6 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Saat Memasak Nasi

Culinary | Rabu, 30 Januari 2019 09:44
6 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Saat Memasak Nasi

Reporter : Cynthia Amanda Male

Tanpa disadari kita. Apa saja?

Dream - Nasi merupakan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Meski begitu, tidak semua orang Indonesia bisa memasak nasi dengan baik dan benar.

Matang tidak rata, terlalu lengket, terlalu keras, atau terlalu lembek adalah sekian masalah yang dihadapi ketika memasak nasi.

Padahal, memasak nasi sudah dipermudah dengan hadirnya teknologi berupa rice cooker. Hanya saja, sebagian orang memasak nasi masih menggunakan cara lama.

Dikutip dari Reader's Digest, berikut 6 kesalahan umum memasak nasi secara tradisional tanpa rice cooker dan cara memperbaikinya.

1. Nasi Lembek atau Keras

Solusinya, periksa rasio beras dengan air yang digunakan untuk memasak nasi. Berikut adalah beberapa panduan rasio beras dan air yang tepat agar nasi tidak keras atau lembek.

200 gram beras bulir pendek membutuhkan 354 mililiter air.
185 gram beras bulir panjang membutuhkan 414 mililiter air.
190 gram beras cokelat membutuhkan 473 mililiter air.

2. Bagian Bawah Nasi Gosong

Solusinya, coba masak nasi dengan api kecil atau nyala terendah saat memasak nasi. Seharusnya uap dari air itu yang bekerja mematangkan nasi, bukan api dari kompor. Selain itu, jangan menggunakan tempat memasak nasi yang terlalu tipis bagian bawahnya.

 

2 dari 3 halaman

Keras dan Lengket

3. Nasi Terlalu Keras

Solusinya, gunakan wadah yang memiliki tutup yang rapat saat memasak nasi. Jika tutup panci tidak tertutup dengan benar, uap yang bertugas mematangkan nasi akan keluar.

Jika tutup wadah untuk memasak nasi tidak bisa menutup dengan rapat, lapisi dengan serbet atau kain yang bersih di bawahnya.

 Memasak Nasi

4. Nasi Menjadi Lengket

Jika nasi lengket ketika matang, maka ada kesalahan saat mencuci berasnya. Beras yang saling bergesekan akan menciptakan bubuk tepung pati yang halus.

Ketika beras ini langsung dimasak (bersentuhan dengan air), bubuk tersebut akan menjadi sangat lengket yang menyebabkan butir-butir nasi saling menempel.

Agar tidak terjadi demikian, sebaiknya beras dicuci terlebih dahulu untuk membuang bubuk tepung pati tersebut. Bisa juga ditambahkan minyak atau mentega saat memasak supaya nasi tidak lengket.

3 dari 3 halaman

Hambar, Matang tapi Tak Rata

5. Nasi Matang Tapi Tidak Rata

Nasi matang tapi tidak rata biasanya karena kita mengaduk nasi saat baru saja matang. Untuk mengatasinya, kita sebaiknya menunggu hingga 15 menit agar sisa panas yang ada menyebar secara merata.

 Memasak Nasi

6. Nasi Terasa Hambar

Umumnya, nasi memang terasa hambar karena kita tidak menambahkan bumbu ke dalamnya. Namun, jika ingin nasi terasa sedikit gurih, kita bisa menambahkan mentega atau garam saat memasaknya. Lebih bagus lagi jika menggunakan air kaldu sebagai air untuk memasak nasi.

(Sah, Sumber: Reader's Digest)

Terkait
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id