7 Fakta Big Mac McDonald yang Jarang Diketahui Orang

Culinary | Minggu, 15 September 2019 17:32
7 Fakta Big Mac McDonald yang Jarang Diketahui Orang

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Big Mac merupakan salah satu menu favorit bagi sebagian besar orang. Yuk intip fakta menarik tentang Big Mac yang jarang diketahui berikut ini.

Dream – Siapa sih yang tidak tahu menu Big Mac? Menu ini jadi andalan dari gerai cepat saji McDonald dan memiliki banyak sekali penggemar.

Tidak hanya orang dewasa, tidak jarang anak kecil menyukai menu Big Mac ini. Meski sering dikonsumsi oleh masyarakat hampir di seluruh dunia, terdapat beberapa fakta tersembunyi dari sajian menu andalan ini.

Dengan roti dengan taburan wijen di atasnya, Big Mac biasanya berisi dua lapis daging, selada segar, keju, acar, potongan bawang. Saus khas Big Mac membuat siapa saja tidak akan pernah menolaknya. Apalagi disajikan bersama dengan cola dingin, wah menjadi semakin menggoda iman sekali ya Sahabat Dream.

Namun, apa sih fakta tersembunyinya? Penasaran kan? Tidak usah berlama-lama, yuk langsung saja simak informasinya berikut ini.

2 dari 8 halaman

Berusia 51 Tahun

 7 Fakta Sajian McDonald Big Mac yang Jarang Diketahui Orang

Pada bulan Agustus tahun 1968, roti lapis super baru bernama Big Mac McDonal tersedia bagi pelanggan di suluruh negeri. Tahun sebelumnya, Big Mac telah dirilis oleh sang pendiri waralaba Ray Kroc yang juga penggemar dari McDonalds di Uniontown, Pennsylvania.

Atas persetujuannya, Big Mac dijual secara nasional di tanah kelahirannya, AS, di tahun berikutnya. Dihitung dari hari pertama kelahirannya, Big Mac McDonalds telah ada sejak 52 tahun yang lalu dan dijual sejak 51 tahun yang lalu.

3 dari 8 halaman

Dibuat untuk Pekerja Baja

 7 Fakta Sajian McDonald Big Mac yang Jarang Diketahui Orang

Pada awal mulanya, Jim Delligatti, pemilik restoran Uniontown yang memulai debutnya. Pada tahun 1960an, restoran ini memiliki pelanggan regulernya yang merupakan pekerja di pabrik baja. Mereka akan datang ke restoran dalam keadaan kelaparan.

Pada saat itulah, Jim berpikir jika burger keju single-patty sederhana tidak akan cukup menghalau rasa lapar itu. Jadilah, Jim bereksperimen dengan memberikan dua lapis roti serta menambahkan acar dan bawang di dalam satu burger.

4 dari 8 halaman

`Saus Rahasia` Big Mac Tidak Ada Nama

 7 Fakta Sajian McDonald Big Mac yang Jarang Diketahui Orang

Pernahkah kalian melihat iklan Big Mac di tahun 1968? Itu merupakan iklan asli yang digunakan untuk memperkenalkan Big Mac kepada masyarakat luas. Pada iklan tersebut, saus dari Big Mac disebutkan sebagai “ saus rahasia”.

Penyebutan tersebut bertahan hingga tahun 1974. Setelahnya, penyebutan saus Big Mac mengalami perubahan berkali-kali. Meskipun begitu, bahan yang digunakan pada saus rahasia tersebut tetap sama hingga saat ini.

5 dari 8 halaman

Saus Big Mac Mengalami Perulangan yang Berbeda

 7 Fakta Sajian McDonald Big Mac yang Jarang Diketahui Orang

Ternyata perjalanan membuat saus khusus untuk Big Mac cukup panjang. Dalam beberapa tahun pertama, McDonalds bereksperimen dengan dua versi saus dan menyadari jika perpadauan tersebut bekerja dengan baik.

McDonalds lalu menyebut saus ini dengan “ Big Mac Sauce ‘72’”. Pada tahun 1991, saus Big Mac mengalami perubahan kembali. Kali ini versi terbaru dari saus Big Mac bertahan hingga awal abad ke-21.

Tidak berhenti disitu saja, pada tahun 2004, Fred Turner selaku mantan CEO McDonald serta teman dari Ray Kroc sendiri memutuskan untuk mengembalikan saus Big Mac dengan resep awal atau asli.

6 dari 8 halaman

The Whopper Berusia Lebih Lama

 7 Fakta Sajian McDonald Big Mac yang Jarang Diketahui Orang

Meskipun Big Mac telah berusia lebih dari setengah abad, ternyata The Whopper memiliki usia lebih atas usia Big Mac. Whopper dirilis pada tahun 1957 di Miami, Florida. Itu berarti The Whopper berusia lebih dari 10 tahun di atas Big Mac McDonalds. Perilisan The Whopper dilakukan 2 tahun setelah Ray Kroc menandatangi kontrak dengan McDonald, perusahaan yang baru lahir. Dengan seiring berjalannya waktu, Big Mac mampu menguasi kepopularitas keseluruhan daripada Whopper. Persaingan mereka masih terus berlanjut, di tahun 1997 McDonalds merilis Big N ‘Tasty yang dikhususkan untuk bersaing dengan Whopper yang saat itu Burger King juga merilis Big King.

7 dari 8 halaman

Sajian Favorit Kedua di McDonald

 7 Fakta Sajian McDonald Big Mac yang Jarang Diketahui Orang

Kenikmatan yang tidak tertandingi membuat Big Mac mampu menarik para penggemarnya. Pada tahun 2017 saja, McDonald tercatat telah menjual sajian Big Mac sebanyak lebih dari satu miliar. Tidak heran jika Big Mac menjadi sajian favorit kedua di McDonald. Untuk diketahui, peringkat nomor satu diduduki oleh kentang goreng yang menjadi sajian favorit.

8 dari 8 halaman

Switzerland Menjual Big Mac Termahal

 7 Fakta Sajian McDonald Big Mac yang Jarang Diketahui Orang

Jika ingin membeli Big Mac di Switzerland mungkin kalian harus tahu untuk satu porsi Big Mac akan dibandrol seharga US$ 6,89 (Rp 96.218). Tingginya harga dari Big Mac tersebut membuat Switzerland menjadi negara yang menjual Bic Mac termahal di dunia. Tidak hanya negara itu saja, Norwegia, Swedia serta Finlandia juga membandrol Big Mac seharga US$ 5 (Rp 69.825).

Sebenarnya tidak semua negara di kawasan Eropa menjual Big Mac dengan harga tinggi. Contohnya saja di Ukraina menawarkan satu porsi Big Mac seharga US$ 1,60 (Rp 22.344) yang menjadikannya sebagai negara yang menjual Big Mac termurah di dunia. Kemudian di susul oleh Malaysia, Rusia serta Afrika Selatan yang menawarkan satu porsi Big Mac seharga US$ 2,50 (Rp 34.912).
 
 
 
(Sumber: Reader’s Digest)

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id