5 Ide Camilan Sehat Agar Tetap Berenergi Jalani PPKM

Culinary | Selasa, 10 Agustus 2021 18:12

Reporter : Dwi Ratih

Ayo tetap semangat jalani hidup meski harus melewati PPKM.

Dream – Siapa yang selama #dirumahaja jadi malah sering jajan? Memiliki waktu luang lebih banyak memang membuat kita kerap dilanda bosan. Mengunyal camilan menjadi salah satu pelarian yang bisa membuat hati dan mood bergairah.

Bekerja, belajar, dan melakukan seluruh aktivitas dari rumah membuat kita lupa diri untuk berhenti mengemil.

Dilansir dari Healthline, ketika kamu merasa lapar padahal baru saja makan, camilan sehat dapat jadi pilihan tepat untuk kekuatan tubuh. Namun pastikan camilan yang kamu pilih tidak mengandung gula dan karbohidrat tinggi, Pilihlah makanan ringan yang memiliki kandungan protein dan serat tinggi.

Keripik dan kue tentunya bukan kombinasi yang baik ketika kamu membutuhkan energi yang dapat bertahan lama.

Jika belum sempat membeli camilan sehat di supermarket atau resto camilan khusus, kamu dapat membuat camilan sehat sendiri di rumah lho.

Selain lebih praktis, kamu juga dapat mengatur komposisi perpaduan menu-menunya. Kamu bisa beli semua bahan secara online guna meminimalisir berkontak dengan orang lain di luar rumah, Sahabat Dream.

Berikut ada beberapa ide camilan nikmat yang sehat dan berenergi untuk menemanimu selama #dirumahaja.

Yuk bikin!

5 Ide Camilan Sehat Agar Tetap Berenergi Jalani PPKM
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Buah dan kacang kering

 Ilustrasi© shutterstock

Cukup kombinasikan kacang panggang dengan buah kering untuk camilan yang mengenyangkan dengan protein, serat, dan lemak sehat.

Misalnya mangga kering dan kacang macadamia, ceri kering dan almond asin, kismis dan kenari, aprikot kering serta pecan. Pastikan kamu memilih buah kering tanpa pemanis buatan maupun pemanis alami dengan jus apel.

Kamu juga perlu memastikan untuk membeli produk yang tidak mengandung sulfur seperti pengawet sulfur dioksida, ya, Sahabat Dream.

3 dari 6 halaman

Kacang almond berlapis cokelat murni

 Ilustrasi© shutterstock

Cokelat murni atau dark chocolate sangat cocok untuk kamu yang mendambakan camilan manis penambah semangat.

Mengambil permen manis untuk memuaskan keinginan bukanlah pilihan terbaik untuk kesehatan, kamu dapat memilih cokelat yang lebih bergizi bagi tubuh.

Misalnya menggabungkan dark chocolate dengan almond adalah pilihan yang cerdas, karena menyediakan protein bersama dengan serat dan lemak sehat cukup untuk membuat kamu merasa kenyang.

4 dari 6 halaman

Salmon kaleng, alpukat, dan crackers

 Ilustrasi© shutterstock

Menggabungkan salmon dengan alpukat dan crackers menciptakan kombinasi seimbang yang pasti akan memuaskan hasrat ngemil.

Salmon memiliki nutrisi, termasuk protein, lemak omega-3, selenium, dan vitamin B. Sementara alpukat dan crackers menyediakan sumber serat yang sangat baik ditambah nutrisi penting lainnya.

Terlebih, bahan untuk camilan ini bersifat mudah dibawa kemana saja. Cukup bungkus sekaleng salmon, alpukat utuh, dan sekotak crackers bergizi dan buat sandwich kecil saat lapar menyerang perutmu.

5 dari 6 halaman

Muffin telur dan ubi jalar

 Ilustrasi© shutterstock

Telur merupakan salah satu makanan padat nutrisi yang dapat dimakan, telur juga menjadi pilihan yang tepat untuk camilan yang nikmat dan sehat.

Untuk membuat camilan yang lebih lengkap, kamu dapat memasangkan telur dengan sumber karbohidrat kompleks yaitu ubi jalar.

Muffin telur dan ubi jalar merupakan keseimbangan sempurna antara protein, karbohidrat, dan lemak yang dapat kamu nikmati sepanjang hari.

6 dari 6 halaman

Parfait berry dan yogurt

 Ilustrasi© shutterstock

Buah beri dikemas dengan nutrisi, termasuk serat, vitamin C, dan senyawa anti inflamasi yang membantu menjaga tubuh agar tetap sehat.

Kamu dapat mencoba resep melapisi yogurt dengan buah beri segar dan biji chia. Taburi dengan topping seperti kacang, biji kakao, dan granola.

Jadi, camilan sehat mana yang akan kamu coba?

(Laporan: Angela Irena Mihardja)

Join Dream.co.id