5 Makanan Pahit Cocok untuk Diet Plus Bisa Hambat Pertumbuhan Sel Kanker

Culinary | Selasa, 23 Februari 2021 06:48
5 Makanan Pahit Cocok untuk Diet Plus Bisa Hambat Pertumbuhan Sel Kanker

Reporter : Dwi Ratih

Jangan ragu untuk coba!

Dream – Rasa pahit tampak jadi musuh bersama. Bahkan makanan pahit jarang diminati dan akan dihindari kecuali karena kebutuhan penting seperti meminum obat, setuju nggak Sahabat Dream?

Namun, apakah Sahabat Dream tahu bahwa beberapa makanan pahit memiliki banyak nutrisi dan lebih baik dari makanan asin atau manis lainnya.

Selain bergizi karena dapat meningkatkan kesehatan, makanan pahit melindungi tubuh dari beberapa penyakit, seperti peradangan usus serta membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh secara alami.

Makanan dengan rasa kuat ini mampu meningkatkan air liur dan asam lambung sehingga dapat membantu menstimulasi sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. Makanan pahit juga dipercaya sangat cocok bagi orang-orang yang sedang diet.

Pada saat diet, orang tetap membutuhkan nutrisi yang cukup meski lebih sedikit mengonsumsi makanan. Jadi sertakan makanan pahit pada saat kalian diet ya, sahabat dream.

Nah, makanan pahit apa saja yang baik dikonsumsi saat diet? Ini jawabannya!

2 dari 6 halaman

1. Pare

Meski pahit, pare memiliki kandungan fitokimia, seperti triterpenoid, polifenol, dan flavonoid yang diketahui dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, makanan ini merupakan obat alami untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

 Ilustrasi© Shutterstock

2. Sayuran cruciferous

Sayuran ini termasuk dalam kategori makanan pahit, seperti brokoli, kubis, lobak, dan bayam. Sayuran ini memiliki rasa yang sangat kuat karena ada senyawa glukosinolat yang bayak bermanfaat untuk kesehatan.

Pada studi juga menunjukan orang yang sering mengkonsumsi ini tidak rentan terhadap kanker.

3 dari 6 halaman

3. Kakao

Tidak banyak orang yang menyukai coklat hitam pahit. Tetapi coklat hitam sangat sehat karena mengandung kakao yang tinggi.

Rasa pahit yang disebabkan adanya polifenol dan antioksidan di dalam kokoa dapat memperlebar pembuluh darah dan mengurangi peradangan.

Coklat pahit biasa juga dikemas dengan berbagai macam mineral baik, seperti zinc, copper, manganese, magnesium, dan iron.

 Ilustrasi© Shutterstock

4. Kulit jeruk

Buah citrus seperti lemon dan jeruk memiliki rasa yang tajam karena kaya akan vitamin C.

Selain buahnya pada kulit buah ini juga bergizi dan menyehatkan tetapi memiliki rasa pahit karena mengandung flavonoid yang berfungsi melindungi buah dari hama.

Kulit buah ini dapat diparut dan ditambahkan sebagai bahan makanan untuk rasa dan kesehatan yang lebih baik.

4 dari 6 halaman

5. Green tea

Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan berat badan, pencernaan yang lebih baik, kekebalan dan peningkatan kesehatan jantung. Daunnya memiliki rasa pahit alami karena mengandung katekin dan polifenol di dalamnya.

Untuk mendukung diet kamu, konsumsi dua cangkir teh hijau dalam sehari agar tetap sehat.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Times of India)

5 dari 6 halaman

Cerita Kania Dachlan Turunkan Bobot Tubuh Sampai 40 Kilogram

Dream - Punya bobot tubuh kurus masih jadi dambaan banyak orang, terutama buat kaum Hawa. Mungkin yang ada di benak mereka, badan ideal dapat memberikan penampilan terbaik.

Padahal badan yang kurus bukan berarti sehat, lho! Untuk mendapatkan bentuk badan sesuai keinginannya itu, enggak sedikit orang rela diet ekstrem bahkan terbilang tidak sehat.

Jadi, buat kamu yang ingin menurunkan berat badan jangan ragu buat banyak riset dan konsultasi ke pakar kesehatan agar tidak berefek buruk.

Kania Dachlan, salah seorang plus size model sukses menurunkan bobot tubuhnya sampai 40 kilogram.

6 dari 6 halaman

Kania beberkan rahasianya

Berawal ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, ia bertekad untuk menghempas lemak-lemak di tubuhnya agar kembali ke berat tubuh sebelumnya, yaitu di angka 60an kilogram.

Sempat tidak menstruasi selama tiga bulan adalah motivasi Kania untuk memulai hidup sehat.

Bagi Kania turun berat badan adalah bonus dalam menjalani hidup sehat, karena sebenarnya ketika menjalani diet berat badan bukanlah jadi patokan dari dietnya berhasil atau tidak, bisa saja Sahabat Dream merasa beratnya tidak turun padahal massa ototnya bertambah.

Sahabat Dream ketinggalan menyimak cerita Kania? Yuk tonton siaran ulang Ngobras Live Dream bersama Kania, yang juga membagikan tips #FitwithKania di IGTV Dream.co.id berikut ini.

Join Dream.co.id