Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ada Daging 'Vegan' dari Tanah dan CO2, Mau Coba?

Ada Daging 'Vegan' dari Tanah dan CO2, Mau Coba? Daging Vegan/ Shutterstock

Dream - Kini tengah gencar dikembangkan produk daging buatan yang menggunakan bahan nabati. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga pelestarian lingkungan. Permintaan akan daging vegan ini pun meningkat.

Inovasi untuk menghadirkan daging tiruan pun terus dilakukan koki, peneliti dan pakar kesehatan untuk dapat menciptakan tekstur dan kadar gizi yang menyerupai daging sapi asli. Seperti penemuan yang diunggah oleh situs resmi World Economic Forum.

Dari video yang diunggah di situs tersebut para peneliti di Finlandia diketahui membuat daging tiruan yang dibuat menggunakan udara dan tanah. Peneliti tersebut membuat schnitzel atau daging yang digoreng dengan lemak.

Untuk membuatnya para peneliti mengambil organisme cair dari tanah dan memberi organisme tersebut 'makanan' dengan karbon-di-oksida (CO2), hidrogen, dan nutrisi lainnya. Seiring waktu, mikroorganisme ini menumbuhkan protein baru yang disebut solein.

Solein tidak memiliki rasa dan dapat digiling menjadi tepung bergizi dan digunakan untuk banyak kegunaan. Selain membuat schnitzel, peneliti juga mengungkap kalau solein dapat digunakan sebagai pengganti minyak sawit dalam yogurt, biskuit, roti hingga pengganti kedelai. Penasaran mencobanya, Sahabat Dream?

Laporan: Yuni Puspita Dewi

Menu Daging Pilihan Bill Gates Ternyata Tidak Biasa

Dream – Bill Gates adalah pemilik bisnis besar dan salah satu pendiri perusahaan perangkat lunak terbesar, Microsoft. Gates juga seorang yang sangat berpengaruh pada dunia dan masyarakat melalui pekerjaan filantropisnya.

Baru-baru ini, Gates menjadi pemandu acara ‘Ask Me Anything’ (AMA) di Reddit. Dalam acara tersebut ia mengungkap perannya dalam ikut membantu mengurangi emisi karbon.
Dalam kesempatan tersebut ada salah satu pengguna Reddit menanyakan hal terpenting apa yang warga biasa dapat lakukan untuk mengurangi emisi karbon.

Rupanya Gates menyarankan untuk tidak banyak mengnsumsi daging sapi. Lebih baik konsumsi saja dedaunan hijau bersama daging sintetis.

Daging sintetis

“Saya pribadi akan memilih sesekali memakan daging sintetis,” kata Gates dalam acara AMA.

Untuk daging sintetis sendiri, memang kini tengah banyak dikembangkan dalam industri pangan. Merupakan daging yang terbuat protein hewan yang kemudian dikembangkan di laboratorium. Tekstur dan rasanya dibuat mirip dengan daging sapi asli.

Sahabat Dream mau mencoba daging sintetis?

Laporan: Josephine Widya/ Sumber: FoodNDTV

Gantala Jarang, Masakan dari Daging Kuda Khas Jeneponto

Dream - Kuda bagi sebagian besar orang bukanlah bahan makanan. Biasanya kita mengolah daging sapi, ayam, kambing atau kerbau untuk disantap. Jika kamu berkunjung ke Jeneponto atau Butta Turatea, Sulawesi Selatan, jangan kaget jika banyak menu makanan yang terbuat dari daging kuda.

Salah satu yang cukup terkenal adalah Ganja atau Gantala Jarang. Berasal dari kata “gantala” yang berarti kuah. Sedangkan kata “jarang” merujuk pada bahasa Makassar yakni kuda.

Gantala Jarang, Masakan dari Daging Kuda Khas Jeneponto

Untuk proses pembuatan makanan ini sebenarnya terbilang sederhana. Pertama daging kuda direbus terlebih dahulu dalam wadah khusus yang terbuat dari potongan drum menggunakan kayu bakar.

Setelah itu daging kuda diberi garam dan kunyit. Walaupun tidak dimasak dengan bumbu yang berlimpah, namun makanan ini memiliki rasa dan aroma lezat yang khas dari daging kuda. Gantala Jarang merupakan hidangan wajib dalam berbagai acara seperti pesta sunatan dan pesta pernikahan.

