5 Teh Nikmat yang Bisa Redakan Perut Kembung

Culinary | Rabu, 24 November 2021 17:48

Reporter : Mutia Nugraheni

Bila kamu mengalami kembung, disarankan untuk meminumnya tanpa pemanis.

Dream - Perut terasa penuh dan kembung tentunya sangat tidak nyaman. Bagi Sahabat Dream yang kerap mengalami keluhan kembung, apa yang biasanya dilakukan untuk meredakannya?

Mungkin ada yang langsung mengonsumsi obat pereda kembung baik yang cair maupun yang tablet. Sebenarnya ada cara yang lebih nikmat, yaitu minum teh hangat. Teh, menurut Natasha Fuksina, seorang dokter spesialis penyakit dalam menjelaskan bahwa sebagian besar teh hangat membantu mengurangi gejala kembung.

" Cairan langsung masuk ke perut dan mencapai usus dalam beberapa menit. Tergantung pada jumlah makanan di usus, mungkin diperlukan 10 hingga 30 menit untuk teh membantu meringankan gejala kembung," ujar dr. Natasha, dikutip dari PopSugar.

Bila kamu mengalami kembung, disarankan untuk meminumnya tanpa pemanis. Pasalnya, tambahan gula atau pemanis lainnya bisa membuat kembung tak mereda atau semakin parah. Ia pun menyarankan empat jenis teh berikut untuk diminum saat kembung.

Teh Hijau

" Teh hijau merupakan teh yang tidak difermentasi, kaya akan senyawa polifenol, dan juga memiliki efek antioksidan, anti-inflamasi, dan anti bakteri" ujar dr. Natasha.

Minuman ini dapat mengaktifkan antioksidan dalam saluran pencernaan, yang dapat menghambat aktivitas karsiogenik. Itulah mengapa sangat baik teh ini sangat baik untuk mengurangi peradangan yang terkait dengan gangguan pencernaan.

 

5 Teh Nikmat yang Bisa Redakan Perut Kembung
Minum Teh/ Foto: Shutterstock
2 dari 4 halaman

Teh jahe
Menurut dr. Natasha, teh jahe terbuat dari senyawa aktif yang disebut gingerol, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, menjadikannya pilihan rasa yang enak untuk menghilangkan gangguan pencernaan, kembung, dan mual.

 Teh peppermint© Shutterstock

Teh pepermint
Teh yang diseduh dari daun tanaman yang mengandung banyak minyak peppermint ini mungkin adalah salah satu teh paling populer dan disukai banyak orang. Teh ini mengandung fenol dan flavonoid, yang memiliki efek relaksasi pada jaringan gastrointestinal.

 

3 dari 4 halaman

Teh licorie
Teh licorie dapat membantu meringankan kejang, sembelit, dan peradangan dan hal lainnya yang dapat menyebabkan kembung, teh ini merupakan pilihan yang tepat untuk redakan kembung.

 Teh chamomile© Shutterstock

Teh chamomile
Teh chamomile sering direkomendasikan karena sifatnya yang menenangkan sistem pencernaan. Termasuk efek mengurangi masalah pencernaan. Minumlah dalam keadaan hangat dan tanpa gula.

 

Laporan Anzila Riskia Putri

4 dari 4 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

Join Dream.co.id