8 Cara Mencegah Makanan Dikerubungi Lalat dengan Bahan Alami

Culinary | Rabu, 3 Juni 2020 07:12
8 Cara Mencegah Makanan Dikerubungi Lalat dengan Bahan Alami

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Berikut beberapa cara yang bisa kamu praktekkan

Dream - Menemukan cara mencegah makanan dikerubungi lalat terkadang menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Hampir semua orang akan merasa terganggu saat hindangan yang tersaji di depannya dikerubungi lalat yang beterbangan bahkan hinggap di atas makanan itu. Secara refleks, kita akan berusaha mengusirnya dengan mengibaskan tangan agar lalat itu menjauh.

Cara tradisional mengusir lalat ini tentu membuat lelah. Alasannya lalat biasanya akan kembali bahkan semakin bertambah jumlahnya. Tak hanya menganggu kenyamanan saat makan, lalau juga diketahui bisa menjadi perantara sumber penyakit. 

Lalat biasanya tinggal di tempat kotor seperti tempat sampah dan selokan. Hal ini menjadikan alasan kenapa serangga ini berpotensi menularkan bakteri dan penyakit pada makanan dan minuman yang dihinggapinya. Satu ekor lalat dapat membawa sekitar 300 lebih jenis virus, bakteri, dan parasit penyebab penyakit seperti E.colli, Helicobacter pylori, salmonella, rotavirus, virus hepatitis A.

Menurut Dr Jeff Scott, profesor di Universitas Cornell, lalat dapat memindahkan bakteri pada tubuhnya tersebut dengan cepat ke dalam makanan yang di hinggapinya. Dalam waktu 1-2 detik makanan dapat terkontaminasi kuman. Wah, bahaya banget nih, Sahabat Dream untuk kesehatan.

Untuk itu, berikut Dream telah merangkumkan dari berbagai sumber mengenai cara mencegah makanan dikerubungi lalat secara alami. Bisa kamu praktekkan di rumah nih. 

2 dari 5 halaman

Cengkeh dan Lilin

 Cengkeh© Pixabay

Cengkeh

Cara mencegah makanan dihinggapi lalat secara alami dan mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan cengkeh. Aroma cengkeh yang cukup tajam membuat lalat tidak terlalu menyukainya.

Untuk mengusir lalat, kamu bisa menggunakan irisan jeruk dan cengkeh bersamaan. Atau kamu juga bisa merendam beberapa biji cengkeh pada semangkuk air. Kemudian letakkan rendaman cengkeh tersebut pada tempat yang berpotensi dihinggapi oleh lalat. Dijamin lalat akan enggan datang dan makananmu tetap terjaga. 

Lilin

Penggunaan lilin sebagai cara mencegah makanan dihinggapi lalat mungkin hal yang tak asing dilakukan sebagian orang. Cahaya lilin ampuh mengusir lalat dan serangga yang akan hinggap di makanan atau minuman.

Hal ini karena lalat tidak menyukai kondisi ruangan yang banyak asap. Karena lalat rentan dengan hawa panas dan cahaya, menyalakan lilin di sekitar makanan bisa kamu lakukan nih. 

Kamu bisa meletakkan lilin di beberapa sisi meja makanan untuk mengusir lalat. Kemudian biarkan lilin tetap menyala untuk mencegah lalat datang dan hinggap pada makanan maupun minuman di meja makanmu. 

 

3 dari 5 halaman

Cuka Apel, dan Garam

 manfaat cuka apel wajah kesehatan© MEN

Cuka Apel

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan cuka apel untuk mencegah makanan dihinggapi lalat. Cuka apel memiliki aroma yang menarik bagi lalat. Nah, hal ini dapat digunakan sebagai perangkap untuk lalat agar menjauhi makanan atau minuman. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa menyediakan botol plastik. Isilah botol plastik dengan cuka apel hingga setengah botol. Agar lebih ampuh mengusir lalat, kamu bisa menambahkan beberapa tetes sabun cuci piring. Kemudian lubangi botol dan pastikan bisa dimasuki lalat namun tidak cukup besar untuk lalat dapat kabur. 

Lalat pun akan terpancing dengan aroma cuka apel dan akan masuk ke dalamnya. Setelah lalat masuk, maka ia akan sulit keluar karena lubang yang dibuat sangat kecil. Makananmu pun dapat terhindar dari hinggapan lalat. 

 

Garam

Selain menjadi campuran bahan makanan, ternyata garam juga bisa kamu gunakan sebagai cara mencegah makanan dihinggapi lalat secara alami dan mudah lho.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengambil garam secukupnya kemudian menaburkan garam di sekitar area yang ingin dihindari oleh lalat. Lalat pun tidak akan datang dan makananmu bisa terhindar dari kuman dan bakteri. 

Kamu juga bisa mencampur garam dengan bubuk kunyit untuk mengusir lalat. Taburi ke berbagai sisi seperti di sekitar tudung saji makanan, area counter untuk memasak, atau tempat sampah dekat sink. Kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk mengusir semut lho, Sahabat Dream.

4 dari 5 halaman

Kayu Manis dan Plastik Berisi Air

 Bubuk kayu manis© Shutterstock

Kayu Manis

Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan kayu manis. Kamu bisa mencampurkan bubuk kayu manis dan air secukupnya dalam sebuah botol. Kemudian semprotkan campuran kedua bahan tersebut di sekitar makanan dan ruangan untuk mengusir lalat. 

Jangan lupa untuk menutupi makanan lebih dulu dengan tisu atau penutup lalu semprot secukupnya di sekitar makanan. 

 

Plastik Berisi Air

Menggunakan kantong plastik berisi air juga bisa menjadi cara mencegah makanan dihinggapi lalat. Lalat memiliki 3000-6000 mata pada setiap bulatan matanya yang membuatnya bisa mendeteksi gerakan cahaya.

Ketika kamu menggantungkan kantong air berisi plastik, lalat pun akan menjadi bingung karena kantong akan memantulkan cahaya di seluruh tempat. Letakkan gantungan plastik berisi air di ruangan yang memiliki cahaya terang.

5 dari 5 halaman

Daun Kemangi dan Potongan Timun

 20 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut© MEN

Daun Kemangi

Masyarakat Indonesia kebanyakan menggunakan daun kemangi sebagai lalapan ataupun campuran makanan. Namun ternyata kamu juga bisa memanfaatkan daun kemangi untuk mencegah makanan dihinggapi lalat. 

Selain mudah ditemukan, daun kemangi punya manfaat mengusir lalat. Caranya pun mudah dilakukan, yakni dengan mencelupkan kemangi ke dalam gelas atau wadah berisi air. Kemudian diamkan di tempat kamu menyimpan makanan, seperti di meja makan atau di dapur. Lalat pun tak akan mendekati makanan kamu. 

Potongan Timun

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan timun. Sama seperti daun kemangi, potongan timun biasa dijumpai sebagai lalapan untuk hidangan berbagai masakan. Namun ia pun ternyata tidak disukai oleh lalat. Kamu bisa memotong beberapa iris timun di sekitar makanan untuk mencegah lalat hinggap.

Join Dream.co.id