6 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menyehatkan Gigi dan Mulut

Culinary | Senin, 8 Agustus 2022 06:47

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Buah duku kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan dan membantu proses diet.

Dream – Duku adalah buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah duku banyak dijual di pasar dan toko-toko buah yang berada di pinggir jalan. Biasanya buah ini dijual perkilo dengan harga yang cukup terjangku. Duku berbentuk bulat kecil dengan kulit berwarna cokelat muda disertai dengan getah yang terasa lengket ketika kamu mengupasnya. Sedangkan daging buahnya terasa kenyal dengan rasa manis agak asam yang menyegarkan.

Selain lezat, buah yang mirip dengan langsat ini juga sangat baik untuk kesehatan. Buah yang memiliki nama latin Lansium parasiticum ini memiliki berbagai kandungan, seperti vitamin, serat, dan mineral dalam kadar yang cukup tinggi. Kesemua kandungan itulah yang sangat diperlukan bagi tubuh.

Karena bentuknya yang kecil-kecil, sahabat Dream bisa membelinya dalam jumlah banyak dan menjadikan buah duku sebagai camilan di rumah yang menyehatkan. Untuk mengetahui apa saja manfaat buah duku untuk kesehatan, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui bola.com.

6 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menyehatkan Gigi dan Mulut
Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan© Shutterstock.com

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah duku yang pertama adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Di mana jantung adalah organ yang sangat penting bagi tubuh. Organ ini berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jadi, ketika jantung mengalami masalah, maka kesehatan manusia pun akan terganggu. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu memerhatikan kesehatan jantung, salah satunya melalui makanan yang sahabat Dream konsumsi sehari-hari.

Nah, buah duku bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah ini memiliki kandungan berupa vitamin C yang cukup tinggi dan membuatmu terhindar dari penyakit jantung karena dinding pembuluh darah yang rusak. Vitamin C inilah yang nantinya akan memperbaiki dinding pembuluh darah dan menjauhkan seseorang dari penyakit jantung.

Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan darah. Biasanya penyakit ini ditandai dengan rasa lemas dan pusing. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka bisa berdampak buruk bagi tubuh. Namun sahabat Dream tidak perlu khawatir karena penyakit ini bisa dicegah dengan cara mengonsumsi buah duku.

Buah ini memiliki kandungan zat besi yang mampu meningkatkan sel darah merah. Selain itu, bagi penderita anemia sebaiknya mengonsumsi buah duku untuk mengobatinya secara alami. Sedangkan orang yang menderita hipertensi diperbolehkan mengonsumsi buah duku dalam jumlah yang tidak berlebihan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan© Freepik.com

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Gigi dan mulut adalah bagian tubuh yang sangat aktif setiap harinya. Di mana kedua bagian itulah yang membantu kita dalam mengonsumsi makanan hingga akhirnya makanan tersebut bisa masuk ke dalam tubuh setelah melalui proses penggilingan di dalam mulut dengan bantuan gigi.

Namun, ingatlah bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Selain rajin menggosok gigi, sahabat Dream juga bisa mengonsumsi buah duku untuk menjaga kesehatannya. Buah duku memiliki kandungan vitamin C dan vitamin D yang membantu mengatasi masalah mulut seperti sariawan, gusi berdarah, dan bau mulut.

Tak hanya itu saja, ketika sahabat Dream mengonsumsi buah duku maka bisa membuat gigi lebih kuat karena duku memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang juga baik untuk menguatkan tulang.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah duku yang tak kalah penting adalah bisa meningkatkan kesehatan mata. Hal ini karena duku memiliki kandungan berupa riboflavin yang adalah senyawa penting dan bagian dari vitamin B kompleks. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa di tahun 2005 pernah dilakukan penelitian, yakni Archives of Opthalmology yang menemukan bahwa kekurangan riboflavin bisa meningkatkan penyakit mata, terutama katarak.

Nah, untuk menjaga mata agar tetap sehat, maka sahabat Dream bisa mengonsumsi buah duku ini. Di mana dengan mengonsumsi sebanyak 3,5 ons buah duku bisa memenuhi kebutuhan riboflavin harian kamu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan© Freepik.com

Menurunkan Berat Badan

Upaya menurunkan berat badan haruslah diimbangi dengan penerapan pola hidup sehat, yakni dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Buah duku bisa menjadi pilihan sahabat Dream untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena duku mengandung serat yang tinggi. Di mana nantinya akan membantu mengurangi kalori dalam tubuh dan membuat pencernaan menjadi lancar.

Bahkan jika sahabat Dream mengonsumsi buah duku dalam jumlah yang cukup, maka bisa membuat kamu tidak cepat lapar dan haus. Ini tentunya sangat baik untuk mendukung usaha sahabat Dream menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah duku juga ampuh dalam mengontrol dan menormalkan kolesterol. Sehingga kamu bisa terhindar dari penyakit, seperti serangan jantung, hipertensi, obesitas, dan stroke.

Menguatkan Tulang

Manfaat buah duku mampu menguatkan tulang. Seperti diketahui bersama bahwa tulang membutuhkan asupan kalsium agar kekuatannya selalu terjaga. Nah, buah duku ini memiliki kandungan kalsium yang diperlukan oleh tulang. Selain itu juga terdapat kandungan magnesium yang turut mendukung kekuatan tulang.

Jika sahabat Dream rajin mengonsumsi buah duku, maka hal ini akan menghindarkan kamu dari penyakit osteoporosis. Sahabat Dream juga akan mendapatkan asupan fosfor ketika mengonsumsi buah ini yang penting juga untuk kesehatan tulang.

Join Dream.co.id