Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Hidangan yang Dulu Murah, Kini Disajikan di Resto Mewah

5 Hidangan yang Dulu Murah, Kini Disajikan di Resto Mewah Tiramisu/ Foto: Shutterstock

Dream – Restoran mewah menjadi tempat makan kalangan kelas atas karena memiliki hidangan yang lezat dengan penyajian yang istimewa. Tak heran jika harga hidangan yang ditawarkan cenderung mahal.

Beberapa makanan seperti Salmon merupakan menu mewah yang cukup populer untuk kalangan atas. Tahukah Sahabat Dream bahwa dulunya salmon pernah menjadi makanan rakyat kalangan kelas bawah atau miskin. Tak hanya itu terdapat beberapa makanan resto mewah lainnya yang dulunya pernah jadi hidangan murah. Apa saja?

Pizza
Pizza tradisional Italia terdiri dari bahan-bahan sederhana, seperti minyak zaitun, tomat, rempah-rempah dan lainnya. Bagi orang yang tidak begitu kaya di Italia, pizza bahkan telah menjadi salah satu hidangan utama.

Pizza brokoli

Status pizza tersebut berubah berkat Ratu Italia kedua yaitu Queen Margherita. Suatu ketika, dia ingin mencoba hidangan sederhana, lalu juru masaknya pun akhirnya membuat pizza. Sang Ratu ternyata terkesan dengan hidangan itu, dan pizza yang diracik khusus untuknya pun dinamai seperti namanya yaitu pizza Margherita dan telah menjadi hidangan khas Italia. Kini pizza menjadi makanan restoran mewah karena menggunakan topping mahal seperti jamur black truffle dan lainnya.

 

Sushi

Dulunya sushi merupakan makanan cepat saji yang dijual di pinggir jalan dengan harga murah dan menjadi makanan sehari-hari nelayan miskin. Akhirnya harga sushi meningkat drastis pada pertengahan abad ke-20.

Ilustrasi sushi

Ada pendapat bahwa hal ini terjadi semenjak Jepang mulai dikenal negara lain dan mulai menarik lebih banyak wisatawan. Saat ini sushi menjadi hidangan mahal yang biasanya hanya dijual di restoran Jepang, serta kini banyak jenis dan toppingnya seperti salmon dan daging wagyu.

 

Tiramisu

Perpaduan telur, keju mascarpone, Savoiardi dan bubuk kopi merupakan perpaduan yang mantap bagi pecinta tiramisu dari seluruh dunia. Pada 1970, campuran kocokan kuning telur dan gula ini disajikan sebagai minuman energi untuk para pekerja biasa di kota Treviso di wilayah Veneto.

10 Minutes Tiramisu

Koki Italia mencoba berinovasi menggunakan keju mascarpone krim yang lembut, kue, dan bubuk kopi untuk membuat tiramisu. Meskipun resep aslinya tidak mengandung putih telur, beberapa koki menambahkan bahan-bahan tersebut dan lainnya untuk meningkatkan cita rasa. Sekarang akhirnya tiramisu menjadi salah satu hidangan penutup populer di restoran mewah.

 

Pasta

Selama periode Renaissance, pasta sayuran dengan keju dan bawang putih ini hanya disajikan untuk orang miskin di Italia yang terjangkau untuk mengatasi rasa lapar. Mereka bahkan memakan langsung dengan tangan, saat dulu belum ada alat makan.

Kunci Kenikmatan Rasa Menu Spaghetti

Baru pada abad ke-16, menu ini tak terpisahkan dari santapan khas orang Italia dan menjadi hidangan yang selalu ada tiap perjamuan. Hingga pada akhirnya sebuah pabrik pasta dibuat, bahkan menjadikan pasta bagian dari kekayaan nasional Italia.Sekarang pasta menjadi salah satu hidangan yang hampir selalu ada di setiap restoran mewah.

 

Salmon

Mungkin terdengar agak aneh jika kita mengatakan bahwa "Orang miskin Skotlandia hanya makan salmon" namun hal tersebut benar terjadi. Dulunya, salmon banyak tersedia di perairan Skotlandia dan menjadi makanan sehari-hari orang miskin di sana.

Resep Salmon Tumis Gurih untuk Penyandang Diabetes

Siapa sangka, saat ini jenis ikan ini dianggap sebagai makanan laut lezat yang juga memiliki harga jual tinggi karena mengandung banyak gizi yang baik serta pengolahannya yang terbilang cukup sulit dalam mempertahankan kesegaran dan kualitasnya.

Laporan Yuni Puspita/ Sumber: Brightside

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
BUNGKUS! Rekomendasi Sarapan

BUNGKUS! Rekomendasi Sarapan

Sahabat dream, buat kalian yang bosan sarapan dengan menu yang sama, mah kalian bisa banget ikuti rekomendasi Dream. Kalau kalian ada rekomendasi apa?

Baca Selengkapnya
Pilihan Makanan dan Minuman yang Direkomendasikan untuk Penderita Maag

Pilihan Makanan dan Minuman yang Direkomendasikan untuk Penderita Maag

Memilih asupan yang tepat sangat penting untuk mengurangi risiko serangan maag.

Baca Selengkapnya
Ada Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Jika Sendi Sering Bermasalah

Ada Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Jika Sendi Sering Bermasalah

Makanan dan minuman tertentu seperti makanan olahan atau minuman manis bisa meningkatkan dan memperburuk gejala.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Trik Pilih Makanan Sehat Saat Banyak Aktivitas di Luar, Biar Stamina On Terus

Trik Pilih Makanan Sehat Saat Banyak Aktivitas di Luar, Biar Stamina On Terus

Pilih makanan yang lebih sehat saat berada di luar ruangan agar berat badan tetap stabil. Cari tahu rekomendasi pilihan makanan yang lebih sehat menurut pakar.

Baca Selengkapnya
Bakwan Jagung Manado, Gorengan Manis Gurih untuk Buka Puasa

Bakwan Jagung Manado, Gorengan Manis Gurih untuk Buka Puasa

Bakwan jagung khas Manado yang bertekstur renyah bisa dibuat sendiri di rumah tanpa menggunakan banyak tepung, sehingga kandungan sayurnya lebih banyak.

Baca Selengkapnya
Bikin Mi dengan Racikan Berbeda, Manis Gurih dengan Campuran Tomat

Bikin Mi dengan Racikan Berbeda, Manis Gurih dengan Campuran Tomat

Kalau kita olah mie dengan bumbu-bumbu dapur yang lain, rasanya bakal jauh lebih top dan enak, loh. Salah satunya, nih, mie tomat, Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
Resep Es Campur Tanpa Buah, Minuman Segar yang Ekonomis dan Cocok untuk Ide Jualan

Resep Es Campur Tanpa Buah, Minuman Segar yang Ekonomis dan Cocok untuk Ide Jualan

Namun, tahukah Sahabat Dream bahwa ada juga resep es campur tanpa buah?

Baca Selengkapnya