Beragam Manfaat Bekicot untuk Kesehatan, Mulai dari Sembuhkan Luka hingga Cegah Anemia

Culinary | Senin, 15 Agustus 2022 17:36

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Sering dianggap menjijikkan, namun bekicot menyimpan khasiat yang istimewa bagi kesehatan tubuh.

Dream – Bagi sebagian orang menganggap bekicot sebagai hewan yang tampak menjijikkan karena menghasilkan lendir. Lendir tersebut tampak ia tinggalkan saat sedang berjalan dengan geraknya yang lambat. Bekicot umumnya ditemukan di sawah maupun sungai dengan posisi menempel di bebatuan atau dinding selokan yang ada di pinggir-pinggir sawah.

Meski dianggap menjijikkan, namun tahukan sahabat Dream bahwa hewan ini memiliki manfaat yang baik dari sisi kesehatan. Bahkan ada beberapa daerah di Indonesia yang memanfaatkan bekicot menjadi hidangan lezat yang cukup digemari.

Hewan lunak yang memiliki nama latin Achatina fulica ini memiliki kandungan gizi yang banyak, misalnya berupa protein, vitamin, asam amino esensial, mineral, dan sebagainya. Sehingga tak mengherankan jika manfaat bekicot untuk kesehatan sangat beragam.

Perlu diketahui juga bahwa bekicot bisa menjadi makanan yang cocok untuk sahabat Dream yang sedang diet. Hal ini karena bekicot rendah lemak dan tinggi protein. Jadi, bisa membuat seseorang yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama.

Daripada makin penasaran, berikut adalah beberapa manfaat bekicot untuk kesehatan sebagaimana dirangkum Dream melalui sehatq.com.

Beragam Manfaat Bekicot untuk Kesehatan, Mulai dari Sembuhkan Luka hingga Cegah Anemia
Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)
2 dari 4 halaman

Manfaat Bekicot untuk Kesehatan

 Manfaat Bekicot untuk Kesehatan© Unsplash.com

Sumber Protein yang Baik

Hadirnya manfaat bekicot untuk kesehatan tidak terlepas dari salah satu kandungan protein di dalamnya. Ya, bekicot adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Tak mengherankan jika ada negara yang menjadikan bekicot sebagai menu makanan yang lumrah, bahkan digemari oleh masyarakatnya.

Tidak hanya di luar negeri saja, di Indonesia pun ada daerah yang masyarakatnya mengolah bekicot sebagai hidangan yang lezat. Bekicot bisa dijadikan sebagai alternative sumber protein yang baik. Bahkan protein yang ada dalam bekicot memiliki kemiripan dengan yang ada di dalam daging sapi dan babi. Sedangkan untuk lemaknya memiliki kadar yang rendah. Jadi, sahabat Dream jangan ragu untuk mencobanya ya.

Menyembuhkan Luka

Manfaat bekicot berikutnya adalah bisa menyembuhkan luka. Di mana bekicot ampuh untuk mengurangi bekas luka di kulit, tak terkecuali bekas jerawat. Itulah mengapa banyak produk kecantikan yang memanfaatkan bekicot sebagai bahan perawatan kulit.

Dalam hal ini yang dimanfaatkan adalah lendirnya yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka, karena bisa menyebar dengan baik di kulit. Kemudian lendir dari bekicot juga mampu menyumbat pori-pori dan memiliki sifat antibakteri. Hal ini karena adanya kandungan asam amino yang bisa membantu meregenerasi tumbuhnya sel baru.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bekicot untuk Kesehatan

 Manfaat Bekicot untuk Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat bekicot berikutnya adalah bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Menyadari bahwa imunitas tubuh sangatlah penting. Dengan imunitas yang baiklah, maka sahabat Dream bisa terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. Jika kondisi imunitas sedang turun, maka seseorang akan mudah terserang penyakit.

Nah, sebagai upaya meningkatkan imunitas tubuh, kamu bisa mengonsumsi bekicot. Di dalamnya terkandung vitamin A yang juga baik untuk kesehatan mata serta membantu pertumbuhan sel-sel baru di dalam tubuh. Apalagi di Indonesia sendiri bekicot menjadi hewan yang mudah ditemukan. Terlebih jika tiba musim hujan, akan banyak sekali dijumpai bekicot.

Menyehatkan Jantung

Jantung adalah organ vitam di dalam tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya. Tidak sedikit penderita penyakit jantung yang harus menjalani pengobatan rutin dan melakukan pola hidup sehat secara ketat demi menjaga jantungnya tetap sehat. Daripada hal tersebut terjadi, akan lebih baik jika sahabat Dream mencegahnya dan menjaga jantung tetap sehat.

Caranya adalah dengan mengonsumsi bekicot. Bekicot memiliki kandungan berupa omega-3 yang sangat diperlukan oleh jantung. Bahkan mengonsumsi bekicot bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko terbentuknya gumpalan di pembuluh, dan menjaga detak jantung tetap stabil. Namun, dalam mengolah bekicot sebaiknya tidak menggunakan mentega dan minyak agar manfaatnya tidak hilang.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bekicot untuk Kesehatan

 Manfaat Bekicot untuk Kesehatan© Freepik.com

Menyehatkan Tulang

Tulang yang sehat adalah idaman setiap orang. Karena tulang memiliki peran yang penting dalam aktivitas sehari-hari. Tanpa tulang yang sehat, tentunya sahabat Dream akan kesulitan untuk melakukan berbagai aktivitas. Demi kesehatan tulang, maka seseorang membutuhkan asupan kalsium yang biasanya diperoleh melalui susu.

Selain susu, kamu juga bisa mendapatkan asupan kalsium dengan mengonsumsi bekicot. Bekicot juga mengandung kalsium yang baik untuk tulangmu. Dengan mendapatkan asupan kalsium secara cukup, maka akan kecil risikonya terkena gangguan tulang, misalnya saja tulang keropos atau osteoporosis.

Mencegah Anemia

Manfaat bekicot juga bisa membantu mencegah penyakit anemia atau darah rendah. Anemia bisanya muncul ditandai dengan gejala seperti pusing dan lemas. Oleh karena itu, penting sekali bagi setiap orang untuk selalu memerhatikan kondisi darahnya agar selalu stabil, tidak terlalu rendah dan juga tidak terlalu tinggi.

Penderita anemia membutuhkan asupan zat besi yang cukup dan hal ini bisa sahabat Dream dapatkan dengan mengonsumsi bekicot. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa dalam satu porsi bekicot memenuhi sekitar 20 persen kebutuhan zat besi harian.

Join Dream.co.id