otak, dan tulang belakang. Garam berperan penting karena natrium berfungsi menggerakan tangan dan anggota tubuh. Natrium juga membantu penyerapan nutrisi ke dalam sel-sel kita," jelas Kevin Mak, Medical Doctor, pada konferensi virtual Ajinomoto Peran Umami dalam Memwaspadai Asupan Garam Berlebih untuk Hidup Lebih Sehat, Selasa 5 Juli 2022.

5 dari 7 halaman

Namun Jika Garam Terlalu Banyak dapat Menyebabkan...

Badan kesehatan dunia, WHO (World Health Organization), menganjurkan batas konsumsi aman garam per hari untuk orang dewasa adalah maksimal 5 gram atau kurang dari satu sendok teh. Oleh karenanya, penting untuk menjaga asupan garam agar tubuh tetap mendapatkan manfaatnya tanpa menimbulkan berbagai risiko penyakit.

Berbagai risiko penyakit dapat timbul jika banyak mengonsumsi garam dalam jangka waktu panjang.

" Jika mengonsumsi garam terlalu banyak, bisa menimbulkan hipertensi. Karena natrium klorida pada garam dapat menarik cairan, jika banyak cairan yang ditarik ke pembuluh darah maka tekanan akan meningkat yang menyebabkan darah tinggi," tambah dr. Kevin.

 

6 dari 7 halaman

Sebabkan Diabetes

Terkadang orang-orang hanya berfokus pada gula saja jika berbicara soal diabetes. Padahal garam juga berpengaruh besar karena dapat memicu pembuluh darah menarik gula dan garam dalam waktu bersamaan.

 Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Garam akan menarik cairan ke pembuluh darah, gula juga akan ditarik bersamaan, jadi kadar gula akan meningkat dan jangka panjang akan mempengaruhi insulin yang akhirnya diabetes," tambah dr. Kevin.

 

7 dari 7 halaman

Struk

Karena sifat garam yang menarik cairan ke pembuluh darah, maka hal ini juga dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah atau kerap disebut strok.

 Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Strok terjadi ketika penyumbatan pembuluh darah karena penggumpalan, awalnya terjadi pengentalan darah dan akhirnya menyumbat pembuluh darah," tambah Kevin.

Pemilihan makanan yang segar dan tidak diproses, tentu lebih kaya gizi. Memeriksa label makanan jadi bisa menilai kadar natrium jadi menjaga kadar konsumsi garam harian.

" Pilih alternatif untuk menurunkan garam harian dengan MSG atau Monosodium Glutamat. Kita tetap menjaga kadar natrium lebih rendah namun tetap lezat dan bergizi," tambah Kevin.

MSG ini akan membaerikan rasa umami dan gurih yang tentunya tetap membuat makanan tetap lezat. Menyadari pentingnya diet garam bagi kesehatan, Ajinomoto memperkenalkan kampanye 'Bijak Garam'. Kampanye Bijak Garam ini mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam dan mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam memasak

Kandungan sodium pada MSG hanya 1/3 dari kandungan sodium pada garam biasa, dan juga sudah banyak penelitian sebelumnya yang menunjukkan penggunaan MSG bermanfaat untuk membantu mengurangi asupan garam sekaligus menjaga kelezatan makanan.

Join Dream.co.id