4 Tips Mengolah Sayur dan Menjaga Kadar Nutrisinya Saat Ramadhan

Culinary | Kamis, 30 April 2020 19:43
4 Tips Mengolah Sayur dan Menjaga Kadar Nutrisinya Saat Ramadhan

Reporter : Arini Saadah

Cara memasak dan mengolah yang tidak tepat hanya akan membuat sayuran kehilangan vitamin dan nutrisi di dalamnya.

Dream – Di tengah situasi global yang sedang tida sehat ini, masyarakat disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan bergizi seimbang. Hal ini penting untuk menjaga daya tubuh selama puasa Ramadhan.

Kita dianjurkan mengonsumsi buah dan vitamin hingga suplemen. Bahkan sayuran pun juga jangan sampai lupa.

Sayuran yang kaya serat, vitamin dan mineral sangat baik untuk konsumsi selama ramdhan tahun ini.

Akan tetapi, kamu juga harus berhati-hati saat mengolah sayuran ya, Sahabat Dream. Cara memasak dan mengolah yang tidak tepat hanya akan membuat sayuran kehilangan vitamin dan nutrisi di dalamnya.

Masaklah sayuran dengan benar untuk menjaga nutrisinya dengan mengikuti tips mengolah sayur di bawah ini, dilansir dari Brilio.net. Berikut ulasannya:

2 dari 5 halaman

Mengukus Sayuran

Ilustrasi© healthyoptions.com.ph

Sumber: healthyoptions.com.ph

Tips mengolah sayur selama Ramadhan yang pertama adalah dengan mengukus. Gunakan alat kukus yang memiliki tutup.

Letakkan sayuran di dalam alat kukus. Ingat, bukan direbus loh ya! Cara mengukus sayuran ini berfungsi untuk menjaga kadar nutrisi dan vitamin di dalam sayuran.

Mengukus bermanfaat untuk mempertahankan kadar vitamin yang bisa larut di dalam air. Jadi jika direbus kadar vitaminnya bisa hilang.

Jangan terlalu lama mengukus. Pastikan tekstur sayuran tidak terlalu matang ya Sahabat Dream.  

3 dari 5 halaman

Mengoseng Sayuran

Ilustrasi© staysnatched.com

Sumber: staysnatched.com

Tips mengolah sayur yang lainnya adalah dengan cara membuat osengan. Karena dengan mengoseng sayuran kamu hanya menggunakan minyak yang sangat sedikit. Tetapi juga jangan terlalu lama mengoseng sayuran.

Namun tidak semua sayuran cocok untuk dibuat osengan, terutama sayuran yang memiliki tekstur lunak seperti bayam. Jadi pandai-pandailah memilih sayuran untuk kamu buat osengan.

4 dari 5 halaman

Gunakan Microwave untuk Mengolah Sayuran

Ilustrasi© eatthis.com

Sumber: eatthis.com

Tips mengolah sayuran yang cukup praktis adalah dengan menggunakan microwave. Saat memasak, gelombang microwave bisa memanaskan molekul air di dalam sayuran sehingga kamu tak perlu menambahkan air.

Jika kamu menginginkan hasil maksimal tanpa menghilangkan kadar vitamin, kamu perlu memotong sayuran dengan ukuran yang sama.

Tutup microwave selama 2 hingga 4 menit saja, atau sampai menurutmu sudah matang. Lalu angkat dan hidangkan.

5 dari 5 halaman

Merebus Sayuran

Ilustrasi© eatingwell.com

Sumber: eatingwell.com

Cara yang paling sering digunakan untuk mengolah sayuran adalah dengan merebus. Tapi kamu perlu hati-hati, jangan sampai merebus sayuran terlalu lama karena bisa menghilangkan nutrisi di dalam sayuran.

Tipsnya, rebus terlebih dahulu sayuran yang bertekstur keras seperti, wortel, buncis, kentang, dan lainnya. Masukkan rempah-rempah sesuai selera untuk menambah cita rasa sayuran.

Sekira hampir matang, masukkan sayuran bertekstur lunak supaya nutrisinya tidak hancur. Rebus sebentar saja lalu matikan api dan hidangkan.

Sebenarnya, tips mengolah sayur dengan cara merebus ini bisa meningkatkan kadar bio-karoten yang ditemukan dalam sayuran tertentu, seperti brokoli, tomat, paprika merah, dan kentang manis. Gampang sekali kan mengolah sayur dengan tetap menjaga kadar nutrisinya.

Perhatikan tips ini, supaya sayur yang kamu konsumsi benar-benar tetap memiliki kandungan vitamin dan nutrisi.

 

Join Dream.co.id