Begini Jadinya Makanan Lokal Minangkabau Disulap Jadi Hidangan Internasional

Culinary | Jumat, 17 Januari 2020 19:31
Begini Jadinya Makanan Lokal Minangkabau Disulap Jadi Hidangan Internasional

Reporter : Iwan Tantomi

Bertempat di Hotel Grand Inna Padang, Chef Vindex mengenalkan konsep makanan lokal Minangkabau dengan tampilan internasional.

Pernah tidak berpikir, bagaimana jadinya jika makanan lokal disulap menjadi sajian internasional tanpa mengubah cita rasa aslinya? Bukan mustahil, karena Selebriti Chef Vindex Tengker, nyatanya mampu mewujudkan hal tersebut. Bertempat di Hotel Grand Inna Padang, Chef Vindex mengenalkan konsep makanan lokal Minangkabau dengan tampilan internasional.

Adapun tujuan hal tersebut untuk meningkatkan eksistensi makanan lokal Minangkabau, agar lebih disukai banyak orang. Bukan hanya masyarakat lokal, melainkan juga masyarakat luar negeri.

Lantas apa saja makanan lokal Minangkabau yang dimodifikasi tampilannya oleh Chef Vindex tanpa mengubah cita rasanya adalah Soto Padang dan Gulai Ikan Kakap. Selain itu, Chef Vindex juga memodifikasi hidangan pencuci mulut lemang tapai, menjadi tampak lebih estetis dan berkelas.

" Event ini salah satu wadah untuk semakin mengenalkan kuliner khas Ranah Minang kepada masyarakat Indonesia dan juga wisatawan," kata Chef Vindex di Padang, Rabu (15/1/2020).

Menurutnya hidangan itu nanti tidak akan mengubah rasa khas yang sudah dikenal masyarakat secara luas, namun ada sentuhan kelas internasional.

Ada pepatah, lanjutnya " dari mata turun ke hati" begitu juga dengan makanan, ketika orang melihat maka akan tertarik untuk menyicipi, setelah dicicipi makan maka baru terasa nikmatnya.

" Jadi kita harus membuat orang tertarik dulu dengan tampilannya," ujar dia.

Apalagi, katanya dari dulu banyak presepsi masyarakat bahwa makanan di hotel itu tidak lezat, namun saat ini tidak lagi, sekarang juga sudah ada makanan lokal dan khas nusantara.

 (c)Hotel Indonesia Group

" Menu di hotel sekarang sudah beragam dan menyajikan makanan khas lokal, tidak melulu nasi goreng, mi goreng atau bubur ayam," jelasnya.

Kemudian ia menambahkan masakan Padang bagi sebagian orang berpendapat memiliki kolesterol yang tinggi, kenyataannya tidak seperti itu jika diolah dengan tepat serta menggunakan bumbu alami dan tidak instan.

" Masakan Padang ini tidak jahat, malah menyehatkan asal bumbu yang digunakan benar-benar alami," ucapnya.

Lebih lanjut, Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour, Iswandi Said mengatakan dunia perhotelan terus mengembangkan berbagai produk termasuk menu makanan yang disajikan.

Perkembangan dunia kuliner, jelasnya melahirkan konsep yang memikat berkat inovasi dan kreasi yang dilakukan chef yang sudah kaya akan pengalaman. Terutama untuk makanan lokal dengan sentuhan dan tampilan bertaraf internasional.

Event ini juga salah satu upaya untuk mempertahankan dan melestarikan budaya lokal dengan menggandeng Chef Vindex yang sudah banyak pengalaman soal kuliner.

" Menu yang dibuat oleh Chef Vindex akan diperkenalkan malam ini di hadapan tamu undangan Hotel Grand Inna," tambahnya.

Kontributor Padang: Novia Harlina

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id