Begini Cara Memanaskan Nasi yang Benar

Culinary | Jumat, 12 April 2019 09:44
Begini Cara Memanaskan Nasi yang Benar

Reporter : Sugiono

Memanaskan nasi boleh saja, tapi harus berhati-hati jika ingin melindungi kesehatan keluarga Anda.

Dream - Nasi adalah makanan pokok orang Asia, termasuk Indonesia. Makan rasanya kurang kenyang jika tak menyantap bahan makanan dari beras tersebut. 

Memakannya dengan sayuran dengan atau lauk saja, nasi tetap dicintai oleh semua orang di Asia.

Tak mengherankan jika banyak orang Asia yang memasak nasi dalam jumlah besar dan menyimpannya sebagian untuk dimakan nanti.

Salah satu cara agar nasi tetap bisa dimakan nanti adalah dengan memanaskannya berkali-kali.

Memanaskan nasi berkali-kali boleh saja, tapi harus berhati-hati jika ingin melindungi kesehatan keluarga kamu.

Jika memang ingin menyimpan untuk dimakan nanti, berikut adalah cara memanaskan nasi yang benar yang dikutip dari Times of India.

2 dari 3 halaman

Cara Memanaskan Nasi Yang Benar

Setelah mencuci beras sampai bersih, masak pada suhu tinggi dan simpan di lemari es setelah benar-benar dingin jika ingin mengonsumsinya nanti.

Jangan pernah meninggalkan nasi segar atau yang sudah dipanaskan di kondisi terbuka dalam suhu kamar selama lebih dari 1 jam.

Membiarkan nasi dalam kondisi terbuka, maka akan memperbanyak spora (bakteri) di dalamnya. Bakteri ini berbahaya bagi perut.

Idealnya, Anda harus memanaskan ulang sedemikian rupa sehingga nasi tetap segar dan tidak basi.

Memanaskan ulang nasi bertujuan untuk menghilangkan segala jenis bakteri, yang bisa menjadi racun dalam tubuh.

Cara memanaskan yang benar adalah dengan menambahkan air ke dalam nasi dan memasaknya kembali sampai air terserap semuanya.

Selain untuk menyingkirkan bakteri, menambahkan air berfungsi untuk merehidrasi butiran beras dan mengganti kadar air yang hilang.

3 dari 3 halaman

Dampak Buruk Jika Tidak Memanaskan Nasi Secara Benar

Biasanya, beras mentah mengandung bakteri tertentu yang disebut Bacillus Cereus, yang tidak mati meski dimasak dalam suhu tinggi.

Karenanya, mencuci beras minimal 3-4 kali sangat penting. Ketika Anda memasak nasi, spora bakteri bertahan hidup tetapi risikonya berlipat ganda ketika Anda membiarkan nasi dalam kondisi terbuka.

Bereaksi terhadap suhu kamar, spora dapat berkembang biak dan menyebabkan muntah dan bahkan keracunan makanan.

Jika sudah demikian, memanaskan nasi hanya akan memperburuk situasi. Memanaskan nasi dengan cara yang benar membatasi pertumbuhan bakteri dan melindungi Anda dari risiko keracunan makanan.

Tapi ingat! Jangan pernah memanaskan nasi lebih dari sekali. Nasi yang sudah disimpan lebih dari 3 hari harus dibuang karena tidak layak untuk dikonsumsi.

(Sah/ Sumber: Times of India)

Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark
Join Dream.co.id