Ketupat

Menu ini juga dijual di banyak kedai makanan di kawasan Jeneponto. Harganya mulai dari harga Rp25 ribu hingga Rp30 ribu. Sajian seperti sop ini biasanya disantap dengan irisan ketupat legit.

Baca selengkapnya di Diadona.id

Trik Marinasi Daging Biar Bumbu Meresap Kaya Rasa

Dream - Ternyata membumbui daging tidak semudah yang dikira. Bukan hanya sekadar merendam dalam bumbu dan saus tapi ada teknik tertentu yang harus dilakukan agar proses membumbui optimal dan daging terasa lezat.

Sahabat Dream termasuk yang suka mengolah ayam, daging sapi maupun ikan dengan memarinasi atau merendamnya dalam bumbu? Agar mendapatkan rasa yang diinginkan, coba lakukan tiga trik berikut.

Trik Marinasi Daging Biar Bumbu Meresap Kaya Rasa

Haluskan bumbu
Bawang putih, bawang bombay, lada hitam dan berbagai rempah masakan, cenderung lebih menyerap saat dihaluskan. Bisa juga dipanggang baru digeprek. Cara ini akan membuat aroma dan rasanya lebih keluar. Setelah itu baru dicampur dengan perasan lemon atau saus untuk merendam daging, ayam, atau ikan.

Diamkan minimal 30 menit

Protein hewani biasanya membutuhkan waktu lebih dari lima menit untuk menyerap semua rasa. Tidak perlu menunggu 24 jam, tetapi sebaiknya diamkan bahan masakan yang dimarinasi selama minimal 30 menit. Bisa juga memarinasi ayam atau daging sapi saat malam, diamkan dalam lemari es, keesokan paginya baru diolah.

Daging

Bumbu akan lebih meresap dan aromanya juga sedap. Pastikan saja tak menaruh terlalu banyak garam karena akan terlalu asin.

 

Porsi untuk sekali masak

Ikan panggang

Penting juga mempertimbangkan porsi masakan. Lebih baik marinasi bahan masakan sesuai dengan porsi makan satu keluarga dan sekali masak.

Takaran bumbunya akan lebih pas. Tak kurang dan tak berlebihan. Selain itu, merendam bahan mentah bisa menimbulkan pertumbuhan bakteri. Jika terlalu banyak dan disimpan lama, khawatir bisa menimbulkan keracunan.

Sumber: Reader Digest

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
10 Jenis Daun yang Bisa Bantu Turunkan Level Gula Darah

10 Jenis Daun yang Bisa Bantu Turunkan Level Gula Darah

Berikut ini beberapa daun yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah yang sering dijadikan bahan jamu.

Baca Selengkapnya
15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

Beberapa buah terkenal karena kandungan vitamin, serat, mineral dan senyawa pelindungnya yang jauh lebih tinggi. Yuk, simak 15 buah yang paling menyehatkan!

Baca Selengkapnya
Manfaat 1 Sendok Makan Cuka Apel, Solusi Ampuh untuk Diet

Manfaat 1 Sendok Makan Cuka Apel, Solusi Ampuh untuk Diet

Apakah benar cuka apel dapat dimanfaatkan untuk penurunan berat badan? Yuk, simak faktanya!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bikin Selai Kacang dengan 4 Bahan, Kaya Protein dan Cocok untuk MPASI

Bikin Selai Kacang dengan 4 Bahan, Kaya Protein dan Cocok untuk MPASI

Tak perlu beli, selai kacang bisa dibuat sendiri hanya dengan 4 bahan. Kamu juga bisa membuatnya lebih sehat dengan memilih bahan yang tepat.

Baca Selengkapnya
Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Memaksimalkan energi dalam tubuh membutuhkan pola makan yang holistik. Yuk, simak jenis-jenis makanan yang bisa memaksimalkan energi tubuh ini!

Baca Selengkapnya
Benarkah Tempe Mentah Lebih Sehat? Cari Tahu Faktanya

Benarkah Tempe Mentah Lebih Sehat? Cari Tahu Faktanya

Tempe mentah diklaim lebih sehat daripada yang diolah. Pakar pun menjelaskan fakta seputar kandungan kalori dan nutrisi tempe yang diolah serta mentah.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

Kurang lebih begini keadaannya kalau anak kantor jadi diajak bikin konten. Temen kalian ada yang kaya gini gak?

Baca Selengkapnya