Apel Langka 'Black Diamond' Hanya Ada di Tibet

Culinary | Kamis, 29 Juli 2021 19:48

Reporter : Mutia Nugraheni

Penasaran seperti apa rasanya?

Dream – Buah apel identik dengan warna merah, hijau dan oranye. Biasanya kita mencari apel yang segar untuk dimakan langsung atau diolah menjadi campuran minuman atau hidangan lain.

Pernahkah terbayang oleh Sahabat Dream kalau ada apel hitam? Ternyata, ada juga apel yang berwarna ungu kehitaman yang dikenal dengan Black Diamond. Namanya memang " Black" tapi sebenarnya warna dari apel adalah ungu pekat.

Jika dillihat sekilas mungkin kita tak menyadari kalau " Black Diamond" merupakan jenis apel karena warnanya yang begitu gelap. Dikutip dari Readers Digest, warna gelap disebabkan oleh perubahan suhu yang ekstrem dalam iklim sedang.

Apel Black Diamond menerima paparan sinar ultraviolet di siang hari, dengan penurunan suhu yang ekstrem pada malam hari. Hasilnya menjadi buah yang indah dengan kulit gelap dan daging putih cerah.

Buah ini hanya tumbuh di Nyingchi, sebuah kota terpencil di wilayah pegunungan Tibet. Sebuah perusahaan Tiongkok, Dandong Tianlou Sheng Nong memiliki kebun untuk membudidayakan apel jenis ini. Letak kebun berada di ketinggian 3.100 meter di atas permukaan laut, menjadi tempat yang ideal untuk menanam perkebunan apel yang unik dan langka ini.

Penasaran seperti apa rasa buahnya? Rupanya daging apel hitam ini memiliki tekstur renyah dengan kadar gula organik yang lebih tinggi. Kondisi lingkungan untuk menanam " Black Diamond" sangat ekstrem dan hanya tersedia sekitar dua bulan setiap tahun. Tak heran kalau apel ini sangat langka.

Laporan: Angela Irena Mihardja

 

 

 

Apel Langka Black Diamond Hanya Ada di Tibet
Apel "Black Diamond/ Foto: Instagram @bottanistandbarrel
2 dari 6 halaman

Teknik Unik Bekukan Apel Hanya Ada di Italia

Dream – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan tanaman agar selalu dalam kondisi baik. Tak terkecuali pada saat perubahan iklim seperti yang terjadi di lembah Valtellina, Italia.

Selain karena lereng bertingkat tersebut diakui oleh Uni Eropa sebagai area yang dilindungi, lembah tersebut juga dikenal sebagai penghasil buah apel yang bertekstur renyah, rasanya yang manis dan segar serta wanginya yang harum.

 Teknik Unik Bekukan Apel Hanya Ada di Italia
© Dream

Oleh karena itu, para petani di lembah tersebut memiliki cara efektif untuk tetap mempertahankan apel-apel mereka selama musim dingin di bulan April. Petani apel di Valtellina menggunakan cara unik untuk menjaga pohon apel dengan melapisinya menggunakan es.

“ Para petani bergegas ke pegunungan untuk menutupi pohon apel dengan lapisan es yang tipis,” kata Jacopo Fontaneto, juru bicara asosiasi hak-hak petani Italia, Coldiretti, dalam siaran persnya.

 

3 dari 6 halaman

Menurutnya cara membekukan tanaman tersebut dapat menyelamatkan pepohonan dari embun beku. Uniknya, cairan es yang melapisi pepohonan apel tersebut membuat pepohonan apel tersebut tampak seperti patung es yang berkilauan.

Lapisan es tersebut sangat kontras dengan latar belakang pegunungan tanpa salju. Di bawah lapisan es tipis, bunga buah apel pun perlahan akan membeku seiring waktu.
Walaupun indah, suhu dingin umumnya merusak tanaman, terutama pada bunga yang mudah rapuh.

Teknik ini bukannya merusak, es justru dapat melindunginya. Karena saat es mencair, pohon apel akan dapat kembali mekar. Bunga apel dapat bertahan hingga suhu -1,5 ° C

“ Dengan menyemprotkan air saat suhu masih antara 0,5 dan 1 ° C [sekitar 32 ° F], itu akan membuat lapisan es tipis dapat menjaga bunga pada suhu tersebut," ujar Jacopo.

 

4 dari 6 halaman

Sekitar 25 persen kebun apel di Valtellina tersebut telah dilengkapi dengan sistem irigasi anti-embun beku. Di mana, ada penyiram raksasa yang akan menyemprot pohon dengan air, sehingga ketika udara mencapai suhu tertentu, pohon akan membeku.

 Apel Frost
© Shutterstock

Jika pepohonan di Valtellina tidak memiliki perlindungan semacam itu, sebagian besar pohon apel di lembah akan mengalami kerusakan parah. Hal ini bukan hanya mempertahankan pepohonan apel agar bisa tumbuh tapi juga menjadi pemandangan memukau.

Tak heran kalau area ini juga jadi tujuan wisata saat musim dingin. Seperti berada di negeri es yang indah.


Laporan Yuni Puspita Dewi/ Sumber: AtlasObscura

5 dari 6 halaman

Cara Tepat Menyimpan Apel Agar Tak Cepat Busuk

Dream - Konsumsi buah-buahan kaya vitamin sangat dianjurkan dalam situasi pandemi seperti sekarang. Bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin yang dampaknya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu buah yang disukai banyak orang adalah apel.

Buah ini memiliki tekstur yang haring dengan cita rasa segar yang merupakan perpaduan manis dan asam. Seringkali kita berbelanja buah sekaligus agar tak banyak keluar rumah. Sayangnya, apel kerap kali cepat busuk, daging buahnya berubah warna kecokelatan padahal kulitnya masih mulus.

Hal itu biasanya karena kita tidak menyimpannya dengan tepat. Apel yang baru dipetik memiliki 'umur' panjang jika disimpan dengan benar. Bagaimana jika membelinya dalam jumlah banyak dan tak habis dalam waktu satu minggu?

Hindari membiarkan apel begitu saja di meja dapur atau meja makan jika tak dimakan dalam waktu lama. Lebih baik taruh dalam lemari es, karena akan mempertahankan tekstur dan aromanya.

 

6 dari 6 halaman

Laci lemari es yang lebih dingin merupakan tempat yang tepat. Apel akan terus matang bahkan setelah dipetik. Muncul gas etilen yang akan melembutkan kulit dan daging apel dari hari ke hari. Menjaga apel tetap dingin membantu memperlambat emisi gas ini.

Jadi, letakkan apel di laci bawah lemari es agar tetap dingin. Gas yang sama yang mematangkan apel juga akan mematangkan buah dan sayuran lainnya. Jika memungkinkan, sebaiknya pisahkan dari produk lain.

 6 Manfaat Konsumsi Buah Apel Secara Teratur
© MEN

Segera setelah memotong apel, dagingnya mulai berubah warna menjadi cokelat secara perlahan karena oksigen di udara. Sedikit asam, seperti jus lemon atau cuka, akan membantu memperlambat proses itu, tetapi tidak ada yang bisa menghentikannya. Lebih baik apel langsung dimakan atau diolah ketika sudah dipotong atau dikupas.

 Sumber: The Kitchn

Terkait
Join Dream.co.id