6 Makanan Halal Khas Lombok, Lezat dan Sehat

Culinary | Selasa, 17 September 2019 18:03
6 Makanan Halal Khas Lombok, Lezat dan Sehat

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Sudah bersiap liburan ke Lombok? Yuk intip dulu makanan halal khas Lombok, biar liburan tenang tapi perut tetap kenyang.

Dream - Pulau Lombok termasuk dalam bagian Kepulauan Sunda Kecil Nusa Tenggara. Letaknya tak jauh dari Pulau Dewata Bali, dan sama-sama memiliki pemandangan alam yang memukau dan jadi destinasi wisata andalan Indonesia.

Kedekatan geografis dengan Bali, membuat keduanya juga memiliki kesamaan di bidang kuliner. Banyak makanan khas Lombok memiliki cita rasa yang mirip dengan kuliner Bali, seperti sate buntal, olahan ayam, dan masih banyak lagi.

Sebagai muslim, memilih kuliner saat berlibur ke tempat asing jadi prioritas. Terlebih di tempat wisata populer yang penuh dengan turis asing, seperti Bali dan Lombok. Biasanya banyak tempat makan yang menyediakan makanan dengan menggunakan bahan yang tidak halal.

Nah, bagi Sahabat Dream yang hendak berlibur ke Lombok jangan khawatir. Berikut 6 makanan halal khas Lombok yang bisa dicoba tanpa khawatir akan jaminan kehalalannya.

2 dari 7 halaman

Makanan Halal Khas Lombok, Ayam Taliwang

 Makanan Khas Lombok

Makanan olahan dari ayam ini dengan mudah ditemui hampir di setiap daerah di Indonesia. Menu ini aslinya berasal dari Lombok.

Di Lombok, Ayam Taliwang menjadi salah satu kuliner khas Suku Sasak. Makanan ini dijamin halal, karena sebagian besar masyarakat suku sasak beragama Islam, sehingga cara memasaknya pun sesuai dengan aturan.

Tak kalah dengan olahan ayam dari daerah lain, Ayam Taliwang dimasak dengan bumbu pedas dan pasta udang atau kaldu udang. Campuran rempah dan cita rasa laut dari kaldu udang, membuat Ayam Taliwang terasa sangat gurih. Hampir tak ada daerah yang memasak ayam dengan cita rasa laut seperti Ayam Taliwang ini.

3 dari 7 halaman

Makanan Halal khas Lombok, Ayam Balap Puyuh

 Makanan Khas Lombok

Selain Ayam Taliwang, kuliner khas Lombok dari bahan daging ayam lainnya ialah Ayam Balap Puyuh. Kuliner satu ini berasal dari Desa Puyung yang terletak di Lombok bagian tengah. Sama seperti Ayam Taliwang, kuliner Lombok ini juga halal untuk dikonsumsi muslim.

Ayam Balap Puyuh memiliki penyajian yang ramai. Kalau Ayam Taliwang bisa disajikan sendiri, Ayam Balap Puyuh harus ditemani dengan nasi, sayuran, parutan kelapa seperti serundeng, dan diberi suwiran daging ayam bumbu pedas.

Kalau di Jawa mungkin mirip dengan Nasi Rames, bedanya, daging ayam yang digunakan Ayam Balap Puyuh lebih banyak dan beragam. Ayam Balap Puyuh juga pas untuk menemani makan siang di pantai dengan semilir angin laut yang menyegarkan.

4 dari 7 halaman

Makanan Halal khas Lombok, Sate Rembiga

Di Lombok ada banyak jenis kuliner sate, seperti sate buntel, sate bulayak, sate tanjung, dan sate-sate lainnya. Berbagai jenis sate tersebut terbuat dari berbagai macam jenis daging, dan untuk mengantisipasi bahan yang tidak halal, Sahabat Dream bisa memilih Sate Rembiga sebagai pengganti sate-sate yang lain.

 Makanan Khas Lombok

Sate Rembiga tak jauh berbeda dari sajian sate di Pulau Jawa. Bedanya, sate khas Lombok ini menggunakan daging sapi dengan bumbu kecap pedas. Satu lagi yang membuat sate ini unik, yaitu kelembutan daging yang tak ada duanya.

Lombok memang dikenal sebagai tempat yang bebas bagi sapi, bahkan banyak sapi liar di sana. Berbeda dengan Bali yang menganggap sakral seekor sapi, di Lombok, daging sapi sudah seperti daging ayam. Itulah yang membuat mengapa daging sapi di Lombok jauh lebih lembut dan empuk.

5 dari 7 halaman

Makanan Halal khas Lombok, Babalung

Kuliner khas Lombok selanjutnya yang terbuat dari daging ialah Babalung. Dari bahasanya mungkin kita sudah tahu kalau masakan ini mengandung lebih banyak tulang dibanding daging, seperti tengkleng. Bagi wisatawan muslim, tak perlu khawatir, umumnya Babalungan dibuat dari daging sapi atau kambing, jadi dijamin kehalalannya.

 Makanan Khas Lombok

Hal yang membuat Babalung berbeda dengan Tengkleng adalah bumbu yang digunakan. Walau sama-sama memiliki kuah kental dan pedas, Babalung memiliki cita rasa yang sedikit asam karena menggunakan potongan lemon.

Cita rasa ini mungkin hanya bisa ditemui di Lombok saja, jadi bagi Sahabat Dream yang berlibur ke Lombok, jangan sampai tidak mencicipi makanan halal khas Lombok satu ini.

6 dari 7 halaman

Makanan Halal khas Lombok, Plecing

 Makanan Khas Lombok

Puas dengan kuliner khas Lombok yang terbuat dari daging, kini beralih ke kuliner yang sudah terjamin kehalalannya karena terbuat dari sayur-sayuran. Makanan halal khas Lombok dari sayuran yang pertama yaitu Plecing.

Kuliner yang terbuat dari kangkung yang dibumbui pedas ini sudah sangat terkenal. Sekilas, Plecing mirip dengan tumis kangkung yang diberi sambel lebih banyak. Jangan salah Sahabat Dream, rasanya berbeda, lho, karena Plecing ditumis dengan menggunakan kaldu udang, jadi rasanya jauh lebih gurih daripada tumis kangkung pada umumnya.

Penyajian Plecing biasanya tak sendiri, serundeng khas Lombok dan kacang goreng selalu siap menikmati. Ditambah dengan nasi hangat, membuat Plecing tak hanya lezat tapi juga mengenyangkan.

7 dari 7 halaman

Makanan Halal khas Lombok, Beberuk

 Makanan Khas Lombok

Selain Plecing, kuliner khas Lombok yang terbuat dari sayuran lainnya yaitu Beberuk, atau lebih dikenal sebagai salad-nya orang Lombok. Terbuat dari sayuran segar, seperti kacang panjang, terong, dan timun, membuat Beberuk memiliki nutrisi yang komplit.

Tak hanya sehat, cita rasa Beberuk sangat khas dengan saus tomatnya yang unik dan kuahnya yang segar, membuat siapa saja yang melihatnya tergoda untuk mencoba.

Kalau Plecing bisa dinikmati dengan nasi hangat, berbeda dengan Beberuk yang lebih nikmat disantap sebagai sup segar. Apalagi kalau disantap sambil menikmati senja di pantai Lombok yang indah-indah, duh liburan terasa lengkap. (mut)

Sumber: Wonderful Indonesia, dan sumber lainnya

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik
Join Dream.co.id