3 Menu Khas Pemalang yang Sangat Menggoda

Culinary | Minggu, 10 Februari 2019 07:02
3 Menu Khas Pemalang yang Sangat Menggoda

Reporter :

Pastinya akan sangat memanjakan lidah dan mengenyangkan perut.

Dream - Bagi Sahabat Dream yang berencana jalan-jalan ke wilayah Jawa Tengah, tak ada salahnya untuk mengagendakan wisata kuliner ke wilayah Pemalang.

Daerah ini rupanya memiliki makanan khas yang sangat terkenal kenikmatannya. Pastinya akan sangat memanjakan lidah dan mengenyangkan perut.

Penasaran menu khas Pemalang yang nikmat? Berikut daftarnya seperti dikutip dari Peta Kuliner Trans Jawa yang dkeluarkan Kementerian Pekerjaan Umum.

Nasi Grombyang

 Nasi Grombyang

(Foto: Seputar Pemalang)

Nasi grombyang adalah sejenis nasi campur yang merupakan makanan khas dari masyarakat Pemalang, Jawa Tengah.

Nama makanan ini berasal dari bentuk penyajiannya, yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang. Salah satu yang sangat terkenal adalah nasi grombyang Pak Waridin Sirandu di Jl Gatot Subroto, N0: 31, Kebondalem, Bojongbata, Pemalang.

 

2 dari 3 halaman

Sate Loso

 

 Sate


Jika sate biasanya memanfaatkan daging sapi, kambing ataupun juga ayam, kuliner dari Pemalang ini menggunakan daging kerbau.

Tapi dalam perkembangannya, sekarang juga sudah banyak sate loso yang memanfaatkan daging sapi. Daging ini dibacem terlebih dahulu sebelum dibakar.

Bumbunya ada dua macam, bumbu kacang dan juga bumbu sate. Untuk nama dari sate loso ini sendiri lantaran pembuatnya adalah Mbah Loso. Uniknya, sate ini biasanya disajikan bersama dengan sup yang berisi tulang muda, urat dan juga taoge.

Sate loso yang cukup terkenal di Pemalang yaitu Sate Loso yang berlokasi di Jl. Urip Sumoharjo N0.327, Pelutan, Pemalang. P

Lontong Dekem
Ini merupakan lontong yang dipadukan dengan sate khas dekem. Untuk sate pelengkapnya ada dua varian yang bisa dipilih. Pertama, sate dengan potongan yang dipipihkan sebelumnya lalu ditusuk dengan menggunakan lidi lalu disiram dengan kuah.

Kedua, yakni ada sate goreng yang memiliki isi jeroan ayam ataupun kulit yang dibumbui dengan serundeng kelapa. Coba lontong dekem di kedai Lontong Dekem Pak Dradjat yang lokasinya ada di Jl. Mochtar, Kebondalem, Pemalang.

3 dari 3 halaman

Lontong Dekem

Ini merupakan lontong yang dipadukan dengan sate khas dekem. Untuk sate pelengkapnya ada dua varian yang bisa dipilih.

Pertama, sate dengan potongan yang dipipihkan sebelumnya lalu ditusuk dengan menggunakan lidi lalu disiram dengan kuah.

 Lontong Dekem

(Foto KSM Tour)

Kedua, yakni ada sate goreng yang memiliki isi jeroan ayam ataupun kulit yang dibumbui dengan serundeng kelapa. Coba lontong dekem di kedai Lontong Dekem Pak Dradjat yang lokasinya ada di Jl. Mochtar, Kebondalem, Pemalang. (ism)

Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting
Join Dream.co.id