Ada Coffee Drip Sachet Praktis, Tak Perlu Giling Lagi

Culinary | Minggu, 3 November 2019 08:03
Ada Coffee Drip Sachet Praktis, Tak Perlu Giling Lagi

Reporter : Mutia Nugraheni

"Kita menjawab permintaan dari masyarakat untuk menikmati kopi fresh di rumah",

Dream - Inovasi penyajian kopi semakin beragam. Salah satu yang kini banyak dilakukan adalah sajian kopi yang efisien, namun tanpa mengurangi kualitas rasanya.

Efisiensi menyeduh kopi ini, diterapkan oleh J.CO, yang baru saja merillis J.Coffee Drip, yaitu coffee sachet berisikan serbuk kopi segar. Kemudahan ini, membuat penyuka kopi bisa menyeduhnya di mana saja dan kapan saja dengan hanya berbekal air panas.

" Kita menjawab permintaan dari masyarakat untuk menikmati kopi fresh di rumah, di kantor, ataupun di tempat-tempat lain. Ini kopi fresh yang bisa disajikan secara cepat," ujar Board of Director J.CO Indonesia, Charlie Ernawan, di J.CO Blok M Plaza, Jakarta, Jumat, 1 November 2019.

J.Cofee Drip bukan sebuah kopi instan melainkan biji kopi yang sudah dihaluskan dan dikemas dalam bentuk coffee sachet. Terobosan coffee sachet ini, diakui Charlie merupakan yang pertama kali dihadirkan di Indonesia.

 

 

2 dari 6 halaman

Tak Perlu Giling Biji

Menurut Marketing Communications J.CO Indonesia, Meldes Santi, menyajikan serbuk kopi alih-alih biji kopi, akan memudahkan proses penyajian tanpa harus repot-repot menggiling biji kopi terlebih dahulu.

Kopi ini diklaim menghadirkan rasa kopi yang clean karena ampasnya sudah tersaring di dalam sachet.

J Coffee Drip© JCo

Terdapat enam varian J.Coffee Drip yang terbuat dari biji kopi berbagai macam wilayah. Antara lain Sumatra Passion, Sumatra Zest, Ethiopia Blossom, Mexico Velvet, Honduras Suave, dan Columbia Vivo.

J.Coffee Drip dapat dibeli dengan harga Rp19 ribu untuk pembelian satu sachet. Ada juga kemasan boks yang berisi enam sachet. Kemasan boks dibandrol dengan harga Rp 70ribu.

 

 

3 dari 6 halaman

Langkah Membuat Coffee Drip

Kopi terbaru ini hanya dijual di 13 outlet J.CO, yaitu di Mall Kelapa Gading, Metropolitan Mall Bekasi, Senayan City, Botani Square Bogor, Cilandak Town Square, BSD Square, Gandaria City, Pondok Indah Mall, Central Park, Supermall Karawaci, Mall Artha Gading, Terminal 3 Domestik, dan Puri Indah Mall.

J Coffee Drip© Dream


Cara Membuat J.Coffee Drip:

1. Siapkan air panas bersuhu 90â—¦ - 93â—¦ C.
2. Tumpahkan air dengan perbandingan 1:15 di dalam cangkir kopi berukuran 8 Oz.
3. Buka kemasan kopi dan tempatkan coffee sachet di atas permukaan cangkir
4. Tuangkan air panas ke dalam coffee sachet.
5. Diamkan selama 3 menit untuk hasil light, 4 - 5 menit untuk hasil medium, dan 6 menit untuk hasil bold.


Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

4 dari 6 halaman

Kopi Dijual Rp2,7 Juta Secangkir, Penemuan Resepnya Bikin Kamu Terkejut

Dream – Berapa uang yang rela kamu habiskan untuk menyesap secangkir kopi? Jika di kedai-kedai kopi, pada umumnya, secangkir kopi berkisar Rp20 ribu—Rp30 ribuan.

Berapa Gelas Kopi Sebaiknya Diminum Dalam Sehari?© MEN

Tapi, di Munch, ada menu kopi istimewa. Harganya pun fantastis.

Mengutip laman Oddity Central, Minggu 6 Oktober 2019, secangkir kopi di Munch—kedai kopi kecil di Osaka, Jepang- dijual seharga US$194 atau sekitar (Rp2,75 juta).

Kopi ini mahal karena bijinya telah disimpan selama berpuluh-puluh tahun. Cerita ini bermula dari pemilik sekaligus karyawan kedai, Kanji Tanaka.

Menurut Tanaka, dia biasanya menyajikan es kopi dari kulkas. Tapi, dia lupa kalau kopi yang diseduh itu sudah disimpan setengah tahun di sana. Tentu saja dia tak berani menyajikannya kepada pelanggan.

Tana lalu penasaran dengan es kopi berusia puluhan tahun tersebut. Dia memberanikan diri untuk mencicipi kopi itu masih layak atau tidak.

 

5 dari 6 halaman

Rasanya Unik

Ternyata di luar dugaan. Es kopi yang ditemukan karena ketidaksengajaan itu masih memiliki rasa yang enak. Malahan, kopi itu memiliki rasa yang spesial.

Setelah mendapatkan keunikan ini, dia menemukan barel kayu. Dikatakan barang ini bisa membuat alkohol yang lebih baik. Tanaka penasaran apakah barel kayu ini bisa membantunya dalam pembuatan kopi.

Dia menjajal barel kayu untuk menyimpan kopi dan mendiamkannya selama 10 tahun. Setelah 10 tahun kemudian, rasa kopi berubah menjadi manis, sama seperti sirup.

 

6 dari 6 halaman

Teknik Pembuatan Minuman Kopi

Jangan Minum Kopi Saat Sakit Kepala© MEN

Jadi, Tanaka mulai menggunakan biji kopi mentah berusia 20 tahun, menyangrai dan menggilingnya sendiri hingga diseduh menggunakan alat penyeduh kopi.

Penyeduhan kopi berlangsung sangat lama. Satu tetes pertama saja bisa mencapai 30 menit.

Bagaimana dengan rasa? Jurnalis Buzzfeed menceritakan bahwa rasa kopi vintage ini memiliki rasa yang manis, pekat, dan mirip cokelat.

Ada juga yang menyebut rasany mirip dengan dessert wine dengan tambahan cokelat. 

(Sah, Sumber: www.odditycentral.com)

Terkait
Join Dream.co.id