5 Menu Ini Wajib Ada Saat Lebaran, Apa Saja?

Culinary | Rabu, 12 Mei 2021 10:20

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Budaya masyarakat Indonesia jelang lebaran, akan sibuk mengolah berbagai macam menu. Kira-kira apa saja?

Dream - Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang ditunggu dengan penuh suka cita bagi muslim di Indonesia. Menjelang lebaran, seringkali kita disibukkan dengan berbagai keperluan.

Selain soal baju baru, masyarakat biasanya juga sibuk mengolah berbagai macam menu khas lebaran. Menghidangkan menu spesial saat lebaran seolah telah menjadi tradisi bagi bangsa Indonesia.

Makanan khas ini biasanya dinikmati saat berkumpul bersama keluarga. Tentunya hal ini dilakukan dalam rangka untuk membuat suasana lebaran semakin meriah.

Di samping itu, Indonesia juga dikenal memiliki kuliner khas yang beraneka ragam. Bahkan beberapa kuliner tradisional menjadi salah satu makanan paling enak di dunia.

Lalu apa saja menu makanan khas lebaran di Indonesia? Dilansir dari merdeka.com, berikut ulasannya.

 

5 Menu Ini Wajib Ada Saat Lebaran, Apa Saja?
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

1. Ketupat

 Ilustrasi
© Shutterstock

Menu makanan khas lebaran yang tidak boleh dilewatkan adalah ketupat. Makanan ini sudah menjadi menu wajib saat Hari Raya Idul Fitri.

Hampir dapat dipastikan setiap keluarga di Indonesia membuat ketupat saat lebaran tiba. Ketupat merupakan hidangan khas Asia Tenggara yang berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda.

Jenis makanan ini biasa dihidangkan dengan opor ayam, sate, rendang, dan lain sebagainya. Tekstur nasi yang padat dan lembut menjadikan ketupat sebagai salah satu makanan khas yang digemari oleh semua kalangan.

3 dari 6 halaman

2. Opor Ayam

 Ilustrasi
© Shutterstock

Menu makanan khas lebaran berikutnya ialah opor ayam. Makanan berbahan dasar ayam yang diolah menggunakan santan ini sangat populer di Indonesia.

Biasanya opor ayam disajikan dengan ketupat dan beragam aneka lalapan. Cara pembuatan opor ayam cukup mudah, yaitu merebus yang di beri bumbu santan.

Setelah itu ditambah menggunakan bumbu lainnya seperti kencur dan serai. Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan opor ayam sering dihidangkan saat Hari Raya Idul Fitri.

 

4 dari 6 halaman

3. Rendang

 Ilustrasi
© Shutterstock

Rendang merupakan salah satu makanan paling lezat di dunia. Makanan tradisional khas Minangkabau ini menjadi menu makanan yang sering dihidangkan saat lebaran tiba.

Rendang dihasilkan dari proses memasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama. Bumbu utama yang digunakan dalam memasak rendang di antaranya daging sapi, santan kelapa, cabai dan rempah-rempah.

Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan makanan ini berhasil masuk ke dalam daftar makanan paling enak di dunia.

5 dari 6 halaman

4. Semur

 Ilustrasi
© Shutterstock

Menu makanan khas lebaran yang tidak boleh dilewatkan saat lebaran adalah semur. Makanan berbahan dasar daging dengan kuah berwarna cokelat ini sering ditemui ketika Hari Raya Idul Fitri.

Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan menu makanan khas lebaran ini sangat digemari oleh masyarakat. Seringkali semur dihidangkan dengan nasi hangat atau ketupat.

Dengan campuran tempe, telur dan tahu menjadikan semur terasa semakin nikmat.

 

6 dari 6 halaman

5. Kue Nastar

 Kue nastar
© Shutterstock

Kue nastar menjadi salah satu menu makanan yang sering dihidangkan ketika lebaran. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, vanilli dan telur.

Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah menjadikan kue nastar selalu berhasil menggugah selera.

Setiap HarI Raya Idul Fitri kita dapat menemukan kue nastar di atas meja. Menu khas lebaran ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh panas ketika berkumpul bersama keluarga.

Sumber: merdeka.com

Join Dream.co.id