Ini 7 Makanan Berbahaya untuk Penderita Asma

Culinary | Jumat, 28 Agustus 2015 13:31
Ini 7 Makanan Berbahaya untuk Penderita Asma

Reporter : Dwi Ratih

Asma merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Cara terbaik untuk mengobatinya adalah menghindari beberapa faktor yang dapat memicu kambuhnya penyakit itu.

Dream - Asma merupakan penyakit peradangan kronis yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan bernapas. Saat penyakit itu dibiarkan, maka akan menjadi semakin parah dan dapat berujung pada kematian.

Setiap orang yang mengidap asma akan mengalami gejala yang berbeda. Tapi pada gejala yang umum biasanya akan ditandai dengan batuk dan sesak napas. Seperti yang dilansir dari boldsky.com pada Jumat, 28 Agustus 2015 yang menerangkan bahwa asma merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

Cara terbaik untuk mengobati asma adalah menghindari beberapa faktor yang dapat memicu kambuhnya penyakit itu. Selain faktor lingkungan, makanan menjadi penyebab utama asma seseorang bisa kambuh. Nah, untuk menghindari hal itu terjadi pada Anda sebaiknya hindari makanan-makanan di bawah ini:

1. Telur
Telur merupakan salah satu makanan yang bisa menyebabkan alergi pada penderita asma. Terutama bagian putih telur yang banyak mengandung protein. Kemudian protein inilah yang memicu alergi pada asma.

2. Kerang
Pengidap asma lebih baik untuk menghindari makanan berbahan kerang, karena kerang juga dapat memicu timbulnya alergi yang berbahaya untuk asma.

3. Susu
Susu yang banyak mengandung kalsium memang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Tapi proteiin pada susu dapat memancing reaksi terhadap alergi asma.

4.Kacang
Banyak yang tidak menyangka jika makanan yang satu ini dapat bereaksi buruk pada penderita asma. Tapi penelitian telah membuktikan bahaya kacang dapat menyebabkan alergi pada orang-orang pengidap asma.

5. Wine
Minuman yang berasal dari fermentasi ini bisa memicu bersin dan batuk. Wine merupakan penyebab terbesar dalam memicu kambuhnya asma karena kandungan alkohol di dalamnya memperburuk refluks asam. Sebuah gangguan di mana asam di lambung terdorong ke kerongkongan, karena katup yang memisahkan perut dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

6. Gandum
Gluten merupakan protein yang terkandung di dalam gandum. Kandungan itu sangat berbahaya karena dapat menyebabkan peradangan yang membatasi kemampuan seseorang untuk bernapas.

7. Kedelai
Kedelai banyak mengandung protein yang memicu terjadinya alergi, sehingga penderita asma yang kebanyakan mengonsumsi kedelai beriko membuat alergi semakin parah.

 

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id